Pendampingan Desain Logo Produk UMKM dengan Canva untuk Meningkatkan Keterampilan Membranding Digital
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.465Keywords:
desain logo, pelatihan, umkmAbstract
UMKM memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat serta ketahanan di tengah krisis, namun transformasi digital di era Industri 4.0 menuntut peningkatan kapasitas digital bagi pelaku UMKM, termasuk generasi muda. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan desain grafis dan pemasaran digital calon pelaku UMKM pemula dari kalangan siswa SMA melalui pelatihan desain logo menggunakan aplikasi Canva. Metode pelaksanaan terdiri dari observasi awal, ceramah, serta praktik langsung. Materi pelatihan meliputi pengenalan logo, penggunaan Canva, serta strategi branding. Peserta diajak langsung merancang logo sebagai representasi usaha mereka, dilanjutkan dengan evaluasi hasil karya dan survei kepuasan. Hasil menunjukkan partisipasi aktif siswa mencapai 90%, dengan tingkat kreativitas tinggi dalam pembuatan logo serta pemahaman yang baik terhadap konsep branding digital. Peserta menyampaikan kepuasan dan menyarankan perluasan materi untuk pengembangan pelatihan selanjutnya. Kesimpulannya, kegiatan ini terbukti efektif dalam membekali siswa dengan keterampilan desain yang aplikatif dan relevan dengan dunia wirausaha digital masa kini, serta membuka peluang integrasi program serupa ke dalam kurikulum kewirausahaan sekolah. Temuan ini memperkuat pentingnya pendekatan edukatif berbasis praktik untuk menumbuhkan semangat wirausaha sejak dini. Kegiatan ini menegaskan adanya dampak keberlanjutan kegiatan atau kontribusi sosialnya dalam branding produk berbasis digital, sehingga citra merek tidak hanya berorientasi pada keuntungan ekonomi, tetapi juga mencerminkan tanggung jawab sosial dan lingkungan secara berkelanjutan.
Downloads
References
Agustin, A., Evangeulista, G., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi UMKM dalam Menghadapi Digitalisasi. Oikos-Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 33-42. https://doi.org/10.37479/jkeb.v16i1.20799
Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Branding pada Umkm. Jesya, 6(1), 674-681. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967
Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup dan Logo sebagai Branding Produk untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2640-2651.
Arisetyawan, K., Rachmawati, L., Nur’aini, S., Nur Adha, A. A., Firmansyah, A. H., Ardini, C. A., & Ariyadi, A. A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 239-247. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56878
Ariyani, N., Septiani, M., & Prasetyo, T. (2024). Pelatihan Pembuatan Desain Logo/ Merek/ Template Design Promosi dengan Aplikasi Canva di Kelurahan Kebayoran Lama Jakarta Selatan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2922-2929.
Baltasar, S., Gumilar, D., Rasyid, R., & Perdiansyah, A. D. (2023). Pemberdayaan UMKM melalui Pelatihan Digital Marketinguntuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Idea Abdimas Jurnal, 2(1), 25-41.
Destrina, A. A., Lukyanto, G. C., Dewanti, M. C., & Aminah, S. (2022). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Branding pada UMKM Rajutan BKL Bismo. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 1473-1478.
Dewi, N. K. T., Mandira, I. M. C., Kusuma, P. S. A. J., & Wijaya, G. C. (2023). Pembuatan Design Logo dalam Penunjangan UMKM “Entil” Makanan Khas Desa Penatahan. Abdimas Galuh, 5(1), 617-624. https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.9973
Effendi, N. I. (2021). Model Peningkatan Kinerja Wirausaha UMKM Etnis Non-Melayu melalui Modal Sosial di Kabupaten Bungo (a Preliminary Research). Jurnal Manajemen Sains, 1(2), 166-177. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36355/jms.v1i2.558
Farisi, S. A., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73-84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9ino.1.307
Hirzan, A. M., Daru, A. F., & Hartanto, A. (2025). Peningkatan Kemampuan Pemanfaatan Canva untuk Kreasi Digital di SMK Walisongo Semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 629-634. https://doi.org/10.62411/ja.v8i2.2904
Irsan, I., G, A. L. N., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412-1417. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498
Iskandar, J., Sari, Y. K., & Fathurrohim, A. (2023). Pelatihan Desain Mockup dan Logo sebagai Branding Produk untuk Meningkatkan Nilai Jual bagi UMKM di Desa Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(8), 1417-1424. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i8.373
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291–295.
Javaria, K., Masood, O., & Garcia, F. (2020). Strategies to Manage the Risks Faced by Consumers in Developing E-Commerce. Insights into Regional Development, 2(4), 774-783. DOI:10.9770/IRD.2020.2.4(4)
Jonathan, A. C., & Valentina, A. (2023). Peran Desain Grafis pada Peningkatan Brand Awareness Konten Media Sosial Instagram Brand K. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(3), 108-116.
Juhariah, J., Triatmaja, N. A., Santi, D. M. T., Sari, N., Setianingsih, P. R., Warsiti., Umam, A. K., Toro, B., Ma’arif, R. F., Rahmad, D., Berllind, J. Y., & Nugroho, I. F. (2024). Pemberdayaan Perempuan untuk Meningkatkan UMKM melalui Pemasaran dan Sertifikasi Halal di Desa Jombong. Krida Cendekia, 2(3), 1-7.
Kusumastuti, A. D., Navita, D. A., Setiawati, C. E., Ardiansyah, F., & Putri, A. J. A.(2025). Melatih Warga dalam Membuat Logo, Kemasan Produk yang Menarik, serta Strategi Pemasaran Digital melalui Media Sosial dan E-Commerce. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4), 1722-1726.
Maulana, A. R., & Kuswandi, A. (2024). Pelatihan Desain Logo dan Kemasan UMKM Keripik Pisang Desa Trunamanggala melalui Penjualan Digital Marketing. An-Nizam, 3(2), 269-279. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v3i2.9747
Mutiarachim, A., & Tyoso, J. S. P. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Promosi Mudah dan Menarik dengan Aplikasi Canva untuk UMKM di Desa Blerong Kabupaten Demak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN), 4(1), 1-9. https://doi.org/10.35870/jpmn.v4i1.2654
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343.
Rohmiasih, C., Rohmiati, C., & Sartika, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Canva sebagai Upaya Mewujudkan Transformasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 69-73.
Saputri, D., Mulyatini, N., & Basari, A. (2020). Pengaruh Tagline dan Brand Ambassador terhadap Brand Awareness (Studi pada Produk Motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(4), 80-92.
Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi melalui Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159-166. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381
Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209-213. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.952
Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476-480. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417
Ulfa, M., Mentia, D. P., Nadila, P., Jariah, A., & Khairunnisa, K. (2024). Peningkatan Keterampilan Presentasi Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan Canva Interaktif di SDN 53 O’I Fo’O. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 123-128. https://doi.org/10.59458/jwl.v4i2.90
Varnali, K. (2010). The Impact of the Internet on Marketing Strategy. International Journal of E-Business Research, 6(4), 38-51. https://doi.org/10.4018/jebr.2010100104
Wadud, A. M., & Fitriani, E. (2021). Pelatihan Desain Kemasan dalam Rangka Peningkatan Nilai Jual Produk UMKM di Kabupaten Kuningan. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 177-186. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i2.9249
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Maimon Sumo, Rohimatul Maisyaroh, Nur Aini, Varadila Avina Avnany, Novi Ramadhanti, Jamilatul Maghfirah, Rofika Oktafia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






