Inovasi Packaging dan Pemasaran Digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.205Keywords:
labeling, packaging , pemasaran digital, usaha mikro kecil dan menengahAbstract
Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Masyarakat ialah guna memberi wawasan kepada masyarakat dan utamanya kepada UMKM sebagai pelaku usaha dalam mengoptimalkan kemasan suatu produk agar mempunyai nilai yang lebih berkualitas dan menghasilkan harga jual yang tinggi dengan adanya ide baru tentang packaging dan labeling produk. Metode berbentuk pelatihan dan sosialisasi, dengan sejumlah metode pendekatan yang dipakai pada pelaksanaan program berikut mencakup: sosialisasi yang tujuannya guna mengoptimalkan pemahaman pelaku UMKM perihal Inovasi packaging dan pemasaran digital bagi UMKM dengan market place dan media sosial selain itu juga di lakukan pelatihan kepada UMKM dalam merancang pembuatan label/logo dan desain kemasan produk. Beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai berikut; Pertama, penjelasan tentang inovasi dalam kemasan produk yang menarik, penggunaan label pada produk, dan penggunaan media sosial dan market place sebagai alat promosi digital; Kedua, berbagi pengalaman dan diskusi; dan terakhir, praktik langsung membuat label, pembungkus produk, dan penggunaan market place dan cara pembuatan produk yang menarik bagi pembeli dengan menggunakan gambar yang disesuaikan dengan produk yang dijual, Hal ini ditunjukkan bahwa setiap peserta sangat tertarik untuk memakai pemasaran produk melalui media sosial secara konsisten.
Downloads
References
Arifudin, O., Juhadi, J., Tanjung, R., & Hendar, H. (2020). Pendampingan Peningkatan Inovasi Produk Makanan Khas Subang Jawa Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1094–1106.
Buchari, R. A., & Nurcahya, E. (2021). Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Digitalisasi Pada Era New Normal Di Kelurahan Kebon Baru Kota Cirebon. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 2(1), 56–60.
Cenadi, C. S. (2000). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Nirmana, 2(2).
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.
Fitriani, A. P., Pazeroma, A., & Rahayu, D. (2022). Strategi pemasaran dan literasi syariah dalam mendukung pemberdayaan umkm masyarakat. Amaluna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 102–114.
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai digital marketing umkm di kecamatan tembalang semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119–124.
Ilyas, R., & Hartono, R. (2023). Digitalisasi UMKM dan pertumbuhan ekonomi. Shiddiq Press.
Istiqomah, S., Fajaryanti, Y., & Dewi, A. S. (2020). Peningkatan kinerja bisnis melalui strategi pemasaran berbasis online pada UKM produk camilan tradisional. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 5–18.
Kadeni, N. S. (2020). Peran UMKM (usaha mikro kecil menengah) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 191–200.
Krisnawati, D. (2018). Peran perkembangan teknologi digital pada strategi pemasaran dan jalur distribusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 69–74.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.
Najib, M. F., Februadi, A., Djarnika, T., Rafdinal, W., Lasambouw, C. M., & Nuryati, N. (2022). Inovasi desain kemasan (packaging) sebagai faktor peningkatan daya saing produk umkm di Desa Ciwarua, Kabupaten Bandung Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 56–64.
Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127–136.
Nurseto, T. (2004). Strategi menumbuhkan wirausaha kecil menengah yang tangguh. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1).
Rahyu, Y., & Aziz, I. A. (2022). Pelatihan Inovasi Produk Kingkong (Keripik Daun Singkong) Sebagai Potensi Usaha Kreatif Bagi Masyarakat Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–7.
Sudarsono, S., Hamzah, A., & Warastuti, R. A. (2023). Penggunaan Bahasa Dan Istilah Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Minat Beli Online. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 10(1), 70–80.
Sufaidah, S., Aminah, N., Prasastii, M. A., & Oktavianti, D. (2022). Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 152–156.
Suraya, F., Maharani, D. G., Rachmawati, H., Putri, D. M. Y., & Sari, R. A. (2021). Peran Digital Marketing dan Packaging dalam Meningkatkan Produktifitas UMKM di Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Jurnal Puruhita, 3(2), 52–58.
Susetyarsi, T. (2012). Kemasan produk ditinjau dari bahan kemasan, bentuk kemasan dan pelabelan pada kemasan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk minuman mizone di kota semarang. Jurnal STIE Semarang, 4, 132997.
Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (umkm) di “mas pack” terminal kemasan Pontianak. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67–76.
Zen, Z. H., Satriardi, S., Dermawan, D., Anggraini, D. A., & Yul, F. A. (2017). Pelatihan desain kemasan produk UMKM di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 1(2), 12–15.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Hasti Suprihatin, Dini Ayu Pramitasari, Anisaul Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.