Pendampingan Guru-Guru SMP Dalam Melaksanakan Open Kelas Melalui Pendekatan Lesson study Di Sekolah

Authors

  • Awaludin Universitas Halu Oleo
  • La Misu Universitas Halu Oleo
  • Mohamad Salam Universitas Halu Oleo
  • La Ode Ahamd Jazuli Universitas Halu Oleo
  • Salim Universitas Halu Oleo
  • Hasnawati Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.34

Keywords:

guru smp, lesson study, open kelas, pendampingan

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah: memberi pengetahuan dan wawasan kepada guru SMP tentang lesson study beserta perangkat pembelajarannya, Guru SMP dapat melaksanakan opesn kelas menggunakan lesson study, dan Guru SMP dapat menemukan kendala pembelajaran serta cara mengatasinya melalau lesson study. Tempat pelaksanaan kegiatan ini adalah salah satu SMP di Kabupaten Konawe Selatan. Pelaksanaan kegiatan lesson study terdiri atas 3 tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Metode yang digunakan untuk mensosialisasikan program Lesson study di sekolah berupa metode ceramah, metode diskusi, wawancara, dan metode praktek lapangan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah umumnya (72.27%) guru-guru SMP sangat setuju bahwa sosialisasi Lesson study sangat penting diadakan, dan dapat memberikan dampak yang baik bagi pengembangan proses belajar mengajar di sekolah. Ada (81.82%) sangat setuju bahwa Lesson study bermanfaat bagi guru untuk membangun kolaboratif sesama guru bidang studi.

References

Direktorat Sumber Daya, (2022). Pedoman Program Kemitraan Dosen LPTK dengan Guru di Sekolah. Kemdikbudristek.

Henuk, Y. L. (2015). The Role Of Family Poultry Production Systems In Developing Countries. Kaen Kaset, 43(2), 249-253.

Hermawan, R. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Matematika Melalui Lesson Study (LS). Retrieved from https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/dokumen/lsjurnal.pdf

Idris, I. (2020). Kajian kebijakan peningkatan profesionalisme guru dan dosen di Indonesia. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 41-52.

Masi, L., & Misu, L. (2014). Pendampingan guru-guru SMP dan SMA dalam open kelas melalui Lesson study di SMPN 11 Kendari dan SMAN 7 Kendari. Laporan Pengabdian IPTEK-Dikti Jakarta.

Merdeka, M. B. K. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Mitasari, Z., & Prasetiyo, N. A. (2016). Penerapan metode diskusi-presentasi dipadu analisis kritis artikel melalui lesson study untuk meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan komunikasi. Jurnal Bioedukatika, 4(1), 11-14.

Nurmediani, A. (2022). Pengembangan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Lesson Studi di SMP Kabupaten Bandung. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 236-245).

Sairo, M. I. (2021). Pelaksanaan Lesson study Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 26-32.

Sonia, T. N. (2019). Menjadi Guru Abad 21: Jawaban Tantangan Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/38729/3/ATP%2023.pdf

Suana, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Model Lesson Study Berbasis Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 1(3), 61-71);

Subadi, T. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Lesson study. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Tedjawati, J. M. (2011). Peningkatan kompetensi guru melalui lesson study: kasus di Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(4), 480-489.

Wahyuningtyas, N., Ratnawati, N., & Adi, K. R. (2015). Membangun kolegialitas calon guru IPS melalui lesson study. Jurnal Sejarah dan Budaya, 9(2), 217-222.

Wulandari, B., Arifin, F., & Irmawati, D. (2015). Peningkatan kemampuan kerjasama dalam tim melalui pembelajaran berbasis lesson study. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 9-16.

Zahara, A., & Fithriana, A. (2018). Kerja Sama Indonesia dengan Amerika Serikat melalui USAID Prioritas dalam Sektor Pendidikan (Tahun 2012-2017). Balcony, 2(2), 183-193.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Awaludin, Misu, L. ., Salam, M. ., Jazuli, L. O. A., Salim, & Hasnawati. (2023). Pendampingan Guru-Guru SMP Dalam Melaksanakan Open Kelas Melalui Pendekatan Lesson study Di Sekolah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 245–252. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.34