Pengembangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Guru SD

Authors

  • Saleh Universitas Halu Oleo
  • Kadir Universitas Halu Oleo
  • Hasnawati Universitas Halu Oleo
  • Salim Universitas Halu Oleo
  • Asran Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Indrawati Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.236

Keywords:

hots, pembelajaran, pengembangan

Abstract

Pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) perlu dilakukan oleh guru-guru Sekolah Dasar dan diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas, sehingga peserta didik dapat terlatih dalam berpikir tingkat tinggi untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu agar: (1) guru Sekolah Dasar Negeri 25 dan 37 Kendari memiliki pengetahuan tentang pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas; dan (2) memiliki pengalaman tentang mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sehingga dapat menerapkannya saat pembelajaran di kelas. Metode kegiatan ini berupa pelatihan dan pendampingan kepada guru SD Negeri 25 dan 37 Kendari. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah dengan adanya pelatihan dan pengembangan profesional yang efektif untuk guru SD, maka dapat memperdalam pemahaman tentang HOTS dan meningkatkan keterampilan dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS. Selain itu, pengembangan dan penerapan model pembelajaran inovatif yang berorientasi pada HOTS akan membantu guru dalam merancang proses pembelajaran yang lebih mampu mentimulus keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M., Pratama, Y.A., Sopandi, W., & Rosidah, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa PGSD. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). 140-152. https://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2672

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

As’ari, A. R. Ali, M., Basri, H., Kurniati, D., & Maharani, S. (2019). Mengembangkan HOTS (High Order Thinking Skills) melalui Matematika. (Universitas Negeri Malang).

Badjeber, R. & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1).

Budiarta, Mailani, E., & Pendas, F. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102-111.

Cappa. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill) dalam Pembelajaran Tematik Melalui Bimbingan dan Latihan pada Kelompok Kerja Guru (KKG). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 319-328.

Handayani, H. R. & Muhammadi. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidkan Tambusai, 4(2), 1494–1499. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.615

Helpi, V. Y., Awang, I. S. & Subekti, M. R. (2022). Analisis Hasil Belajar Siswa Berorientasi HOTS pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(1), 79-86.

Jannah, F., Radiansyah, Sari, R., & Kurniawan, W. (2022). Pembelajaran HOTS Berbasis Pendekatan Lingkungan di Sekolah Dasar. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 189-197. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8533

Ndiung, S. & Jediut, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berorientasi Pada Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 94–111. https://doi:10.25273/pe.v10i1.6274

Puspitasari, R. P., Sutarno & Dasna, I. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(4), 503-511.

Resnick, L. B. (1987). Education and learning to think. Washington. D.C: National Academy Press.

Rindiana, T., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 89–100. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.186

Sadiman, A, S. (2009). Media Pendidikan. Jakarta Rajawali Pers.

Suparman, U. (2020). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik. Bandar Lampung: Pusaka Media.

Utaminingtyas, S. (2020). Implementasi Problem Solving Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 84-98. ISSN: 2354-9580

Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M. & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301-311.

Yuniharto, B. S. & Nisa, A. F. (2022). Implementasi Pembelajaran Berorientasi HOTS dan Kreativitas pada Muatan Pelajaran IPA Siswa SD Negeri Sariharjo. Jurnal Pendidikan Modern, 7(3), 115-122.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Saleh, Kadir, Hasnawati, Salim, Asran, & Indrawati, W. O. (2024). Pengembangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Guru SD. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 412–420. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.236

Issue

Section

Articles

Categories