Pelatihan Pembuatan Komik Pembelajaran dengan Aplikasi Berbasis Teknologi Canva Premium bagi Guru

Authors

  • Muhammad Saibani Wiyanto STKIP PGRI Jombang
  • Dion Fafa STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.93

Keywords:

canva premium, komik, Masyarakat, pelatihan, teknologi

Abstract

Pelatihan ini diselenggarakan untuk memberdayakan masyarakat dalam rangka peningkatan skill guru terhadap pemanfaatan teknologi dan peningkatan mutu pembelajaran bagi para guru di Yayasan Miftahul Ulum Balongsari, kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang. Dalam pelatihan ini para guru dibimbing untuk memanfaatkan aplikasi Canva Premium untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini meliputi pemberian materi, memberikan pendampingan dan melakukan praktek secara langsung. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 3 tahap dalam 3 hari pelaksanaan. Pada tahap pertama para peserta pelatihan diberikan materi dan dikenalkan terkait aplikasi Canva Premium serta pendampingan untuk mendaftarkan akun pada aplikasi tersebut. Pada tahap kedua para peserta pelatihan dibimbing untuk membuat draft dan membuat desain media belajar Komik. Pada tahap ketiga sekaligus tahap terakhir para peserta pelatihan dipandu untuk merealisasikan media komik pembelajaran di kelas dan mempublikasikannya. Hasil kegiatan pelatihan ini menunjukkan bahwa (1) para peserta pelatihan mampu mengaplikasikan aplikasi Canva Premium, (2) para peserta mampu menciptakan media belajar yang dinamai “Komik Pembelajaran Berbasis Teknologi” lewat bantuan aplikasi Canva Premium.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A., Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi digital-age literacy dalam pendidikan abad 21 di Indonesia. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 113-120.

Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27-40. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.62

Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 308-318.

Boholano, H. (2017). Smart social networking: 21st Century teaching and learning skills. Research in Pedagogy, 7(2), 21-29. https://doi.org/10.17810/2015.45

Diana, D., Prihastuty, R., Windiarti, R., Tasuah, N., & Wantoro, W. (2021). Pendampingan Penyusunan Individualized Educational Program (IEP) Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Guru TK. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 26. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i1.20040

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 175-281. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817

Nasrullah, M., Ilmawati, I., Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). Minat dan Motivasi Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Ad’ministrare, 5(1), 1-6.

Nasution, E. (2016). Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi, 8(1), 1-6.

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva For Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Pelangi, G., Syarif, U., & Jakarta, H. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96.

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Permanasari, L. (2012). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis web terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), 99-109.

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325-1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846

Rahmatullah, Inannah, & Nurdiana. (2019). Ethnopendagogi dalam Pembelajaran Ekonomi.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5-7.

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Smk Di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95-113. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79-85. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102-118.

Yulianti, Y., Thaief, I., & Rahmatullah, R. (2019). Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi. Pinisi Business Administration Review, 1(2), 117-124.

Yuliawati, S. (2012). Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya, 28-33.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Wiyanto , M. S. ., & Fafa , D. . (2023). Pelatihan Pembuatan Komik Pembelajaran dengan Aplikasi Berbasis Teknologi Canva Premium bagi Guru. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 214–228. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.93