Penguatan Guru TK dan SD Kelas Awal dalam Menghadapi Masa Transisi Dari TK Ke SD Yang Menyenangkan Bagi Anak
Keywords:
guru tk, masa transisi, sd kelas awalAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi guru TK dan SD Kelas Awal terkait dengan masa transisi anak dari TK ke SD sehingga pembelajaran di kelas Awal dapat menyenangkan bagi anak. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan pelaporan. Kegiatan ini diharapkan menjadi kontribusi nyata dalam mendukung kebijakan transisi PAUD ke SD serta meningkatkan kualitas pembelajaran di masa transisi. Hasil yang didapatkan dalam kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman mengenai masa transisi, penguasaan dan kemampuan merancang program transisi. Hal ini ditunjukkan dengan pemahaman guru terhadap masa transisi meningkat secara signifikan. Sebanyak 85% guru menunjukkan pemahaman yang baik terkait masa transisi anak, dan 87% mampu menguasai materi mengenai pemberian program transisi. Bahkan, 88% guru menunjukkan kemampuan dalam merancang program yang sesuai dengan kebutuhan anak di masa transisi. Dari pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan berbasis partisipatif mampu mendorong transformasi praktik pembelajaran pada guru TK dan SD kelas awal dalam mendukung masa transisi PAUD-SD.
Downloads
References
Andini, M., Ramdhani, S., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Peran Guru dalam Menciptakan Proses Belajar yang Menyenangkan. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2298-2305. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.637
Astuti, R. W., Rahmadani, N. D., & Lestari, S. R. (2024). Analisis Permainan Edukatif dalam Mendukung Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Mentari, 4(2), 78–86. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari
Bachnas, M. A. (2020). Neuroproteksi Otak Janin pada Persalinan Preterm dan Pertumbuhan Janin Terhambat. Medicinus, 33(2), 12-19. https://doi.org/https://doi.org/10.56951/medicinus.v33i2.45
Bloom, B. S. (1966). Stability and Change in Human Characteristics: Implications for School Reorganization. Educational Administration Quarterly, 2(1), 35-49. https://doi.org/10.1177/0013161X6600200103
Elan, E., & Fathy, M. (2025). Intervensi Guru terhadap Kemandirian dalam Perspektif Psikopedagogis. aṣ-ṣibyān : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 153-168. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/assibyan/article/view/11548/5214
Haslip, M. J., & Gullo, D. F. (2017). The Changing Landscape of Early Childhood Education: Implications for Policy and Practice. Early Childhood Education Journal, 46(3), 249-264.
Hardianti., & Kristiana, D. (2024). Penerapan Pembelajaran Practical Life dalam Menstimulasi Kemandirian Anak di Pocenter. Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2(1), 38-45.
Kemendikdasmen. (2024). Surat_Pemberitahuan. Retrieved from https://ditsd.kemendikdasmen.go.id/transisipaudsd/file/download/surat_pemberitahuan.pdf
Khalawati, F. N., & Hariyanti, D. P. D. (2023). Urgensi Persiapan Anak dalam Masa Transisi PAUD Ke SD. Prosiding Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini “Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan. Retrieved from https://conference2.upgris.ac.id/index.php/snpaud/article/view/24/18
Liando, S. R., Lumapow, H. R., & Rindengan, M. E. (2025). Implementasi Strategi Mengajar Kreatif oleh Guru Sekolah Dasar: Kajian Kualitatif. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 272-288. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6947
Mardiah, L. Y., Wulan, S., & Akbar, Z. (2024). Urgensi Peran Guru Sekolah Dasar Awal dalam Meningkatkan Kesiapan Sekolah Anak pada Transisi Ke Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur. Prosiding Seminar Keguruan dan Pendidikan (SNKP) 2024, 2. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2137
Mardiani, D. P., Fitria, V., & Yulianingsih, W. (2024). Program Transisi PAUD ke SD dalam Perspektif Orang Tua dan Guru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 99-108. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.4939
Pebriani, I., & Handayani, K. (2024). Mewujudkan Transisi yang Lancar: Strategi Menarik dalam Mendukung Anak Menuju SD dari PAUD. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 94-98. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.946
Priyanti, N., Murni, I. W., Amelyani, A., Fatimah, F., Thahirah, K. A., Nurita, N., & Sujoni, O. K. I. (2025). Implementasi Workshop dalam Penguatan Peran Guru TK sebagai Agen Perubahan untuk Transisi Paud-SD Menyenangkan di Kecamatan Kalideres. RENATA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 3(1), 63-68. https://doi.org/10.61124/1.renata.125
Rosyadi, R. (2024). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. An Najah (Jurnal Pendidikann Islam dan Sosial Keagamaan), 3(5), 377-386. https://journal.nabest.id/index.php/annajah/article/view/396
Setyawati, I., Supinganto, A., & Utami, K. (2020). Pembinaan Ibu tentang Stimulasi Perkembangan Balita Islami di Lingkungan Dasan Kolo Kota Mataram. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 129-135. https://doi.org/10.30994/jceh.v3i2.50
Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks: Jakarta.
Uce, L. (2017). The Golden Age : Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77-93. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1322
Yuliantina, I. (2024). Implementasi Kurikulum PAUD dalam Mendukung Transisi PAUD-SD. Efektor, 11(2), 135-143. https://doi.org/10.29407/e.v11i2.23919
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Salwiah, Sofia Hartati, Sitti Rahmaniar Abubakar, Muh. Safiuddin Saranani, Nurjannah, Ahid Hidayat, Muamal Gadafi, Sri Yuliani M, Afifah Nur Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






