Pengenalan Drone dan Interpretasi Foto Udara untuk Meningkatkan Literasi Teknologi Geospasial bagi Siswa Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.685Keywords:
drone, foto udara, sekolah menengah atas, teknologi geospasialAbstract
Perkembangan teknologi geospasial khususnya drone, memberikan peluang besar dalam pendidikan, termasuk pemetaan dan analisis lingkungan. Akan tetapi, kenyataannya di lapangan menunjukkan literasi teknologi geospasial di kalangan siswa SMA masih rendah. Kegiatan PKM ini dirancang untuk meningkatkan literasi teknologi geospasial siswa melalui penguatan pemahaman konseptual tentang prinsip-prinsip dasar penggunaan drone, serta praktik pengambilan foto udara di lingkungan sekolah. Kegiatan ini melibatkan 25 orang siswa SMA Negeri 7 Takalar dan dilaksanakan secara partisipatif melalui tahapan sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, dan evaluasi menggunakan pre-test, post-test, serta keberlanjutan program. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan kompetensi siswa, terbukti dari rata-rata nilai pre-test sebesar 49,2 yang meningkat menjadi 80,0 pada post-test, dengan rata-rata peningkatan sebesar 30,8 poin. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme tinggi dalam praktik operasional drone. Guru juga memperoleh manfaat dalam integrasi drone sebagai media pembelajaran inovatif, sementara sekolah berpeluang memprakarsai klub drone, memperkuat kolaborasi antara sekolah dan perguruan tinggi, serta menciptakan ekosistem pembelajaran berbasis teknologi yang berkelanjutan. Dengan demikian, melalui pendekatan inovatif dan aplikatif, PKM ini diharapkan dapat menumbuhkan generasi muda yang melek teknologi, berwawasan lingkungan, serta mampu berpikir spasial dan kritis terhadap dinamika ruang sekitarnya.
Downloads
References
Carrascosa, F. J. M., Porras, F. P., Tarradas, P. T., Meroño J. E., & Ferrer, A. G. (2019). Project-Based Learning Applied to Unmanned Aerial Systems and Remote Sensing. Remote Sensing, 11(20), 2413-2428. https://doi.org/10.3390/rs11202413
ESRI. (2023). Imagery and Remote Sensing in Higher Education. Environmental Systems Research Institute. Retrieved from https://www.esri.com/en-us/industries/higher-education/imagery-remote-sensing-education?utm_source=chatgpt.com
Guebsi, R., Mami, S., & Chokmani, K. (2024). Drones in Precision Agriculture: A Comprehensive Review of Applications, Technologies, and Challenges. Drones, 8(11), 686-716. https://doi.org/10.3390/drones8110686
Harudu, L., Amaluddin, L. A., Irsan, L. O. M., Hasanah, M., & Musyawarah, R. (2024). Pelatihan Sistem Informasi Geografi untuk Meningkatkan Kualifikasi Guru Geografi di SMA/MA Sekota Kendari. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(3), 2952-2960. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i3.3241
Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content (TPACK)?. Journal of Education, 193(3), 13-19.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall: AS.
Langrafe, T. D. F., Barakat, S. R., Stocker, F., & Boaventura, J. M. G. (2020). A Stakeholder Theory Approach to Creating Value in Higher Education Institutions. The Bottom Line, 33(4), 297-313. https://doi.org/10.1108/BL-03-2020-0021
Malik, A., Nasiah., Ivanni, I., Nurhamdi., Nurdin., & Diponegoro, L. M. (2021). Pelatihan Pengenalan Drone dan Interpretasi Citra Foto Udara bagi Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar. INOVASI : Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6-9. DOI:10.35580/inovasi.v1i1.19578
Mones, A. Y., Aristiawan., Muhtar., & Irawati, D. (2023). Project Based Learning (PJBL) Perspektif Progresivisme dan KonstruktivismE. Prosiding Seminar Nasional Surabaya, 1-11
Musonda, I., Zulu, S. L., Zulu, E., & Kavishe, N. (2025). Understanding Clients’ Role in Community Stakeholder Participation and Influence on Infrastructure Sustainability-A Stakeholder Theory Lens. International Journal of Construction Management, 25(4), 419-427. https://doi.org/10.1080/15623599.2024.2331862
NEA. (2012). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Giude to the “Four Cs”. National Education Association. Retrieved from https://dl.icdst.org/pdfs/files3/0d3e72e9b873e0ef2ed780bf53a347b4.pdf
Ng, W. S., & Cheng, G. (2019). Integrating Drone Technology in STEM Education: A Case Study to Assess Teachers’ Readiness and Training Needs. Issues in Informing Science and Information Technology, 16, 61-70. https://doi.org/10.28945/4288
Pattiasina, T. F. (2020). A Review of The Concept and Application of Geospatial Technology in Mapping and Modeling the Migration of Whale Shark (Rinchodon Typus). Musamus Fisheries and Marine Journal, 2(2), 77-101. https://doi.org/10.35724/mfmj.v2i2.2466
Pergantis, P., & Drigas, A. (2024). The Effect of Drones in the Educational Process: A Systematic Review. Education Sciences, 14(6), 665-682. https://doi.org/10.3390/educsci14060665
Ravichandran, R. (2025). Evaluating the Impact of Drone Technology Bootcamps on Student Skill Development and Performance. Journal of Vocational Education Studies (JOVES), 8(2). https://doi.org/10.12928/joves.v8i2.12668
Rahman, S. A., & Ramli, M. (2024). Model Pembelajaran: Problem Based Learning & Project Based Learning. NFINITUM: Journal of Education and Social Humaniora, 1(1), 62-81.
Redhana, I. W. (2024). Literasi Digital: Pedoman Menghadapi Society 5.0. Samudra Biru: Yogyakarta.
Saputro, D. A., Pritasari, A. C., & Madura, U. T. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka. JPUS (Jurnal Pendidikan Untuk Semua), 9(2), 52-59. https://doi.org/10.26740/jpus.v9n2.p52-59
Sari, M. (2024). Integrasi Model Project Based Learning dan Profil Pelajar Pancasila dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Dimensi, 13(2), 537-543. https://doi.org/10.33373/dms.v13i2.6687
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. UNESCO. Retrieved from https://doi.org/10.54675/CGBA9153
Yeung, R. C. Y., Sun, D., & Yeung, C. H. (2025). Integrating Drone Technology in STEM Education: Curriculum, Pedagogy and Learning Outcomes. Education and Information Technologies, 30(10), 14237-14272. https://doi.org/10.1007/s10639-025-13368-0
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Abdul Malik, Rahma Musyawarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






