Peningkatan Keterampilan Dalam Mengembangkan Varian Produk Kebaya Berbasis Rental Busana
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.681Keywords:
kebaya, keterampilan menjahit, pelatihan, rental busana, varian produkAbstract
Kebaya merupakan busana nasional wanita Indonesia yang mencerminkan keanggunan, keindahan, dan identitas budaya bangsa yang memiliki nilai estetika tinggi. Seiring meningkatnya permintaan kebaya dengan desain modern, kreatif, dan inovatif, peluang usaha penyewaan busana menjadi semakin menjanjikan di tengah pesatnya perkembangan industri mode dan ekonomi kreatif. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas, produktivitas, dan daya saing mitra NF Gallery dalam mengembangkan berbagai varian produk kebaya berbasis rental busana yang memiliki nilai jual tinggi. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi penyuluhan, pelatihan teknis, pendampingan intensif, serta evaluasi hasil kegiatan secara sistematis dan terukur. Materi pelatihan mencakup pengembangan desain kebaya, pembuatan pola, teknik pemotongan dan penjahitan, proses finishing, quality control, serta strategi pemasaran digital melalui platform media sosial. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan mitra dari 51,5% menjadi 82% setelah pelatihan. Program ini berhasil meningkatkan kapasitas teknis, kreativitas, profesionalisme, serta kemandirian mitra dalam mengembangkan usaha kebaya berbasis rental busana yang inovatif, adaptif, dan berkelanjutan.
Downloads
References
Agustina, V. Y., & Damayanti, A. (2023). Proses Pembuatan Simple Dress dengan Menggunakan Variasi Teknik Tucking. Garina 15(2), 146-162. https://doi.org/10.69697/garina.v15i2.41
Aisyiyah, W. M., Agustina, M. C., & Nursari, F. (2021). Tari Merak sebagai Inspirasi Penerapan Komposisi Embellishment dengan Teknik Beading dan Hand Embroidery. E-Proceeding of Art & Design, 8(6), 3819-3827.
Akbar, I. R., Hidayat, A., & Purwanti, P. (2022). Penyuluhan Kemampuan Berwirausaha dalam Meningkatkan Kualitas SDM Anggota Majelis Ta'lim An-Nisaa Kecamatan Kemang. Abdi Jurnal Publikasi, 1(1), 18-23.
Amin, E. D. R. (2023). Analisis Hasil Pembuatan Busana Pesta Wanita Dewasa di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Zere-Amin Jalan Kapodang I No. 343 Perumnas Mandala. Universitas Negeri Medan: Medan.
Astuti, E. W. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Siswa dalam Pembuatan Gaun Pesta Program Keahlian Tata Busana. Fashion and Fashion Education journal, 2(1), 42-47
Atsari, Z. S. A., Fitriani, L. K., & Djuniardi, D. (2025). Pengaruh Digital Marketing dan Kompetensi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Melalui Keunggulan Bersaing. Jurnal Digital Bisnis dan Ekonomi, 3(2), 45-57. https://doi.org/10.25134/digibe.v3i2.310
Azis, S., Ashari, A. F. A., Handayani, H. P., Dewi, G. S. K., Hermaliani, E. H., & Rahayu, S. (2021). Pengembangan Kewirausahaan Perancangan Busana Pengantin Berbasis Teknologi E-Commerce pada Lyniza Wedding. Jurnal Swabumi, 9(2), 144-154.
Deri, Y., Siregar, A., & Prasetyo, M. (2023). Peran Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi untuk Optimalisasi Strategi Pemasaran UMKM. Jenius: Jurnal Ilmiah Manajemen Sistem Informasi, 6(1), 22-34. https://doi.org/10.37373/jenius.v6i1.1371
Futrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(1), 89-102.
Gadi, A. C. Z. (2022). Penerapan Teknik Zero Waste Pattern dan Pola. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(3), 741-749.
Irawati, N., Safitri, L., & Hidayah, R. (2024). Optimalisasi Digital Marketing UMKM di Kelurahan Kebonsari Jember. Jurnal Abdimas Kebangsaan (JAK), 4(1), 66-74. https://doi.org/10.56013/jak.v4i1.2868
Irvan, M. (2011). Fase Pengembangan Konsep Produk dalam Kegiatan. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta, 4(3), 261-274. http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v4i3.55
Khaira, A. U. I., Widya, I., & Gavrila, Z. (2024). Analisis Kemampuan Membuat Pola Rok Pias 6 Siswa Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 2621-2630.
Kusnadi, R., & Alversia, M. (2023). Persepsi Konsumen terhadap Nilai dan Risiko dari Fashion Rental: Penerapan Circular Fashion di Indonesia. Costing: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(2), 223-235. https://doi.org/10.31539/costing.v7i2.8806
Larasati, R., & Hijrah Hati, S. (2023). Why Buy When You Can Rent: Analisis Continuance Intention Pengguna Luxury Fashion Rental di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 10(1), 15-27. https://doi.org/10.26905/jbm.v10i1.10712
Meishanti, O. P. Y. (2020). Analisis Keterlaksanaan Praktikum Biologi terhadap Hasil Belajar Psikomotor Peserta Didik Kelas XI IPA MA Al Ihsan Tembelang Jombang. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 6(1), 24-31. https://doi.org/10.32764/eduscope.v6i1.874
Mustika, I., Nugraha, A. P., Nabella, S. D., & Sarmini. (2023). Pembinaan Digital Marketing sebagai Media Strategi Peningkatan Pendapatan Keripik Singkong Mitra Baru Food Kota Batam. Jurnal Pengabdian Masyarakat I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 278-285. https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2242
Nagata, T., & Sunarya, Y. Y. (2023). Perkembangan Kebaya Kontemporer sebagai Transformasi. Jurnal Seni dan Reka Rancang Jurnal Ilmiah Magister Desain, 5(2), 239-254. DOI:10.25105/jsrr.v5i2.16502
Nanda, M. M., Ihwanuding, N., & Yunus, M. (2022). Tinjauan Akad Ijarah dalam Fiqih Muamalah terhadap Penyewaan Pakaian Kebaya. Bandung Conference Series Sharia Economic Law, 2(1), 184-188. https://doi.org/10.29313/bcssel.v2i1.335
Nugroho, A. W., & Muchran, M. (2024). Pelatihan Kompetensi Kewirausahaan dan Digital Marketing guna Mengoptimalkan Penjualan Produk UMKM di Desa Wisata Jipangan. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri (JPU), 4(3), 250-259. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i3.7990
Pangestu, A. D., Sunarya, E., & Mulia, F. (2021). Peran Quality Control terhadap Efektivitas Proses Produksi. Business Management and Entrepreneurship Journal, 3(4), 47-62.
Paramita, F. K., & Marniati. (2023). Teknik Menjahit Busana Pengantin Jombang Putri Arimbi Berkerudung (Busana Pengantin Jombang Muslim). Jurnal Penelitian Busana & Desain, 3(1), 51-62. https://doi.org/10.26740/jpbd.v3i1.34658
Rambe, R., Singkily, H. A., & Auliadi, R. (2024). Media Sosial sebagai Sarana Penunjang Pemasaran serta Promosi pada UMKM Toko Busana. As-Syirkah: Islamic Economics & Financial Journal, 3(2), 492-499. DOI:10.56672/ev08qw85
Russin, A. T., & F., Nursari, F. (2022). Penerapan Unsur Dekoratif Sisik Ikan Gurami pada Kain Tenun Lurik untuk Busana Kebaya. Corak, 10(2). 177-182. https://doi.org/10.24821/corak.v10i2.4231
Stephanie, T. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Kebaya. Jurnal Online Tata Busana, 10(1), 184-191. https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i01.38274
Tampai, Y. S., Sumarauw, J. S. B., & Pondaag, J. J. (2017). Implementation of Quality Control on Clean Water Production. Jurnal EMBA, 5(2), 1644-1652. https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16367
Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D. (2001). Product Design and Development (3rd ed.). McGraw-Hill: New York.
Wulandari, R. N. H., Puspitorini, A., Kusstianti, N., & (2022). Lutfiati, D. (2022). Analisis Strategi Promosi Jasa Make Up Pengantin di Paras Asri Wedding Organizer Melalui Media Sosial. Jurnal Tata Rias, 11(1), 49-57. https://doi.org/10.26740/jtr.v11n1.44407
Yulianti, L. E., & Marniati. (2021). Video Tutorial Berbasis Youtube sebagai Media Belajar Pembuatan Hiasan Busana. Jurnal Online Tata Busana, 10(3), 15-25. https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i3.42965
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Erni, Yudhistira Anggraini, Armaini Rambe, Nining Tristantie, Hilma Harmen, Muhibbuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






