Peningkatan Kompetensi Guru Lembaga Pelatihan Kerja Ex-trainee Berbasis Pendekatan Komunikatif
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.645Keywords:
ex-trainee, kompetensi pengajar, pembelajaran bahasa jepang, pendekatan komunikatifAbstract
Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) sekaligus Sending Organization (SO) Shiawase Lestari Indonesia di Semarang memiliki pengajar bahasa Jepang yang mayoritas merupakan alumni pemagang (ex-trainee) dari berbagai bidang di Jepang. Meskipun memiliki pengalaman kerja dan pemahaman budaya Jepang, sebagian besar belum memiliki dasar pedagogis yang memadai sehingga kualitas pembelajaran belum optimal. Keterbatasan tersebut berdampak pada kesulitan dalam menerapkan pendekatan komunikatif secara efektif, khususnya dalam menciptakan lingkungan belajar interaktif dan mendorong partisipasi siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan kompetensi guru ex-trainee melalui peningkatan pemahaman tentang pentingnya komunikasi aktif dalam pembelajaran, pelatihan metode pengajaran berbasis pendekatan komunikatif, serta pengembangan media pembelajaran yang relevan. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan dasar pendekatan komunikatif, workshop pengembangan media, dan pendampingan pembuatan materi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan aktivitas berbicara di kelas, kepercayaan diri siswa dalam berkomunikasi, serta kreativitas guru dalam mengeksplor kemampuan siswa. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jepang yang lebih interaktif, efektif, dan berpusat pada siswa.
Downloads
References
Asiah, A. (2015). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa di Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 21-35. https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/download/1319/913
Astami, T. S., Ningrum, R., & Budihardja, F. (2013). Efektivitas Pendekatan Komunikatif pada Mata Kuliah Menyimak dan Berbicara II. Lingua Cultura, 7(2), 102-107. https://doi.org/10.21512/lc.v7i2.428
Basturkmen, H. (2010). Developing Courses in English for Specific Purposes. Palgrave Macmillan: New York.
Canale, M., & Swain, M. (1980). Theoretical Bases of Communicative Approaches to Second Language Teaching and Testing. Applied Linguistics, 1(1), 1-47. https://doi.org/10.1093/applin/I.1.1
Dahidi, A. (2010). Metode dan Teknik Pengajaran Bahasa Jepang: Kajian terhadap Pengejawantahan Pendekatan Komunikatif dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jepang. Universitas Pendidikan Indonesia: Jawa Barat.
Ekowati, S. H. (2010). Interaksi Antarsiswa di Kelas Reception Écrite (Keterampilan Membaca Teks) pada Mahasiswa Semester 4 Jurusan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(1).
Hamidah, A., & Hoftman, R. O. (2020). Tingkat Kompetensi Komunikasi Bahasa Jepang (Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa Semester VII Bahasa Jepang STBA Jia Bekasi 2019/2020). Ennichi, 1(2) 1-10. Retrieved from https://ennichi.stba-jia.ac.id/ennichi/article/view/11
Hariyanto, B. (2019). Sistem Informasi Pemagangan ke Jepang Berbasis Web pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung. Universitas Teknokrat Indonesia: Lampung.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2016). Instructional Media and Technologies for Learning (10th Ed.). Pearson: AS.
Huda, S. (2021). Implementasi Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa Asing Berbasis Vokasi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 14(2), 123-135.
Hymes, D. (1972). On Communicative Competence in J. B. Pride & J. Holmes (Eds.), Sociolinguistics: Selected Readings. Penguin: London.
Institut Pendidikan Indonesia. (2022). Metode dan Sistem Pembelajaran Bahasa Jepang yang Mudah dan Menyenangkan. Retrieved from https://www.ipi.ac.id/metode-dan-sistem-pembelajaran-bahasa-jepang-yang-mudah-dan-menyenangkan
Iskandarwassid, & Sunendar. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Kasda, A., Murniati, N. A. N., & Wuryandini, E. (2024). Strategi Kepemimpinan Lembaga Pelatihan Kerja Hideo Gakkou Indonesia Kabupaten Batang. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 5(2), 860-867. https://ejournal.pgrikotasemarang.org/index.php/jips/article/view/286/235
Maufikhoh, P. E., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Arsyad, M. Z. T., & Amelia, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Bahasa Jepang dalam Membangun Fondasi Multibahasa di SD Hippindo Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(3), 1138-1143. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/1996
Nunan, D. (2015). Teaching English to Speakers of Other Languages: an Introduction.* Routledge: London.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPFE: Yogyakarta.
Rahmawati, S., & Kurniati, D. (2024). Penerapan Pendekatan Komunikatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter pada Siswa di SD Negeri 055983 Sei Mati Langkat. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 279-288.
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching (3rd Ed.). Cambridge University Press: Cambridge.
SMP Negeri 1 Kandeman. (2023). Metode Komunikatif untuk Pembelajaran Siswa Aktif. Retrieved from https://www.smpn1kandeman.sch.id/berita/detail/428698/metode-komunikatif-untuk-pembelajaran-siswa-aktif/
Sudipa, M. H. D., Wahyuni, N. L. P. R., & Meilantari, N. L. G. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Jepang dengan Pendekatan Komunikatif pada Peserta Latih LPK LPJ Bali. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar (SENADIBA) 2021, 230-237.
Sudrajat, J., Rakian, S., & Pandi, H. L. (2020). Application of the Word Square Learning Model in Japanese Vocabulary Learning for Yadika Langowan High School Students. Dinamika Pembelajaran, 2(3), 36-39.
Suharsimi, A., & Haryanto, D. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Pelatihan Berbasis Praktik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 28(1), 44-57. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.215-222.2019
Sukma, A., Yudanegara, A., Kaniawati, K., & Munawar, F. (2025). Inovasi Desain Kemasan Beras Organik sebagai Pendukung Pemasaran Produk Pertanian Unggulan. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 487-497. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.391
Wahyuni, Y. (2022). Kemampuan Berbicara (Speaking) Menjadi Faktor Utama Penguasaan Bahasa Inggris. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 150-156. https://amalilmiah.uho.ac.id/index.php/journal/article/download/27/29
Wahyuningsih, E. (2019). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 179-190. https://doi.org/10.30651/lf.v3i2.3102
Yuliana, F., Sari, R., & Pratama, H. (2022). Pelatihan CLT dalam Pembelajaran Bahasa Asing: Dampaknya terhadap Partisipasi Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 5(3), 201-210.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Dwi PuspitoSari, Rina Supriatnaningsih, Ai Sumirah Setiawati, Silvia Nurhayati, Rahayu Pristiwati, Rafika Bayu Kusumandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






