Peningkatan Perilaku Hidup Sehat Anak Melalui Edukasi Kesehatan di Sekolah Dasar

Authors

  • Ayudhia Rachmawati Universitas Mulawarman
  • Adella Nadhif Rosandini Universitas Mulawarman
  • Julia Putri Riagil Universitas Mulawarman
  • Shindy Puspita Universitas Mulawarman
  • Muhammad Choirul Muzaqi Universitas Mulawarman
  • Afifah Bidayah Universitas Mulawarman
  • Fahri Fauzi Universitas Mulawarman
  • Inayah Dwi Setia Yumanda Universitas Mulawarman
  • Irva Alrisyaduhita Pardilla Universitas Mulawarman
  • Misnawati Universitas Mulawarman
  • Rifki Nurhidayat Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.643

Keywords:

apoteker cilik, kesehatan gigi, pendidikan dasar

Abstract

Pendidikan kesehatan sejak dini menjadi salah satu langkah strategis dalam membentuk pola perilaku hidup bersih dan sehat sebagai investasi masa depan. Mitra kegiatan menghadapi permasalahan terkait dengan rendahnya pengetahuan dan kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia sekolah dasar. Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan serta membentuk kebiasaan hidup sehat sejak dini, khususnya dalam menjaga kebersihan gigi dan memahami penggunaan obat yang tepat. Program yang dijalankan terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu Apoteker Cilik (APOCIL) dan SIKAP CERIA (Sikat Gigi Setiap Hari untuk Cegah Karies Anak). Kegiatan dilakukan melalui pendekatan edukatif yang interaktif, seperti pemaparan materi, simulasi, dan praktik langsung yang melibatkan total 54 siswa dari SD MA’ARIF dan SD Negeri 005 Sepaku. Evaluasi dilakukan dengan metode pre-test dan post-test untuk mengukur perubahan pemahaman peserta. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan, yaitu sebesar 21% pada pemahaman mengenai profesi apoteker dan obat, serta 6,99% pada kebiasaan menyikat gigi yang baik dan benar. Selain peningkatan kognitif, kegiatan ini juga turut membentuk keterampilan komunikasi dan rasa percaya diri peserta. Adapun kedepannya pihak sekolah dan tenaga kesehatan setempat dapat melanjutkan kegiatan edukasi sejenis secara berkala melalui program UKS atau kemitraan dengan perguruan tinggi setempat, sehingga perilaku hidup bersih dan sehat dapat berlangsung secara konsisten dan berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, F. (2024). Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. EDUCAZIONE: Jurnal Multidisiplin, 1(1), 13-24. https://doi.org/doi.org/10.37985/educazione.v1i1.4

Aflizah, N., Firdaus, F., Hasri, S., & Sohiron, S. (2024). Reward sebagai Alat Motivasi dalam Konteks Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4300-4312.

Aji, L. J., Hendrawati, T., Febrianti, R., Wulandari, N. D., Gilaa, T., Abdullah, G., Rukmana, L., Rohman, T., Sahib, A., & Simai, R. (2024). Model-Model Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Penerbit Qriset Indonesia: Jawa Tengah.

Alamanda, C., Ansori, K., & Susanti, N. (2025). Peran Guru dalam Membentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Kelompok Bermain Sayang Ibu Kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi. JPIM: Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 2(1), 1872-1879.

Alisjahbana, Salsiah, A., & Murniningtyas, E. (2018). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia : Konsep, Target, dan Strategi Implementasi (2nd Ed.). Unpad Press: Bandung.

Anggraeni, R., Feisha, A. L., Muflihah, T., Muthmainnah, F., Arie, M., Syaifuddin, R., Sitti, W., Aulyah, N., Pratiwi, I. R., Sultan, S. H., Wahyu, A., & Rachmat, M. (2022). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Meningkatkan Pengetahuan Murid Sekolah Dasar. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 65-75.

Azmy, F., Sianipar, M., Sinambela, M. G., & Sinaga, R. (2024). Peran Pemuda sebagai Agen Transformasi Sosial dalam Pergerakan Nasional. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 17703-17708.

Basten, H. L. V., & Jannah, N. (2024). Penggunaan Model Active Learning dalam Meningkatkan Motivasi Siswa di Era Digital pada Pembelajaran Fiqih di Samakkee Islam Wittaya School Thailand. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 770-783. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.618

Fajariah, F., & Mirza, A. A. (2024). Optimalisasi Proses Pembelajaran melalui Penerapan Metode Pengajaran Interaktif di MTs Muslimat NU Palangka Raya. Solusi Bersama : Jurnal Pengabdian dan Kesejahteraan Masyarakat, 1(4), 110-117. https://doi.org/10.62951/solusibersama.v1i4.812

Faturrokhman, R. (2024). Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa di Sekolah SMK Pembangunan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(4), 713-721.

Handayani, A., Sanuddin, S., & Zamli. (2025). Edukasi dan Pelatihan Cara Sikat Gigi Yang Tepat Untuk Anak Sekolah di SDN 101 Salu Simbuang Walenrang Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3(6), 2691-2697.

Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Edukids : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116-126.

Imanniyah, A., Despalantri, E., Zudeta, E., Marsyah, U., & Annisa. (2025). Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Kata Pada Anak Autism. Jurnal Pedagodik Pendidikan Dasar, 12(1), 137-143.

Iriyani, S. A., Priyudahari, B. A. P., Nurhafni. N., Ramli, R. B., & Miswaty, T. C. (2024). Pemetaan Kemampuan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar: Analisis Hasil Ujian Akhir Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 5(2), 175-182. https://doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14697

Islamiyah, N. M. (2025). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 61-74. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v4i1.1565

Iyai, Y., & Helsa, Y. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 3(3), 288-296. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i3.1950

Kapil, D., Saraf, B. G., Sheoran, N., Srivastava, P., Singh, S., & Singh, R. (2023). To Assess the Prevalence of Dental Caries and Its Association with Body Mass Index, Socioeconomic Status, Dietary Habits, and Oral Hygiene among 6–12-year-old Children in Faridabad. International Journal of Clinical Pediatric Dentistry, 16(4), 626-632. https://doi.org/10.5005/jp-journals-10005-2637

Kesehatan, K. (2018). Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf. Lembaga Penerbit Balitbangkes: Jakarta.

Krianto, T. (2009). Perilaku Hidup Bersih Sehat dengan Pendekatan Partisipatif. Kesmas: National Public Health Journal, 3(6), 254-258. https://doi.org/10.21109/kesmas.v3i6.203

Kuspranoto, A. H., Hadi, S., Mugiyanto., Zakiyani, K. W., & Himmah, N. U. Z. (2025). Edukasi Cuci Tangan dan Sikat Gigi yang Baik dan Benar pada Siswa SD, SMP, dan SMK di SD Wonosari 2 Semarang. Jurnal Pengabdian Multidisiplin dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1-6.

Mardomi, R., & Mardomi, S. (2023). Early Childhood Education Effect on Sustainable Development and Developmental Education. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 6(2), 64-72. https://doi.org/10.23917/ecrj.v6i2.19482

Mazna, U., Nazirah, F., Farhana, I., & Marsitah, I. (2024). Perencanaan Pembelajaran yang Interaktif dalam Menumbuhkan Critical Thinking Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 1-10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.793

Nurhalisah, A. R., Hidayati, S., & Isnanto. (2023). Pengetahuan tentang Kebersihan Gigi dan Mulut pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG), 4(3), 1-16. http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/jikg/index

Sapitri, S., & Suriani, A. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 282-292. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i3.1829

Saputri, I., Rafifah, S. I., & Chanifudin. (2024). Pentingnya Kolaborasi Orang Tua, Sekolah, dan Masyarakat dalam Mendukung Pendidikan Karakter Anak. HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(2), 782-790.

Sari, B. M., & Suyadi. (2024). Permainan Interaktif Sebagai Media Pembelajaran pada Anak Usia Dini. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 2049-2058.

Simaremare, E. S., Gunawan, E., Dewi, K., Bakrie, N. F., Pratiwi, R. D., & Agustine, R. (2020). Pendidikan Pemakaian Obat dan Antibiotik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jayapura. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 6(4), 241-247. https://doi.org/10.22146/jpkm.49485

Sriyanti., & Badriyah, L. M. (2025). Implementasi Pemberian Reward dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Jurnal Ath-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 92-102.

Sumirah, S., Binari, S., & Musli., Miftahuddin, M. (2022). Metode Pembelajaran Demonstrasi dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Al-Miskawaih Journal of Science Education, 1(2), 397-412. DOI:10.56436/mijose.v1i2.165

Ulfa, N., Zahra, N. A., Saputra, F. I., & Ervina. (2025). Analisis Efektivitas Media Interaktif dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Agama Islam di Era Digital. Carong: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 1(4), 649–659. https://doi.org/10.62710/7ngxap43

Wahyudi, H., & Sari, N. A. M. E. (2024). Hubungan Peran Guru dengan Sikap Siswa dalam Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Journal on Education, 7(1), 5494-5499.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Rachmawati, A., Rosandini , A. N., Riagil , J. P., Puspita , S. ., Muzaqi , M. C., Bidayah, A., Fauzi , F., Yumanda , I. D. S., Pardilla , I. A., Misnawati, & Nurhidayat , R. (2025). Peningkatan Perilaku Hidup Sehat Anak Melalui Edukasi Kesehatan di Sekolah Dasar. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 739–749. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.643

Issue

Section

Articles

Categories