Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kegiatan Home Visit Bagi Guru TK
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.6Keywords:
guru taman kanak-kanak, home visit, media pembelajaranAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi bagi guru TK Wulele Sanggula II melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran untuk kegiatan home visit. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini sebagai berikut; (1) merancang pembuatan media pembelajaran untuk kegiatan Home Visit yang akan dibuat (2) memberikan edukasi tentang media pembelajaran dan pelatihan tentang perancangan, pembuatan media pembelejaran untuk kegiatan Home Visit (3) guru-guru TK pada mitra melakukan pembuatan media pembelajaran untuk kegiatan Home Visit didampingi tim pengabdian masyarakat. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa 1) peserta pelatihan telah memiliki pengetahuan membuat Media pembelajaran untuk mendukung kegiatan Home Visit. (2) peserta pelatihan telah memiliki hasil berupa media pembelajaran yang dapat digunakan untuk kegiatan Home Visit ketika berkunjung ke rumah anak. (3) peserta pelatihan telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan Home Visit bagi guru.
Downloads
References
Amalia, N., R., Pabunga, D.B., Mustar, S., Y. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Barakati Kelurahan Wali Kecamatan Watopute. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. 5(1), 76-81. http://dx.doi.org/10.36709/ jrga.v5i1.24366
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Haezarni, E. (2011). “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir terhadap Hasil Belajar Organ Mahasiswa Jurusan Musik Gerejawi Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan (STAKP) Negeri Tarutung”. Jurnal Teknologi Pendidikan 2, 178-186
Harcianita, Gadafi, M., & Yuliani, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Gambar. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. 4(3), 234-244. http://dx.doi.org/ 10. 36709/ jrga.v4i3.21521
Hasriana, Pabunga, D.B., & Yuliani, S. (2020). Meningkatkan Kognitif Anak Melaui Media Air. Jurnal Amal Ilmiah, 1(1), 83-95. http://dx.doi.org/10.36709/ jape nd.v1i1.11686
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177-186. DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.529
Nirmala, B., & Annuar, H. (2021). Home Visit : Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062. DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.716
Nurrahman, A. (2018). Peran Serta Media Pembelajaran Dalam Memfasilitasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 101-105. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24453
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. DOI: 10.31004/obsesi.v3i1.108
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal lmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga. 2020.53-05
Syukri. (2021). Peran Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Al Abyadh, 4(1), 16-23. https://ojs.diniyah.ac.id/index. php/Al-Abyadh/article/view/240
Yono, Y.S., Yuliani, S. & Nurhayati. (2021). Pemanfaatan Media Kartu Angka Untuk Meningktkan Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Amal Ilmiah, 2(1), 55-65. http://dx.doi.org/10.36709/japend.v2i1.17865
Yuliastri, N. A. & Ramdhani, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(1). https://doi.org/10.29408/ goldenage.v2i01.898
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/10.19109/ ra.v1i1. 1489
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Yuliani M , Salwiah Salwiah, Afifah Nur Hidayah , Dorce Bane Pabunga, Nurhayati Nurhayati, Aisyah Aisyah, Asmudin Asmudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.