Optimasi e-Polite dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Berbasis Green Literacy

Authors

  • Prasetyawan Aji Sugiharto Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Bagiya Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Septiadi Nugraha Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Ahmad Wahid Arifudin Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Intan Amala Fitra Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • M Rosyidin Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Muhammad Rizky Saddam Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Naufal Kurnia Abdi Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Setyowati Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Kendal Batang

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.588

Keywords:

e-pojok literasi, kesadaran lingkungan, literasi hijau, optimasi

Abstract

Rendahnya literasi lingkungan akan mendorong aktivitas masyarakat cenderung merusak lingkungan dan ekosistem. Seperti warga desa Rejosari Barat sebagian besar berprofesi sebagai pedagang yang menggunakan plastik dalam aktivitasnya sehingga seringkali membuang sampah sembarangan. Oleh sebab itu, dengan mengoptimalkan pojok literasi digital yang berbasis green literasi dapat menjadi solusi alternatif untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Literasi hijau (green literacy), yang mengacu pada pengetahuan dan pemahaman tentang isu-isu lingkungan, praktik-praktik berkelanjutan, dan dampak kegiatan manusia terhadap lingkungan. Tujuannya yakni untuk menciptakan kesadaran, pemahaman, dan tindakan kolektif yang lebih efektif dalam upaya mewujudkan lingkungan yang hijau berbasis literasi. Metode kegiatan ini yakni sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi serta keberlanjutan program. Hasil kegiatan ini yakni adanya kesiapan penggunaan e-polite mencapai 90% dan memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kemudian meningkatnya aspek pengetahuan masyarakat mencapai 100% terhadap isu lingkungan. Lalu meningkatnya aspek keterampilan mitra mengenai digital marketing. Serta meningkatnya aspek sosial masyarakat dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Kesimpulannya bahwa dengan mengoptimalkan E-Polite berbasis green literasi mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat dalam menumbuhkan literasi yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, W. A., & Wulandari, S. P. (2023). Dampak Digital Teknologi dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM. Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE), 4(2), 383-390.

Azami, T., & Kustanto, A. (2023). Pencemaran, Kerusakan Alam dan Cara Penyelesaiannya Ditinjau dari Hukum Lingkungan. Jurnal Qistie, 16(1), 40-50.

Azzahra, S. A., Latifah, W., Najah, S., & Afifah, N. (2025). Inovasi Pengolahan Limbah Organik Pertanian dan Rumah Tangga melalui Pembuatan Ecoenzyme untuk Masyarakat Desa Jambudipa. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 6(7), 1-12.

Cahyo, S., & Nugroho, A. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif IPA untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(4), 1146-1152.

Choirina, P., Jannah, U. M., Wahyudi, F., Rohman, M., Tjiptady, B. C., Rezaky, M. F. A., & Mukhlis, A. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran dan Ketahanan Pangan untuk Produk UMKM pada Kopi Mbah Bongso di Dusun Babadan. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 4(1), 52-62.

Deti, S., & Sudarmansyah, R. (2023). Peranan Polisi (Pojok Literasi) dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas 4 SDN Gintung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6085-6092.

Diantoro, E., Suheri, S., & Arianto, B. (2024). Studi Fenomenologi Konsep Bisnis Berkelanjutan dalam Konteks Pegiat UMKM. Jurnal Manajemen Strategis: Jurnal Mantra, 1(2), 127-144.

Dwi, S., & Hasanah, U. (2024). Independent Curriculum and Strengthening Pancasila Identity in the Young Generation: Kurikulum Merdeka dan Penguatan Identitas Pancasila pada Generasi Muda. The Elementary Journal, 2(2), 1-13.

Frankel, K. K., Becker, B. L. C., Rowe, M. W., & Pearson, P. D. (2016). From “What is Reading?” to What is Literacy?. Journal of Education, 196(3), 7-17. DOI:10.1177/002205741619600303

Hallegatte, S., Fay, M., & Barbier, E. B. (2018). Poverty and Climate Change: Introduction. Environment and Development Economics, 23(3), 217-233. https://doi.org/10.1017/S1355770X18000141

Hallegatte, S., & Rozenberg, J. (2017). Climate Change through a Poverty Lens. Nature Climate Change, 7(4), 250-256. DOI:10.1038/nclimate3253

Karunia, I., Yose, E., Laura, N., Mentari, A., & Sulaksono, T. P. (2025). Youth Power in Action: Strategi SKALA PKBI Lampung dalam Edukasi dan Pemberdayaan Remaja. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(3), 307-316. https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4737

Kosim, M., Azis, N., & Wiryawan, T. W. (2025). Optimalisasi Peran UMKM dalam Mewujudkan Ekonomi Berkelanjutan melalui Penerapan Praktik Bisnis Ramah Lingkungan. Aksi Kita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 962-967.

Law, J. W., Lye, C. T., & Ng, T. H. (2023). Can Environmental Literacy and Integrated Behavioral Factors Encourage Green Practices at Home? Evidence from Malaysia. Cleaner and Responsible Consumption, 10, 1-11. DOI: 10.1016/j.clrc.2023.100134

Liu, L., & Tobias, G. R. (2024). The Impact of Environmental Literacy on Residents’ Green Consumption: Experimental Evidence from China. Cleaner and Responsible Consumption, 12, 1-9. DOI:10.1016/j.clrc.2023.100165

Mahaputra, M. R., & Saputra, F. (2021). Relationship Word of Mouth, Advertising and Product Quality to Brand Awareness. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(6), 1099-1108.

McKay, I. V. (2018). Literacy, Lifelong Learning and Sustainable Development. Australian Journal of Adult Learning, 58(3), 390–425.

Nugroho, F. (2025). Penyuluhan Penerapan Digital Marketing bagi Kelompok UMKM di Desa Sungkap Keamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 302–308.

Nuraisyah, S., Risandi, A., & Utami, I. I. S. (2023). Peningkatan Literasi Membaca Anak melalui Pojok Baca. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 81-88. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6593

Nurislaminingsih, R., Kurniasih, N., & Rodiah, S. (2025). Literasi Lingkungan bagi Masyarakat di Sekitar Waduk Jatigede. PENA ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 67-74.

Prananda, M., Iqbal, R. A., Anjani, T. P., & Kurniawan, A. (2023). Pojok Literasi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca di Pulau Panjang, Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan. TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 273–279. DOI:10.59562/teknovokasi.v1i3.607

Purba, B. T. M., Marbun, J., Ndraha, L. P., & Sitanggang, N. E. (2025). Penguatan Eco-Literacy Masyarakat melalui Program Pembelajaran Tematik Terintegrasi: Studi Kasus di Desa Baru Batang Kuis. Marsada, 1(1), 20-28.

Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Muniroh, T. U., Riandani, R., Muliyani, E., Yasshyka, A., & Listiana, A. P. (2022). Pelatihan digital marketing untuk mencapai optimalisasi strategi pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 828-839.

Roser, M. (2019). Literacy. Retrieved from https://ourworldindata.org/literacy

Rowsell, J., Bloome, D., Castanheira, M. L., & Leung, C. (2018). Introduction: Lost in Our Meditations about Re-Theorizing Literacy Practices across Complex Social and Cultural Contexts. Re-theorizing literacy practices: Routledge.

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. Proceedings, 1(1).

Silvhiany, S. (2019). Critical Digital Literacies in Education 4.0: Preparing Students for the Uncertainties of Post-Truth World. LINGUA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2, 102-109.

Sugandini, D., Effendi, M. I., Kawuryan, S. H. E., Sugiarto, B., & Kundarto, M. (2023). Komersialisasi Komoditas Pertanian Organik sebagai Alternatif Pemulihan Ekonomi pada Petani di Dataran Tinggi Dieng. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 18-29.

Sugiharto, P. A., Bagiya, B., Mubarak, Z., & Listiana, E. (2025). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pojok Literasi dan Kesehatan Dalam Membangun Desa Tangguh Bencana, Sehat, dan Edukatif. Surya Abdimas, 9(2), 235-248.

Suhardi, S., Aprylasari, D., & Wibowo, A. (2025). Improving Community Literacy in Environmental Management through Community-Based Education in Muara Kaman District, Kutai Kartanegara District, East Kalimantan Provision. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(1), 67-81.

Tran, P. M., Nguyen, T., Nguyen, H. D., Thinh, N. A., Lam, N. D., Huyen, N. T., & Khuc, V. Q. (2024). Improving Green Literacy and Environmental Culture Associated with Youth Participation in the Circular Economy: a Case Study of Vietnam. Urban Science, 8(2), 1-26. https://doi.org/10.3390/urbansci8020063

Zainuri, A., Fatah, P. F. A., & Marthanto, W. (2025). Menuju Kampus Ramah Lingkungan: Pengelolaan Sampah di Universitas Serang Raya untuk Mewujudkan" Zero Waste". Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 2, 516-525.

Downloads

Published

2025-10-19

How to Cite

Sugiharto, P. A., Bagiya, Nugraha, S., Arifudin, A. W., Fitra, I. A., Rosyidin, M., Saddam, M. R., Abdi, N. K., & Wahyuningsih, S. (2025). Optimasi e-Polite dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Berbasis Green Literacy. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 574–589. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.588

Issue

Section

Articles

Categories