Strategi Eskalasi pada Usaha Kecil Menengah melalui Diversifikasi Produk Kopi Jahe
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.570Keywords:
eskalasi, jahe, kopi produkAbstract
Rumah UKM Mitra Idaman Banjarbaru saat ini memproduksi produk olahan pangan seperti amplang, kerupuk rambak, dan minyak urut yang dihasilkan melalui kemitraan dengan berbagai pihak. Mengingat adanya potensi petani kopi lokal khas Kalimantan, mitra berinisiatif untuk melakukan eskalasi produk dalam bentuk serbuk kopi yang dipadukan dengan bahan rempah seperti jahe. Namun, dalam proses pengembangan produk ini, tim Mitra menghadapi beberapa tantangan, di antaranya adalah kurangnya pengetahuan mengenai kombinasi kopi dan jahe yang pas untuk dipadukan dalam bentuk minuman serbuk, keterbatasan alat teknologi untuk mendukung produksi, serta kesulitan dalam desain kemasan dan pelabelan produk. Untuk mengatasi kendala ini, dilakukan sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tim tentang kopi jahe dan alat teknologi yang dapat digunakan dalam produksi. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, yaitu peningkatan pengetahuan tentang kopi jahe sebesar 80%, dari 0% menjadi 80% pada kategori baik, serta peningkatan pengetahuan penggunaan alat teknologi sebesar 70%, dari 10% menjadi 80%. Sebagai hasil dari sosialisasi ini, tim Mitra Idaman berhasil menghasilkan produk kopi jahe dengan kemasan 100 gram yang siap dipasarkan secara lebih luas, salah satunya melalui marketplace seperti Shopeee. Dengan strategi ini, produk diharapkan dapat diterima oleh pasar yang lebih besar.
Downloads
References
Ali, M. (2019). Desain Kemasan sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM: Studi Kasus pada Produk Makanan dan Minuman di Jakarta. Jurnal Desain dan Bisnis.
Ali, F. Y., Nugroho, S. A., Fatimah, T., Asmono, S. L., Rosdiana, E., Pratita, D. G., & Firgiyanto, R. (2025). Pengembangan Produk Kopi Herbal Berbasis Rempah Lokal Sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro di Kabupaten Jember. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(1), 122-130. https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.430
Dirjendikti. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI: Jakarta.
Fatimah, T., & Asril, A. (2021). Strategi Kemasan dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era Globalisasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Firdaun, M., Hasan, S., & Rini, P. (2020). Pentingnya Teknologi tepat Guna untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM di Indonesia. Jurnal Teknologi Industri, 58-64.
Fitriyanti, F., Nurbidayah, N., Akbar, D. O., Iedliany, F., & Khairunnisa, G. (2024). Pelatihan Pembuatan Kemasan dan Pemasaran Produk Olahan UMKM di Kecamatan Martapura Barat. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 1818-1825. https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5082
Haryanto, I., & Ramadhan, R. (2018). Pemberdayaan UMKM dalam Meningkatkan Ekonomi Lokal. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan.
Hidayati, R., Sari, M., & Huda, S. (2021). Strategi Pemasaran Digital dan Pengaruh Desain Kemasan terhadap Penerimaan Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Pembangunan, 91-98.
Muthia, R., Hidayati, R., Sayakti, P. I., & Wahyuni, R. A. (2024). Pendampingan UMKM Kopi Jahe Arab Martapura melalui Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). 7(9), 3992-4000.
Muthia, R., Wati, H., Prihandini, Y., Santoso, U., Soedarwo, V., & Nursandi, F. (2023). Pemberdayaan Kelompok PKK Desa Sari Gadung Melalui Diversifikasi Produk Olahan Bayam Merah. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 6(12), 5647-5654.
Nirwana, R., Marliadi, R., & Rukman, R. (2025). Digitalisasi dalam UMKM Anak Muda: Pelaporan Keuangan dengan Aplikasi. Jurnal ABDINUS; Jurnal Pengabdian Nusantara, 9(2), 335-341. doi:https://doi.org/10.29407/ja.v9i2.23493
Rahmawati, L., Hidayati, S., & Pratama, A. (2020). Penerapan Teknologi Penepung dalam Meningkatkan Efisiensi Produksi UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 54-61.
Rakhmatullah, A. N., Muthia, R., Saufi, M., & Puspawati, P. (2024). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Karya Bunda Bersama melalui Inovasi Pembuatan Produk Olahan Nanas dari Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 7(2), 3195-3203. https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i7.15343
Riana, D., Suryanto, A., & Prasetyo, T. (2018). Penerapan Teknologi untuk Meningkatkan Efisiensi Produksi UMKM. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 45-52.
Saputera, M. M. A., Muthia, R., Rahmi H., Nurbidayah., Gunawan., Arnida, & Sandi, D. A. D. (2025). Buku Saku Tanaman Herbal untuk Penyakit Degeneratif. Dewa Publishing: Jawa Timur.
Setiawan, F., & Putra, E. (2021). Pengaruh Desain Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk UMKM di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Sianturi, J. A. (2023). Strategi Eskalasi Peran Small Medium Enterprise dalam Global Value Chain di Indonesia. Universitas Indonesia: Jawa Barat.
Suryanto, A. (2020). Inovasi Teknologi dalam Pengolahan Bahan Baku UMKM: Studi Kasus di Sektor Industri Kecil. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23-30.
Widyamurti, N., & Sari, R. T. (2024). Desain Kemasan dan Pelabelan Sebagai Alat Pemasaran Produk UMKM. Kreasi: Jurnal Inovasi dan Desain Produk.
Wijaya, B. (2020). Inovasi Produk dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Manajemen Inovasi.
Yuliana, N. (2019). Penerapan Teknologi Otomatis dalam Proses Produksi UMKM untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 112-118.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Rahmi Hidayati, Reny Marliadi, Nurbidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						








