Peningkatan Daya Saing Produk Kelompok Wanita Tani Tepian Melalui Pemasaran Digital dan Inovasi Kemasan
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.562Keywords:
e-commerce, kemasan produk, pemasaran digital, tepung pisangAbstract
Suak merupakan salah satu desa di Kabupaten Lampung Selatan memiliki KWT Tepian yang mengolah tepung pisang sebagai produk unggulan. Namun, pemasaran produk masih dilakukan secara konvensional dengan kemasan yang kurang menarik dan terbatas pada pasar lokal. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk melalui pelatihan pemasaran digital dan inovasi kemasan produk. Metode yang diterapkan terdiri dari lima tahapan utama, yaitu sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi, serta keberlanjutan program. Peserta dilatih untuk memanfaatkan website e-commerce, media sosial, dan content creation untuk memperluas jangkauan pasar. Selanjutnya, pelatihan desain kemasan agar menarik minat konsumen. Pelatihan dan evaluasi berbasis pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pengetahuan peserta dari 58.13 menjadi 95.74, dengan n-gain score sebesar 90.18%, sehingga program ini efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta. Mitra mampu meningkatkan daya tarik kemasan produk tepung pisang dan memanfaatkan media digital secara efektif untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan. Program ini memberikan kontribusi nyata dalam mendorong terbukanya akses pasar yang lebih luas dan memperkuat kemandirian ekonomi KWT Tepian di desa Suak.
Downloads
References
Adawiyah, R., & Kristiana, A. I. (2025). Business Community Empowerment: Branding Optimization, Product Diversification and Digital Marketing. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 35-49. https://doi.org/10.35316/assidanah.v7i1.35-49
Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147-157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21
Apandi, Kagungan, D., Hutagalung, S. S., & Hermawan, D. (2021). Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa terhadap Pengelolaan Sampah Plastik di Desa Wisata Suak Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 846-855. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.202163.806
Arifin, O., Widyawati, D. K., Fitri, A., & Cahyo, D. E. (2022). Pelatihan Digital Marketing sebagai Upaya Promosi Produk Kampung Kakao di Desa Sungai Langka. Prosiding Seminar Nasional Penerapan IPTEKS, 80-88.
Christy, P., & Ellyawati, J. (2015). Pengaruh Desain Kemasan (Packaging) pada Impulsive Buying. Jurnal Ekonomi Manajemen, 43, 1-14.
Emeral, Pratika, D., Amalia, N., Azhara, S. F., Apriandy, & Toendan, S. G. (2025). Peningkatan Motivasi Siswa Belajar Bahasa Inggris melalui Program English Camp Emeral. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), 478-486. https://doi.org/https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.500
Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(2), 117-120.
Maarif, S., Prihantika, I., Meilinda, S. D., Yulianto, Y., & Sulistio, E. B. (2021). Penguatan Kapasitas Pengurus BUMDes Mitra Desa Suak melalui Formulasi Kesepakatan Kerjasama dengan Pihak Ketiga. Seandanan: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 42-45. https://doi.org/10.23960/seandanan.v1i1.11
Mailintina, Y., Panjaitan, R. S., Ludovikus, Saragih, D. B., Dachliana, Utam, W. A., Nurhadi, R. S., & Putri, M. (2024). Bersih dan Sehat Bersama: Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Siswa melalui Perilaku Hibup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN Cempaka Baru 07 Jakarta. BERBAKTI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 117-126. https://doi.org/10.30822/berbakti.v2i2.3479
Malik, A., & Mulyono, S. E. (2017). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 87-101. https://doi.org/10.15294/pls.v1i1.15151
Munarso, S. J., & Miskiyah, M. (2014). Penerapan Sistem Haccp (Hazard Analysis and Critical Control Points) pada Penanganan Pascapanen Kakao Rakyat. Jurnal Standardisasi, 16(1), 17-30. https://doi.org/10.31153/js.v16i1.80
Onibala, N., Kaparang, V., Putri, A. P., & Alhasni, R. (2025). Empowerment of Micro , Small and Medium Enterprises in Budo Tourism Village, North Minahasa Regency. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 9(4), 1099-1108. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dd7afy80
Purnaningrum, E., Masnuah, M., & Hanifah, H. Z. (2018). Pengembangan Pemasaran Online dan Pengemasan Produk Berperan terhadap Hasil Daya Jual. Jurnal Penamas Adi Buana, 2(1), 7-10.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Rukmana, J., Taufik, Y., Salam, W. Q., & Latuconsina, N. F. (2023). Kajian HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) pada Proses Produksi Tahu Susu. Communnity Development Journal, 4(4), 7189-7197.
Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 71-90.
Sukma, A., Yudanegara, A., Kaniawati, K., Munawar, F., Handayani, R., & Purwaningdyah, S. W. S. (2025). Inovasi Desain Kemasan Beras Organik sebagai Pendukung Pemasaran Produk Pertanian Unggulan. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 487-497. https://doi.org/http://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.391
Suryani, N., Yusnaeni, W., & Basri, H. (2023). Pembelajaran Pengenalan Dasar Ms. Word sebagai Pengolah Kata pada Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah. Jurnal Aruna Mengabdi (Armi), 1(2), 53-60. https://doi.org/https://doi.org/10.61398/armi.v1i2.25
Susetyasari, T. (2012). Kemasan Produk Ditinjau dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan Pelabelan pada Kemasan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Minuman Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 19-28.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 327-337.
Wiguna, S. P. (2007). Pengaruh kemasan Produk terhadap keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Jajan khas Kota Gresik. Universitas Islam Negeri (UIN) Malang: Malang.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Oki Arifin, Dewi Kania Widyawati, Rini Desfaryani, Muhammad Fahry Arief Billah, Hendra Agus Loriko, Chika Imelda Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






