Implementasi Moderasi Beragama sebagai Strategi Membangun Kesadaran Toleransi Generasi Muda
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.544Keywords:
generasi muda, implementasi, moderasi beragama, toleransiAbstract
Implementasi moderasi beragama penting bagi generasi muda Indonesia karena keberagaman suku, budaya, dan agama yang luas memerlukan sikap toleran untuk menjaga persatuan dan mencegah konflik. Selain itu, moderasi melindungi mereka dari pengaruh radikalisme dan hoaks berbasis SARA, sekaligus menanamkan nilai Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan generasi muda lintas agama dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama. Kegiatan dilaksanakan secara luring dengan pendekatan partisipatif-edukatif melalui model pelatihan intensif berbasis interaktif dan reflektif. Metode pelaksanaan terdiri dari lima tahapan utama: (1) persiapan, (2) pre-test, (3) pelaksanaan pelatihan, (4) post-test dan evaluasi, serta (5) refleksi. Peserta berjumlah 45 orang dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikan. Hasil pre-test menunjukkan bahwa 60% peserta memiliki pemahaman dasar hingga lemah terkait moderasi beragama, sedangkan hasil post-test memperlihatkan peningkatan rata-rata skor sebesar 15,1%, dengan pergeseran signifikan dari kategori rendah ke kategori tinggi. Sesi refleksi mengungkap adanya perubahan sikap positif, seperti komitmen guru untuk mengintegrasikan nilai moderasi beragama dalam pembelajaran, serta tekad peserta lain untuk menerapkannya di lingkungan kerja dan sosial. Temuan ini menegaskan bahwa pelatihan berbasis partisipasi aktif dan relevansi konteks sosial efektif dalam memperkuat pemahaman dan sikap toleran generasi muda.
Downloads
References
Akbar, F. H., Fasha, F. L., & Abdullah, F. (2024). The Concept of Religious Moderation in a Review of the Qur’an and Hadith: Konsep Moderasi Beragama aalam Tinjauan Qur’an Hadis. Bulletin of Islamic Research, 2(1), 59-80.
Albana, H. (2023). Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas. Jurnal SMART: Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi, 9(1), 49-64.
Ananda, D. G., Puspita, A., & Lidia, D. (2024). Pendidikan Moderasi Beragama: Membangun Toleransi dan Keberagaman. Al-Ikhtiar: Jurnal Studi Islam, 1(3), 192-203.
Armayani, C., Rania, A. A., Gurning, F. P., & Septiani, A. (2022). Meningkatkan Moderasi Umat Beragama pada Masyarakat Desa Pematang Kuala di Masa Pandemi Covid-19. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 5, 52-60. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i0.4210
Astuti, A. R. T., Herman, H., Hadawiah, R., & Ardiyanti, N. (2018). Tantangan Parenting dalam Mewujudkan Moderasi Islam Anak. Al-Maiyyah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 301-320.
Faruq, U. A., & Noviani, D. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama sebagai Perisai Radikalisme di Lembaga Pendidikan. Jurnal Taujih, 14(1), 59-77. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.305
Hjerm, M., Eger, M. A., Bohman, A., & Connolly, F. F. (2020). A New Approach to the Study of Tolerance: Conceptualizing and Measuring Acceptance, Respect, and Appreciation of Difference. Social Indicators Research, 147(3), 897-919. https://doi.org/10.1007/s11205-019-02176-y
Irawan, I. K. A. (2020). Merajut Nilai-Nilai Kemanusiaan melalui Moderasi Beragama. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(1),82-89.
Isnaini, A. (2017). Kekerasan Atas Nama Agama. Kalam, 8(2), 213-232. https://doi.org/10.24042/klm.v8i2.221
Kurniawan, S., & Fitriyanto, A. (2025). Enhancing Religious Moderation among Interfaith Youth for Revitalizing Social Cohesion in Ilir Kota Village Sanggau Regency. At-Turats, 18(2), 120-138. https://doi.org/10.24260/at-turats.v18i2.3383
Mukhibat, M., Istiqomah, A. N., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73-88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133
Pajarianto, H., Pribadi, I., & Galugu, N. S. (2023). Youth Religious Moderation Model and Tolerance Strengthening through Intellectual Humility. HTS Teologiese Studies/ Theological Studies, 79(1), 1-10. https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8196
Raikhan, & Amin, M. N. (2023). Penguatan Moderasi Beragama: Revitalisasi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(3), 629-643. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i3.20917
Rudiarta, I. W. (2023). Penguatan Moderasi Beragama pada Siswa Pasraman di Kota Mataram. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 6(2), 146-159. https://doi.org/10.37329/kamaya.v6i2.2114
Saefudin, A., Rohman, F., Karwadi, K., & Nasikhin, N. (2022). Active Non-Violence Education in Rural Culture. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 33(2), 287-308. https://doi.org/10.33367/tribakti.v33i2.2860
Sari, D. I., Darlis, A., Silaen, I. S., Ramadayanti, R., & Tanjung, A. A. A. (2023). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Journal on Education, 5(2), 2202-2221. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.873
Sufyan, H. (2023). Moderasi Beragama di Antara Generasi Milenial: Peluang, Kendala, Keberagaman, dan Upaya Penyelesaiannya. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison and Society. Retrieved from https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS/article/view/651
Suhartawan, B. (2021). Wawasan Al-Quran tentang Moderasi Beragama. Ulumul Qur’an: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 1(2), 50-64. https://doi.org/10.58404/uq.v1i2.75
Sulastri, S. (2024). Implementasi Moderasi Beragama pada Masyarakat Multikultural di Indonesia: Tantangan dan Peluang. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison and Society. Retrieved from https://www.j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS/article/view/726
Suma, I. M. M., Tandiangga, P., Palinoan, F. F., & Patampang, C. (2025). Implementation of Religious Moderation Values in the School Environment to Foster an Attitude of Tolerance. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 13(1), 219-225. https://doi.org/10.29210/1115400
Wahid, A. (2024). Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam: Implementasi dalam Pendidikan Multikultural di Indonesia. Scholars, 2(1), 29-36. https://doi.org/10.31959/js.v2i1.2367
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 I Made Markus Suma, Frans Fandy Palinoan, Patrio Tandiangga, Agustinus Sem Porak Tangkeliku

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						








