Pelatihan Menulis Cerita Bergambar Dwi Bahasa ‘Wonderful Java Island’

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.53

Keywords:

budaya, cerita bergambar, dwi bahasa, literasi emergen, sekolah menengah

Abstract

Globalisasi berpengaruh terhadap menurunnya minat dan apresiasi generasi muda Indonesia terhadap budaya bangsa sendiri. Kesenian tradisional tidak menarik untuk dipraktikkan karena dianggap tidak modern dan mempelajari seni bangsa lain dianggap lebih modern.  Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya Indonesia dan melatih cara menulis cerita pendek bergambar sebagai solusi permasalahan. Metode kegiatan ini adalah pelatihan menulis dalam dua Bahasa yaitu Indonesia dan Inggris yang dilakukan secara luring, dilanjutkan dengan mentoring selama satu bulan untuk penulisan buku yang dilakukan secara luring dan daring. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah sebuah buku cerita pendek karya siswa SMA bertema budaya pulau Jawa yaitu daerah asal mitra kami yang terdiri dari 5 bab yaitu bab 1. DKI Jakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta, bab 2. Jawab Barat, bab 3. Banten, bab 4. Jawa Tengah, dan bab 5. Jawa Timur. Hasil dari penulisan buku ini telah memberikan dampak positif kepada siswa peserta PkM dalam mempelajari berbagai macam budaya yang ada di 5 provinsi di pulau Jawa dan melatih kreativitas mereka dalam menuliskan dalam bentuk cerita pendek. Kesimpulan dari kegiatan PkM ini adalah bahwa cerita bergambar efektif dalam meningkatkan ketertarikan generasi muda mengenal budaya dan buku karya mereka juga akan bermanfaat untuk siswa-siswa lain di Indonesia  lebih luas sebagai sarana mengenal budaya.

References

Agustin, D. S. Y. (2011). Penurunan Rasa Cinta Budaya dan Nasionalisme Generasi Muda Akibat Globalisasi. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 4(2), 177-185. https://doi.org/10.12962/j24433527.v4i2.632

Annisa, R., Akhlis, I., & Hartono. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buku Cerita Fisika untuk Materi Energi dan Daya Listrik di Sekolah Menengah Pertama. Unnes Physics Education Journal, 6(2), 90-95.

Aryana, R. (2022). Korean Wave dan Dampaknya Bagi Budaya Lokal Indonesia. Setaranews.Com. https://www.setaranews.com/2022/09/korean-wave-dan-dampaknya-bagi-budaya.html

Boyno, M., Akil, E., & Dolaş, F. (2013). The application of the labovian narrative analysis to a short story in an efl class. Dumlupınar Üniversitesi Sosyal Bilimler Dergisi, 37, 113-122.

Darmansa, J. N., Haldani, A., & Tresnadi, C. (2019). Identifikasi minat generasi z terhadap ragam hias batik belanda. Jurnal Sosioteknologi, 18(2), 232-241.

Fitriani, H. (2014). Pengembangan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Menggunakan Animasi Komik Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 33-43. https://doi.org/10.22342/jpm.8.2.1865.33-43

Flysh Geost. (2019). Profil Pulau Jawa [+Gambar Peta Lengkap]. https://www.geologinesia.com/2019/12/profil-pulau-jawa.html

Generasi Muda Kurang Peduli Budaya Sendiri. (2008). Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2008/11/26/17323361/~Oase~Cakrawal a

Hanugh, S. P., Perdana, M. R., Novaleni, K. N., & Khairunnisa, D. (2021). Upaya Mengatasi Krisis Identitas Nasional Generasi Z Di Masa Pandemi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 651–659. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1937

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Kasih, A. P. (2020). Nilai PISA Siswa Indonesia Rendah, Nadiem Siapkan 5 Strategi Ini. Edukasi.Kompas.Com.

Labov, W. (2001). QL-lyhizR2R.pdf. Maranhão 1984. https://doi.org/10.1037/a0022354

Literasi. (2016). KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi

Mendikbud Siapkan Lima Strategi Pembelajaran Holistik. (2020). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/mendikbud-siapkan-lima-strategi-pembelajaran-holistik

Mengenal Pulau Jawa, Sejarah, Kondisi Geografis, dan Suku. (2022). https://regional.kompas.com/read/2022/05/14/193352478/mengenal-pulau-jawa-sejarah-kondisi-geografis-dan-suku?page=all

Nurhasanah, L., Siburian, B. P., & Fitriana, J. A. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Minat Generasi Muda Dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Indonesia. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31-39. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5616

Rahayu, D., Aziez, S., & Margianti Sagimin, E. (2022). Mencintai Budaya Indonesia Melalui Pelatihan Berbicara Didepan Umum Untuk Siswa SD di Pamulang. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(3), 170-180. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i3.262

Sari, N. I., Mulyani, S., & Septiani, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak melalui Media Gambar di Lingkungan Rt 017, Rw 08, Jatinegara, Jakarta Timur. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 216-223. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.4335

Seftiawan, D. (2019). Hasil Penelitian Kemendikbud, Kemampuan Literasi Siswa Indonesia Membaik. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01310964/hasil-penelitian-kemendikbud-kemampuan-literasi-siswa-indonesia-membaik

Wahyuni, Y., Andriani, D. I., & Rahayu, S. T. W. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Buku Cerita Bergambar. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 48-53. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.27

Wulandari, W., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Rasa Nasionalisme pada Generasi Z di Tengah Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7255-7260.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Rahayu, D., Aziez, S. ., & Sagimin , E. M. . (2023). Pelatihan Menulis Cerita Bergambar Dwi Bahasa ‘Wonderful Java Island’ . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 144–154. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.53