Pengembangan Website untuk Meningkatkan Kapasitas Pengelolaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.525Keywords:
digitalisasi umkm, literasi digital, pendampingan, pengelolaan website, transformasi bisnisAbstract
Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang besar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnis melalui platform online, termasuk website. Namun, sebagian besar pelaku UMKM belum memiliki keterampilan dan pemahaman yang memadai untuk memanfaatkan teknologi ini secara optimal. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas digital pelaku UMKM melalui pendampingan pengembangan dan pengelolaan website sebagai media promosi dan manajemen usaha. Kegiatan dilaksanakan selama tiga bulan dengan melibatkan 36 pelaku UMKM dan dilaksanakan melalui empat tahapan: persiapan, pelatihan dasar, pendampingan teknis, serta optimalisasi dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa seluruh peserta (100%) berhasil memiliki website aktif sesuai karakteristik usaha mereka, dan sekitar 80% peserta mampu mengelola konten secara mandiri. Selain itu, hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan literasi digital rata-rata sebesar 75%, yang berdampak pada meningkatnya interaksi pelanggan dan perluasan jangkauan pasar. Kesimpulannya, metode pelatihan berbasis praktik langsung dan pendampingan berkelanjutan terbukti efektif dalam mendorong transformasi digital UMKM serta menjadi model pengabdian yang dapat direplikasi di wilayah lain.
Downloads
References
Anas, N. R., Lediyana, E., Febrian, A., Banuwa, L. F., Wulan, M. N., Hudalil, A., & Megasari, M. (2025). Peningkatan Aktivitas Pasar Tradisional Melalui Bazar UMKM dan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Digitalisasi di Talang Padang. I-Com: Indonesian Community Journal, 5(1), 480-491. https://doi.org/10.70609/icom.v5i1.6709
Anik, S., Wasitowati, W., & Gulnoria, R. A. (2024). Meningkatkan Penjualan Online UMKM Desa Temuroso Demak dengan Digital Marketing. Indonesian Journal of Community Services, 6(1), 39-49. https://doi.org/10.30659/ijocs.6.1.39-49
Astutik, F. I., & Bari, A. (2025). Workshop Digital Marketing untuk Mendukung Pengembangan UMKM Desa Kapong, Kecamatan Batumarmar. PROSPEKS: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 4(1), 989-999. https://doi.org/10.32806/pps.v4i1.920
Azzaakiyyah, H. K., Suherlan., & Rijal, S. (2025). Integration of Discount Strategies, Digital Promotion, and Customer Engagement in Enhancing MSME Competitiveness in the E-Commerce Ecosystem During Ramadan. Technology and Society Perspectives (TACIT), 3(1), 330-337. https://doi.org/10.61100/tacit.v3i1.256
Dewi, T. U. (2018). Pembelajaran Filologi sebagai Salah Satu Upaya dalam Mengungkap dan Membangun Karakter Suatu Bangsa. KAGANGA: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial-Humaniora, 1(1), 48-61. https://doi.org/10.31539/kaganga.v1i1.232
Erislan. (2025). Pemberdayaan Pelaku UMKM di Kabupaten Bandung melalui Peningkatan Kapasitas Pemasaran Digital. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 5(2), 455-465. https://doi.org/10.37481/pkmb.v5i2.1471
Febrianty, Y., Awaludin, D. T., Safar, M., Kraugusteeliana., & Suseno. (2024). Digital Skills Improvement for MSMEs in Rural Areas for Online Marketing. Unram Journal of Community Service, 5(3), 195-200. https://doi.org/10.29303/ujcs.v5i3.692
Hakim, A. (2025). QRIS Management Assistance for MSME Players through Digital Platforms. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 6(1), 1019-1029. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i1.4300
Hasanuddin., & Aryanto. (2019). Implementasi E-CRM dalam Jaringan Usaha Retail Tradisional dan UKM. Jurnal FASILKOM, 8(1), 299-302. https://doi.org/10.37859/jf.v8i1.1194
Helal, M. Y., & Palei, T. F. (2023). Researching Dynamic Capacities of Restaurants for Creating Customer Value in Conditions of Digital Transformation. Vestnik of the Plekhanov Russian University of Economics, 20(5), 223-234. https://doi.org/10.21686/2413-2829-2023-223-234
Hlinenko, L., & Daynovskyy, Y. (2022). Digital Marketing Communications in Ukraine in the Consumer Readiness Dimension. Marketing and Digital Technologies, 6(1), 6-20. https://doi.org/10.15276/mdt.6.1.2022.1
Lassoued, K., Awad, A., & Guirat, R. Ben. (2020). The Impact of Managerial Empowerment on Problem Solving and Decision Making Skills: The Case of Abu Dhabi University. Management Science Letters, 10(4). 769-780. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.10.020
Lianardo, S., Sartika, K. D., Prasetyawati, Y. R., & Cahyadi, R. A. (2022). Pendampingan Digital Marketing untuk Pemberdayaan UMKM. Journal of Servite, 2(2), 104-111. https://doi.org/10.37535/102004220223
Muanmeevit, C., & Pankham, S. (2025). A New Online Marketing Mix Strategy to Unlock Digital Commerce Success. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 12(5), 27–-5. https://doi.org/10.21833/ijaas.2025.05.004
Novaes, A. L. (2024). Development of Soft Skills in Entrepreneurship Education: an Approach Based on Experiential Learning Theory. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(10), 1-16. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n10-207
Primadasa, Y., Saputra, A. Y., & Juliansa, H. (2021). Penerapan Metode Technology Acceptance Model terhadap Faktor Kepercayaan dan Risiko dalam Penggunan Aplikasi Fintech. CogITo Smart Journal, 7(2), 290-304. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.327.290-304
Putro, S. E., Rochana, W., Susiani, D., Mardianto, T., Dedali, S. H., Pribadhi, A., Agus, Rukin, Sujudi, M., & Nyardi. (2025). Strategi Penguatan Performa UMKM melalui Digitalisasi Pemasaran dan Optimalisasi Media Sosial di Kelurahan Klangon Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(3), 65-74. https://doi.org/10.56910/sewagati.v4i3.3035
Saputri, W., & Mansur. (2018). Desain Prototype Sistem Jual Beli Online Produk UMKM Bengkalis Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 4(1), 27-33. https://doi.org/10.35329/jiik.v4i1.49
Shagembe, M., Issa, R. S., & Azlifa, M. (2025). The Impact of Health Technology Use on Digital Literacy Among Communities: An Empirical Study in Tanzania. Journal of Educational Technology and Learning Creativity, 3(1), 115-121. https://doi.org/10.37251/jetlc.v3i1.1731
Syaifuddin. (2025). Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM di Kecamatan Kadungora, Garut: Inovasi Menuju Kesuksesan Bisnis. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 6(1), 980-986. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i1.5251
Tumuramye, B., Tukamuhabwa, B. R., Mutebi, H., Orobia, L. A., Ahimbisibwe, G. M., & Byarugaba, J. (2025). Business Ecosystem Embeddedness, Adaptive Capacity and Supply Chain Resilience in Agro-Food Processing SMEs. Continuity & Resilience Review, 1-22. https://doi.org/10.1108/CRR-06-2025-0022
Ummah, A. H., & Kurniawan, A. (2020). Literasi Digital dan Peran Strategis Net Negeration dalam Membangun Konten Positif di Media Sosial. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 4(2), 170-181. https://doi.org/10.36841/integritas.v4i2.558
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Andrian Riyadi, Wagiran Wagiran, Aris Eko Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






