Edukasi Guru Melalui Transformasi Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal dan Teknologi Digital

Authors

  • Abdul Haris Odja Universitas Negeri Gorontalo https://orcid.org/0000-0002-6557-3366
  • Tirtawaty Abdjul Universitas Negeri Gorontalo
  • Citron S. Payu Universitas Negeri Gorontalo
  • Masrid Pikoli Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhammad Yusuf Universitas Negeri Gorontalo
  • Mursalin Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurhalisa Sambel Universitas Negeri Gorontalo
  • Felma Fitrah Lando Universitas Negeri Gorontalo
  • Andini Pratiwi M. Mahmud Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.518

Keywords:

edukasi guru, integrasi digital, kearifan lokal, pembelajaran ipa, transformasi pendidikan

Abstract

Transformasi pembelajaran IPA menuntut keterpaduan antara pendekatan teknologi digital dan kearifan lokal untuk menciptakan pengalaman belajar yang kontekstual, bermakna, dan adaptif terhadap tantangan zaman. Namun, sebagian besar guru masih menghadapi kendala dalam merancang pembelajaran yang mampu mengintegrasikan kedua pendekatan tersebut secara efektif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pedagogik dan profesionalisme guru IPA melalui edukasi berbasis kearifan lokal dan teknologi digital. Kegiatan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tapa, melibatkan 21 guru dari MGMP IPA melalui pendekatan partisipatif dan diskusi kolaboratif. Metode pelaksanaan terdiri atas sosialisasi konsep dan praktik penggunaan media digital (seperti PhET, Canva, Game maker, Smart Apps Creator/SAC, Doratoon, Genially), serta pengembangan perangkat ajar berbasis kearifan lokal Gorontalo. Evaluasi dilakukan menggunakan kuisioner dengan 13 indikator yang mencakup aspek materi, fasilitator, dan dampak pelatihan terhadap praktik mengajar. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas peserta memberikan respon positif, dengan capaian tertinggi pada aspek penyampaian materi dan partisipasi fasilitator. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan yang menggabungkan teknologi dan kearifan lokal secara efektif dapat meningkatkan kompetensi guru serta mendorong lahirnya model pembelajaran IPA yang inovatif, reflektif, dan berakar pada konteks budaya Gorontalo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggrella, D., Rahmasiwi, A., Suyatman, S., & Sudrajat, A. (2024). Sosialisasi dan Pelatihan Pendekatan Interdisipliner pda Pembelajaran Ipas di Pendidikan Dasar. Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(3), 327-336. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v7i3.2204

Ariyanti, I., & Yunus, M. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran bagi Guru Senior Matematika. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 378-387. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1363

Astuti, S., Syarifuddin, S., & Vianty, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan Kearifan Lokal Berbasis Fliphtml5 Materi Descriptive Text di SMP Negeri 2 Lahat: Sebuah Analisis Kebutuhan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1440-1448. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.778

Aulia, V., Hakim, L., & Sangka, K. (2023). Dampak TPACK pada pengembangan profesionalisme guru dalam praktik integrasi teknologi. Sinamu, 4(1), 235-242. https://doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7894

Damanik, R., Nababan, S., Sumantri, P., Hardiyansyah, M., Nugraha, M., & Azis, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah Sumatera Utara di Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Islam Sumatera Utara. Islamic Education, 3(1), 27-34. https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.1018

Damayanti, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi Melalui Media Canva dan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(2), 66-72. https://doi.org/10.56916/jipi.v1i2.170

Delsi, D., Odja, A. H., Yusuf, M., Abdjul, T., Ntobuo, N. E., & Uloli, R. (2025). The Effect of Cooperative Model-Integrated Huyula Local Wisdom Values on Mastery Concepts of Simple Machine Material. Jurnal Pijar MIPA, 20(3), 585-589. https://doi.org/10.29303/jpm.v20i3.9027

Dendodi, A., Kurniawan, B., & Saadah, N. (2024). Strategi Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Implementasi Manajemen Kelas pada Jenjang Madrasah Aliyah. Alacrity Journal of Education, 4(2), 452-464. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i2.374

Firmansyah, D., Gyanendra, A., Zafitri, P., Surya, P., Nadid, T., Auliya, A. S., & Lutfianti, L. (2024). Seminar Introduction AI: Membangun Kesiapan Guru Menghadapi Pembaharuan Teknologi Pendidikan di SDN 15 Cakranegara. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 266-274. https://doi.org/10.29303/rengganis.v4i2.446

Hadju, R., Abdjul, T., Yusuf, M., & Odja, A. H. (2023). Pengembangan LKPD Kearifan Lokal Berbantuan Aplikasi Flipping Book pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi di SMP. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 9(2), 305-313.

Hayati, C. (2022). Urgensi Pelatihan dalam Peningkatan Kompetensi Guru Ipa yang Berkelanjutan pada Tingkatan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 208-217. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50328

Hendri, M., Rasmi, D., & Sirait, J. (2022). Pelatihan Pembelajaran Ipa Melalui Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematic) bagi Guru SSMP Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Journal of Community Engagement Research for Sustainability, 2(6), 301-307. https://doi.org/10.31258/cers.2.6.301-307

Hikmawati, H., Suma, K., & Subagia, I. W. (2021). Problem Analysis of Science Learning Based on Local Wisdom: Causes and Solutions. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 7, 46-55. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.1021

Iman, S. H., Yusuf, M., Abdjul, T., & Odja, A. H. (2023). Pengembangan E-Modul Kearifan Lokal Berbantuan Aplikasi Flipping Book pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 9(2), 294-304.

Imron, A., & Shobirin, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru MI di Kota Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 21(1), 71-100. https://doi.org/10.21580/dms.2021.211.7342

Kevin, W., Odja, A. H., Buhungo, T. J., Supartin, W. M., Mohamad, W. M., Pikoli, M., Yunus, R., Hakim, L., Lahalik, M. F. D., Mahmud, A. P. M., Stiosarint, Y., & Lanio, A. R. (2024). Efektivitas Model Kooperatif Terintegrasi Nilai Huyula dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep IPA. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(3), 307-318. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i3.4023

Khotimah, K., Prasetya, S., Harianto, S., & Segara, N. (2024). Pelatihan Penyusunan Model Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal untuk Mendukung Kurikulum Merdeka bagi Guru IPS Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 3164-3170. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.674

Kurniawan, B., Purnomo, A., & Idris, I. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online bagi Guru Matapelajaran Ips. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.22236

Lase, D., Waruwu, E., & Waruwu, S. (2022). Integrasi TIK dan Pengembangan Kompetensi Digital Guru Prajabatan di Perguruan Tinggi. Lauru: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 13-20. https://doi.org/10.56207/lauru.v1i1.12

Mawarni, D., Amanda, A., Agustin, A., Salvana, V., & Abdurrahmansyah, A. (2025). Analisis Kebijakan Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru di Era Digital. JIMPS 10(1), 260-267. https://doi.org/10.24815/jimps.v10i1.33996

Meylina, M., Ardiasih, L., & Rahmiaty, R. (2021). Teachers’ Digital Competences: an Overview on Technological Perspectives. Linguists Journal of Linguistics and Language Teaching, 7(2), 29-43. https://doi.org/10.29300/ling.v7i2.5489

Novia, D., Pajriah, S., & Suryana, A. (2023). Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Budaya Panengen di SMAN 1 Pangandaran (Studi Kasus di Kelas X IPA 1 SMAN 1 Pangandaran). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(2), 145-145-158. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.10007

Nurdin, N. (2023). Pengaruh Keterampilan Literasi Digital Terhadap Kreativitas Guru dalam Menulis Penelitian Tindakan Kelas. JTKP, 4(2), 105-114. https://doi.org/10.17509/jtkp.v4i2.61438

Nurfallah, D., & Pradipta, R. (2021). Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2425-2437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.752

Nurpratiwi, S., Amaliyah, A., Hakam, A., & Romli, N. (2022). Pemberdayaan Kemampuan ICT Guru untuk Pembelajaran Daring Melalui Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Digital Berbasis Web. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 153-162. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.803

Odja, A. H., Dikum, J., Payu, C. S., Supartin, S., & Fadly, W. (2024). Development Of Problem-Based Learning With A Variety Of Media To Improve Problem-Solving Skills In Mechanical Wave Material. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 20(2), 197-213.

Odja, A. H., Doung, R., Pikoli, M., Yunus, R., Mohamad, W. M., & Mursalin. (2025). The Effectiveness of Cooperative Learning Integrated with Huyula Values and Variety of Media to Improve Science Mastery in Inclusive Environments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 14(2), 282-292. https://doi.org/10.15294/jpii.v14i2.24087

Oktaviani, I., Rini, I., Ulfah, M., & Andriana, A. (2021). Pengenalan Media Pembelajaran Daring Berbasis Stem untuk Guru Ipa di Sman 9 Bandar Lampung. Jubaedah Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), 77-88. https://doi.org/10.46306/jub.v1i1.16

Orab, N., Odja, A. H., Supartin, S., & Abdjul, T. (2023). The Effect Oo Local Wisdom Based Learning Media on Science Process Skills in Straight Motion Material. Science Education Journal, 7(1), 73-87. https://doi.org/10.21070/sej.v7i1.1639

Parmin, P. and Khusniati, M. (2021). The Readiness of Pre-Service Integrated Science Teachers toward the Next Generation Science Standards. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 713-724. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.37001

Parno, P., Supriana, E., Hidayat, A., Kurniawan, B., Fauziyah, S., & Rini, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Media untuk Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri dalam Menunjang Karya Inovatif Guru IPA SMPN Se-Kota Malang. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1485-1492. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i7.674

Primayanti, T., Odja, A. H., Yusuf, M., Abdjul, T., Ntobuo, N. E., & Uloli, R. (2025). The Effect of Cooperative Model-Integrated Huyula Local Wisdom Values on Mastery Concepts of Simple Machine Material. Jurnal Pijar MIPA, 20(3), 585–589. https://doi.org/10.29303/jpm.v20i3.9027

Ramli, R. A., Odja, A. H., Irsan, I., Buhungo, T. J., & Supartin, S. (2025). Penerapan Model Kooperatif Terintegrasi Nilai Huyula Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Konsep Fisika. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 167-175.

Ritonga, M., Hutagalung, Y., & Irsalina, M. (2022). Penguatan Kompetensi Sosial-Emosional bagi Kepala Sekolah Penggerak Melalui Kegiatan Lokakarya. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 309-315. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7876

Rizal, R., Surahman, E., & Suhendi, H. (2023). Pelatihan Media dan Alat Evaluasi Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mempersiapkan Kurikulum Merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4616- 4627. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17104

Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Purba, H. A., Muhammad, D. A., & Azis, S. H. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Classroom untuk Mengoptimalkan Proses Pembelajaran. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 56-60. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1785

Sinaga, M. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyusun Materi Pembelajaran Berbasis PPT Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal Solma, 13(3), 1650-1661. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16529

Sıswanto, J., Harjanta, A. T. J., Suminar, I., & Suyidno, S. (2022). Digital Learning Integrated with Local Wisdom to Improve Students’ Physics Problem-Solving Skills and Digital Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1), 1-5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2392/1/012025

Sukiastini, I., Tika, I., & Artawan, P. (2024). Literature Review: Integrasi Model Pembelajaran IPA dengan Digitalisasi dan Kearifan Lokal untuk Menghadapi Tantangan di Masa Depan. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(4), 318-327. https://doi.org/10.51878/science.v4i4.3343

Syahid, A., Hernawan, A., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600-4611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2909

Wahyudi, M., Purnama, R., Atrinawati, L., & Gunawan, D. (2024). Mengeksplorasi Dampak Teknologi Pembelajaran Aktif di Institusi Pendidikan Kejuruan Menengah. Jurnal Mentari Manajemen Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(2), 142-153. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.458

Zuhaida, A. & Yustiana, Y. (2023). Studi Literatur: Pelaksanaan Pelatihan terhadap Profesionalisme Guru Ipa di Indonesia. Jurnal Education and Development, 11(3), 94-99. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.4982

Downloads

Published

2025-09-28

How to Cite

Odja, A. H., Abdjul , T. ., Payu, C. S., Pikoli, M., Yusuf, M. ., Mursalin, Sambel, N. ., Lando, F. F., & Mahmud, A. P. M. . (2025). Edukasi Guru Melalui Transformasi Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal dan Teknologi Digital. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 509–524. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.518

Issue

Section

Articles

Categories