Pelatihan Dalam Membuat Artikel Ilmiah Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.51Keywords:
artikel ilmiah, mahasiswa calon guru, pelatihanAbstract
Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan wawasan kepada mahasiswa terkait sistematika dan proses penulisan artikel ilmiah sehingga diakhir kegiatan terdapat minimal tiga draf artikel yang dapat dihasilkan melalui kegiatan ini. Metode pelaksanaan kegiatan adalah melalui proses pendampingan intensif selama 3 hari dalam bentuk pelatihan dan diikuti oleh 11 orang mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan hasil draf artikel yang telah disusun oleh mahasiswa. Ukuran keberhasilan dari kegiatan ini adalah adanya minimal tiga draf artikel ilmiah yang siap publikasi melalui tiga kali pertemuan formal dengan fasilitator. Selama mengikuti kegiatan pelatihan, mahasiswa sangat berusaha dalam melengkapi, menyusun dan menulis semua komponen artikel ilmiah sampai akhirnya dapat menghasilkan draf artikel ilmiah secara individu dan berkelompok. Luaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya draf artikel ilmiah lengkap yang telah dihasilkan oleh peserta dimana terdapat delapan draf artikel yang berhasil diselesaikan oleh peserta baik secara individu maupun berpasangan dan siap dipublikasikan pada kegiatan konferensi.
Downloads
References
Alwi, N. M. (2021). Sosialisasi Teknik Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Untuk Mengembangkan Keterampilan Menulis Peserta Didik. Al-Khidmat, 4(2), 113-120.
Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 400-407.
Farid, M. (2017). Menulis Artikel Ilmiah: Proses Menemukan Ide Hingga Publikasi. Skripsi: Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/10416/
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135.
Heriyudananta, M. (2021). Analisis kompetensi menulis karya tulis ilmiah mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47-55.
Hidayah, R., Maharani, D.K., & Muchlis. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Kimia SMA Di MGMP Kimia SMA Kabupaten Kediri. Jurnal ABDI, 5(2), 107-110.
Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12-20.
Jumono, S., Handayani, S., Abdurrahman, A., dan Mala, C.M.F. (2021). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Jakarta. Smeinar Nasional dan Call of Papers Penelitian dan Pengabdian, 129-134.
Khikmah, L., & Kurniawan, E. (2020). Tantangan dalam Penulisan Artikel Abstrak Penelitihan untuk Publikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 267-278.
Kusumawardhani, R., & Prastikawati, E. F. (2012). pelatihan penulisan artikel ilmiah guru bahasa Inggris SMA di kota Semarang (sebagai pencapaian KEPMENPAN nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya). E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 39-45.
Lawelai, H., Sadat, A., Suherman, A., Maulana, H. F., & Nazar, A. (2022). Pelatihan Parafrase Untuk Pencegahan Plagiasi Pada Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Journal of Community Empowerment, 1(1), 19-23.
Marwa, M., & Dinata, M. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 71-82.
Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-23.
Prihantini, F. N., & Indudewi, D. (2017). Kesadaran dan Perilaku Plagiarisme dikalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Semarang). Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1), 68-75.
Rofiqo, N., Windarto, A. P., & Wanto, A. (2018). Penerapan Metode VIKOR Pada Faktor Penyebab Rendahnya Minat Mahasiswa Dalam Menulis Artikel Ilmiah. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI), 228-237.
Safitri, B. R. A., Pahriah, P., Hatimah, H., Indah, D. R., & Suryati, S. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Undikma. Abdi Masyarakat, 3(2), 41-44.
Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya tulis ilmiah bagi mahasiswa stkip andi matappa kabupaten pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39-43.
Sardila, V. (2015). Strategi pengembangan linguistik terapan melalui kemampuan menulis biografi dan autobiografi: sebuah upaya membangun keterampilan menulis kreatif mahasiswa. An-Nida', 40(2), 110-117.
Setiaji, A. B., & Mursalin, E. (2021). Scientific Writing Training for IAIN Ambon Students. Mangente: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25-37.
Silaswati, D. (2018). Pentingnya penentuan topik dalam penulisan karya ilmiah pada bidang ilmu akuntansi. AKURAT| Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 9(1), 81-88.
Wardani, K., & Azizah, D. M. (2018). Optimalisasi penulisan karya tulis ilmiah pada guru sd negeri jetis 2 yogyakarta. Abdimas Dewantara, 1(1), 77-86.
Utami, S. D., Primawati, S. N., Fitriani, H., Harisanti, B. M., & Royani, I. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Mataram. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 28-33.
Wiyaka, W., Saputro, B. A., & Prastikawati, E. F. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Nasional bagi Guru SMA di Kota Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(1), 192-200.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Baiq Rika Ayu Febrilia, Anna Apriana Hidayanti, Eka Nurminda Dewi Mandalika, Idiatul Fitri Danasari, Ni Made Nike Zeamita Widiyanti, Rifani Nur Sindy Setiawan, Sri Mulyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.