Teknik Pengembangan Jaringan Konsep Model Weeb Bagi Guru - Guru Di Sekolah Dasar

Authors

  • Amir Pada Universitas Negeri Makassar
  • Hamzah Pagarra Universitas Halu Oleo
  • Muhammad irfan Universitas Negeri Makassar
  • Ahmad Syawaluddin Universitas Negeri Makassar
  • Lutfi B Universitas Negeri Makassar
  • Nasaruddin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.50

Keywords:

model weeb, peta konsep, teknik pengembangan jaringan konsep

Abstract

Kegiatan Pengabdian  masyarakat ini  bertujuan untuk (1) memberikan pemahaman tentang teknik mengembangkan jaringan konsep Model Webb Bagi Guru-Guru di Sekolah Dasar; (2) memberikan bimbingan  penggunaan Jaringan  topik terhadap  materi pelajaran di SD; dan (3) meningkatkan kemapuan penguasaan materi materi pelajaran di SD. Target khusus yang ingin dicapai adalah (1) menambah pengetahuan dan keterampilan serta kreativitas guru - guru SD dalam  membuat jaringan topik/konsep untuk mendorong  penguasaan materi pelajaran; (2) mengembangkan  teknik penguasaan materi bagi Guru; serta (3) teratasinya kesulitan penguasaan materi pelajaran di SD. Metode dan pendekatan yang digunakan yaitu: metode ceramah bervariasi, demonstrasi, dan pemberian tugas. Hasil pembimbingan pada kegiatan ini menunjukkan bahwa Guru-guru Sekolah Dasar sangat antusias mengikuti kegiatan. Kreaktivitas menyelesaikan tugas membuat pemetaan jaringan topik sangat tinggi sehingga pemahaman guru-guru menghubungkan satu topik dengan topik lain sangat berkorelasi dengan penguasaan materi pelajaran.

References

Akrim, Nurzannah, & Ginting, N. (2018). Pengem bangan Program Pembelajaran Tematik TerpaduBagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 103-111. http://dx.doi.org/10.30596%2Fjp.v2i2.2462

Amarila, R. S., Habibah, N. A., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Alt Evaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu Model Webbed Tema Lingkungan. Unnes Science Educational Journal, 3(2), 563-569. http://journal.unnes.ac.id/sju/index. php/usej

Armadi, A., & Astuti, Y. P. (2018). Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 185–195. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3282

Dewi, I. Y. M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Fokus IPA Dengan Tema “Masyarakat Taneyan Lanjhang” Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumenep. JRPD: Jurnal Review Pendidikan Dasar, 3(1), 364-371. http://journal.unesa.ac.id/ index.php/PD

Fanani, A. (2017). Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar. DOI: doi.org/10. 21009/JPD.091.01

Magsino, R. M. (2014). Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class through Problem BAsed Learning. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 2(5), 1-6. | www.apjmr.com

Marzuki. (2017). Pembelajaran Tematik Model Webbed Berbasis Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Di SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 159–168. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p159

Pada, A. (2021). Teknik Pengembangan Jaringan Topik Model Webbed bagi Mahasiswa PGSD FIP UNM pada Mata Kuliah Pendidikan IPS.

Restiani, S., Agutina, R., Rahman, J., Ananda, R., & Witarsa, R. (2022). Standar Proses Pendidikan Nasional: Implementasi Dan Analisis Terhadap Komponen Guru Matematika Di SD Muhammadiyah 027 Batubelah. MASALIQ: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(4), 489-504. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/ masaliq

Siregar, P. S., Marta, E., Efendi, r., Hasrija, & Sari, N. T. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik dalam Pencapaian Standar Proses Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 540-551. https://doi.org/10.31004/ basicedu.v6il.1858

Titik, T. T. (2011). Pembelajaran Tematik terpadu di SD. Jakarta. Presasi Pustaka

Trianto. (2011). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta. Presasi Pustaka

Wahyuni, E., Dageng, I. N. S., & Sito,pul, N. C. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Pendamping Guru dengan Model Webbed untuk Sekolah Dasar Kelas 2. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendiidkan, 3(2), 105-112. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/5084

Wali, M., Mbabho, F., & Pali, A. (2020). Pembelajaran Terpadi Tipe Webbed Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 404-411. https://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/IJPGSD

Wijayanti, H., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Learning pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendiidkan, 6(1), 26-35. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/13602

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Pada , A. ., Pagarra , H. ., irfan , M. ., Syawaluddin, A. . ., Lutfi B, & Nasaruddin. (2022). Teknik Pengembangan Jaringan Konsep Model Weeb Bagi Guru - Guru Di Sekolah Dasar. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 76–80. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.50