Pendampingan Pembelajaran General English Kejar Paket C di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan

Authors

  • Eka Margianti Sagimin Universitas Pamulang
  • Dwi Rahayu Universitas Pamulang
  • Ni Komang Ariani Universitas Pamulang
  • Shinta Aziez Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.5

Keywords:

bahasa inggris, kejar paket c, pelatihan

Abstract

PkM ini bertujuan memberikan pelatihan bahasa Inggris melalui kejar paket C bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Bandung dengan tujuan mengikuti ujian kejar paket C dan lulus setara dengan jenjang Sekolah Menengah Akhir. Diantara warga binaan pada lapas tersebut, terdapat binaan yang berada pada rentang usia produktif di antara 18-20 tahun yang telah putus sekolah menengah atas. Metode yang digunakan adalah 1) pelatihan bahasa Inggris dengan menggunakan silabus kejar paket C sesuai website Departemen Pendidikan dan Kebudayaan sehingga sesuai dengan kebutuhan warga lapas 2) Mock-test atau latihan ujian yang diberikan untuk mengukur hasil belajar warga lapas yang ikut pelatihan. Pelatihan diberikan selama dua bulan dengan hasil sebagai berikut: 1) peserta pelatihan mendapatkan bekal ilmu bahasa Inggris untuk mengikuti ujian kejar paket C, 2) Peserta pelatihan mendapatkan prediksi nilai ujian sebagai tolak ukur keberhasilan pada ujian kejar paket C sesungguhnya.  

References

Agustinawati, R. (2020). Modul Tema 13: A Picture Speaks Louder Than A Word. Jakarta: Kemdikbud

Agustinawati, R. (2020). Modul Tema 12: It’s A Good Job. Jakarta: Kemdikbud

Agustinawati, R. (2020). Modul Tema 11 With My Pleasure. Jakarta: Kemdikbud

Dahlan. (2003). Kamus Induk Istilah Ilmiah Seri Intelectual. Surabaya: Target Press

Haager, D., J. K., & Aceves, T. C. (2010). How to teach English language learners. Effective strategies from outstanding educators. CA: Josey-Bass Wiley Imprint.

Harmer, J. (2007). How to teach English. Edinburgh Gate: Pearson Education Limited

Mahmud, Murni, & Sahril. (2017). Pengajaran Bahasa inggris dalam perspektif jender. Gerbang Visual.

Nur'Aini, I., Utami, P. D. T., & Naima, L. N. (2022). Pelatihan Berbicara Bahasa Inggris bagi Santri di Pakisaji, Kab. Malang. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 445-454. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i4.177

Sudarsono, A., Nuryani, Y., Oktavianti, N., Nariah, N., & Nuraldy, H. L. (2021). Pengembangan Skill Public Speaking Bagi Warga Kampung Ekowisata Keranggan. DEDIKASI PKM, 3(1),7-12. http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14600

Tamrin, A. F., & Yanti, Y. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1673

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan Pasal 2 Kementrian Hukum dan Ham. https://kemenkum ham.go.id/

Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. https://kemenkum ham.go.id

Wasti, R. M. (2019). Women in Detention: Memahami Hak dan Tanggung Jawab Negara. Retrieved October 18, 2021 from https://www.hukumonline.com/ berita/a/women-in-detention-memaha mi-hak-dan-tanggung-jawab-negara-lt5c7d10fcd07f3

Yuniarti. (2020). Modul Tema 14: Bad News Is A Good News. Jakarta: Kemdikbud

Yuniarti. (2020). Modul Tema 15: Manual and Tips. Jakarta: Kemdikbud

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Sagimin , E. M., Rahayu , D. ., Ariani , N. K. ., & Aziez , S. . (2022). Pendampingan Pembelajaran General English Kejar Paket C di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 91–99. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.5