Pelatihan Rekonstruksi Pembelajaran Melalui Penerapan Model REACT
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.49Keywords:
model react, rekonstruksi pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaranAbstract
Pelatihan Rekonstruksi Pembelajaran Matematika dan IPA Melalui Penerapan Model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) bagi Guru SMP Negeri 9 Kendari bertujuan untuk: (1) memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada peserta pelatihan tentang rekonstruksi pembelajaran yang berorientasi kepada peserta didik sebagai pusat pembelajaran (students as learning centers); (2) meningkatkan keterampilan peserta pelatihan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis model REACT; (3) meningkatkan keterampilan peserta pelatihan dalam menerapkan model REACT pada pembelajaran matematika dan IPA. Khalayak sasaran kegiatan pelatihan ini adalah guru SMP Negeri 9 Kendari yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 guru matematika dan 10 guru IPA. Metode yang digunakan adalah: ceramah, presentasi, diskusi, dan penugasan. Hasil kegiatan ini adalah tersusunnya RPP yang didesain menggunakan model REACT untuk pembelajaran matematika dan pembelajaran IPA, yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran oleh guru matematika dan guru IPA di SMP Negeri 9 Kendari.
Downloads
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Afrianto. (2018). Being a professional teacher in the era of industrial revolution 4.0: opportunities, challenges and strategies for innovative classroom practices. English Language Teaching and Research, 2(1), 1-13.
Arifin, A. T., Kartono, K., & Sutarto, H. (2014). Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 91-98.
Fitriana, S. (2019). Konsep Kepribadian Guru Menurut Zakiah Darajat: PONOROGO PASCASARJANA.
Fitriani, D., & Andriani, L. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Model Pembelajaran REACT Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Siswa MTs Kabupaten Kampar. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 79-88.
Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers ’ Conceptions of Mathematical Literacy To cite this article : Secondary Mathematics Teachers ’ Conceptions of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222-237.
Hasanah, N., Buchori, A., Prasetyowati, D., & Nursyahidah, F. (2019). Efektivitas model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dan reciprocal teaching berbantuan game edukasi. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 92-101. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.17157
Jorgensen, R., Lamb, J., & Larkin, K. (2016). Middle Leadership: Critical Variables in Building and Implementing Digital Reforms in Primary Mathematics Education. Mathematics Education Research Group of …, 368-375. https://eric.ed.gov/?id=ED572395
Kusumaningsih, W., Sutrisno, S., & Hidayah, F. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Savi dan React Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 197-206. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.763
Kusumawati, E., & Dwi Rizki, N. (2014). Pembelajaran Matematika Melalui Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 260-270. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2.621
Mahendra, M., & Sari, N. K. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengkonstruksi Self Esteem Melalui Perilaku Kindergym. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(September), 278-286.
Nuari, L. F., Prahmana, R. C. I., & Fatmawati, I. (2019). Learning of division operation for mental retardations’ student through math gasing. Journal on Mathematics Education, 10(1), 127-142. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.6913.127-142
Sapto, A. D., Suyitno, H., & Susilo, B. E. (2015). Keefektifan Pembelajaran Strategi React Dengan Model Sscs Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Percaya Diri Siswa Kelas Viii. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3), 223-229. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9049
Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Pada Pelajaran Pkn Sd Negeri 09 Kabawetan. Jurnal PGSD, 10(2), 66-72. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Busnawir, Zamsir, Kodirun, Fahyuddin, Arisona
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.