Pelatihan Rekonstruksi Pembelajaran Melalui Penerapan Model REACT

Authors

  • Busnawir Universitas Halu Oleo
  • Zamsir Universitas Halu Oleo
  • Kodirun Universitas Halu Oleo
  • Fahyuddin Universitas Halu Oleo
  • Arisona Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.49

Keywords:

model react, rekonstruksi pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran

Abstract

Pelatihan Rekonstruksi Pembelajaran Matematika dan IPA Melalui Penerapan Model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) bagi Guru SMP Negeri 9 Kendari bertujuan untuk: (1) memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada peserta pelatihan tentang rekonstruksi pembelajaran yang berorientasi kepada peserta didik sebagai pusat pembelajaran (students as learning centers); (2) meningkatkan keterampilan peserta pelatihan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis model REACT; (3) meningkatkan keterampilan peserta pelatihan dalam menerapkan model REACT pada pembelajaran matematika dan IPA. Khalayak sasaran kegiatan pelatihan ini adalah guru SMP Negeri 9 Kendari yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 guru matematika dan 10 guru IPA. Metode  yang  digunakan  adalah:  ceramah,  presentasi, diskusi, dan penugasan. Hasil kegiatan ini adalah tersusunnya RPP yang didesain menggunakan model REACT untuk pembelajaran matematika dan pembelajaran IPA, yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran oleh guru matematika dan guru IPA di SMP Negeri 9 Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Afrianto. (2018). Being a professional teacher in the era of industrial revolution 4.0: opportunities, challenges and strategies for innovative classroom practices. English Language Teaching and Research, 2(1), 1-13.

Arifin, A. T., Kartono, K., & Sutarto, H. (2014). Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 91-98.

Fitriana, S. (2019). Konsep Kepribadian Guru Menurut Zakiah Darajat: PONOROGO PASCASARJANA.

Fitriani, D., & Andriani, L. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Model Pembelajaran REACT Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Siswa MTs Kabupaten Kampar. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 79-88.

Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers ’ Conceptions of Mathematical Literacy To cite this article : Secondary Mathematics Teachers ’ Conceptions of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222-237.

Hasanah, N., Buchori, A., Prasetyowati, D., & Nursyahidah, F. (2019). Efektivitas model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dan reciprocal teaching berbantuan game edukasi. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 92-101. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.17157

Jorgensen, R., Lamb, J., & Larkin, K. (2016). Middle Leadership: Critical Variables in Building and Implementing Digital Reforms in Primary Mathematics Education. Mathematics Education Research Group of …, 368-375. https://eric.ed.gov/?id=ED572395

Kusumaningsih, W., Sutrisno, S., & Hidayah, F. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Savi dan React Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 197-206. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.763

Kusumawati, E., & Dwi Rizki, N. (2014). Pembelajaran Matematika Melalui Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 260-270. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2.621

Mahendra, M., & Sari, N. K. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengkonstruksi Self Esteem Melalui Perilaku Kindergym. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(September), 278-286.

Nuari, L. F., Prahmana, R. C. I., & Fatmawati, I. (2019). Learning of division operation for mental retardations’ student through math gasing. Journal on Mathematics Education, 10(1), 127-142. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.6913.127-142

Sapto, A. D., Suyitno, H., & Susilo, B. E. (2015). Keefektifan Pembelajaran Strategi React Dengan Model Sscs Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Percaya Diri Siswa Kelas Viii. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3), 223-229. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9049

Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Pada Pelajaran Pkn Sd Negeri 09 Kabawetan. Jurnal PGSD, 10(2), 66-72. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Busnawir, Zamsir, Kodirun, Fahyuddin, & Arisona. (2023). Pelatihan Rekonstruksi Pembelajaran Melalui Penerapan Model REACT . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 167–175. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.49