Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pemahaman Makna Filosofis Tenun dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Kreatif

Authors

  • Alias Universitas Halu Oleo
  • Hermina Universitas Halu Oleo
  • Sarman Universitas Halu OLeo
  • Muhamad Ifaldin Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Siti Ramadani Universitas Halu Oleo
  • Ahmat Keke Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.481

Keywords:

ekonomi kreatif, filosofi tenun, makna, pemberdayaan masyarakat, tenun tradisional

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan sebagai respon atas rendahnya pemahaman penenun lokal terhadap makna filosofis simbol dalam motif tenun tradisional yang berdampak pada lemahnya narasi budaya dan daya saing produk ekonomi kreatif. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkuat pemahaman makna filosofis kelompok Dasawisma Ar-Rahman di Desa Lanto terhadap simbol-simbol tenun sekaligus mendorong pemanfaatannya dalam strategi peningkatan nilai jual produk. Kegiatan dilakukan melalui pendekatan partisipatif selama satu bulan dengan tahapan pelatihan, diskusi reflektif, penyusunan narasi produk, dan pendampingan promosi berbasis storytelling. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan rata-rata pemahaman peserta dari 41,8% menjadi 85,8%. Selain itu, peserta mulai menyusun narasi produk yang mencerminkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. Kesimpulannya, penguatan pemahaman simbolis tenun mampu mendorong revitalisasi budaya lokal dan menjadi strategi efektif dalam pengembangan ekonomi kreatif berbasis identitas budaya. Model kegiatan ini berpotensi direplikasi pada komunitas lain dengan karakteristik budaya serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnanti, W. A., & Widiastuti, W. (2024). Sosialisasi Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Lokal bagi Karang Taruna Karangtempel. Bumi : Jurnal Hasil Kegiatan Sosialisasi Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 98-104. https://doi.org/10.61132/bumi.v2i1.46

Amory, J. D. S. (2024). Creative Economy as a Catalyst for Change: A New Strategy to Alleviate Rural Poverty. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(5), 2732-2746. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i5.2189

Aziz, A. A. (2018). Malay Songket: Its Philosophical Symbol and Meaning. Proceedings of the Art and Design International Conference (AnDIC 2016), 463-473. https://doi.org/10.1007/978-981-13-0487-3_51

Darmawati, D. M., Safahi, L., Azhar, E., Alimudin, M., & Busyra, N. (2025). Improving The Creative Economy through Training in Making Aloe Vera Dish Liquid Soap with Participatory Rural Appraisal Method. TAAWUN, 5(1), 16-30. https://doi.org/10.37850/taawun.v5i01.810

Ferreira, A. R., Afonso, H., Mello, J. A., & Amaral, R. (2023). Creative Economy and the Quintuple Helix Innovation Model: A Critical Factors Study in The Context of Regional Development. Creativity Studies, 16(1), 158-177. https://doi.org/10.3846/cs.2023.15709

Foreword. (2022). Culture and the Creative Economy in Colombia. Retrieved from https://doi.org/10.1787/1d72d8f9-en

Hidayani, N. (2024). Cultural Heritage Preservation: The Art Oo Traditional Weaving is Applied Not Only in Clothing. Jurnal Impresi Indonesia, 3(2), 128-138. https://doi.org/10.58344/jii.v3i2.4636

Hussain, A., Sameena, S., Khan, A. A., & Ain, N. (2024). The Impact of Cultural Globalization and Western Media Advertisement: The Case of Indian Weaving Crafts. İzmir Sosyal Bilimler Dergisi, 6(1), 21-30. https://doi.org/10.47899/ijss.1430470

Ibrahim, I., Sahidin, L. O., Syukur, L. O., Alias., Zulzaman, L. O. A., Sofian, N. I., Haris, A. P., & Muda, E. B. (2025). Penguatan Literasi dan Seni Budaya Berbasis Pertunjukan Puisi bagi Anak-Anak Komunitas the La Malonda Institute. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 380-388. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.347

Intan, A. N., Retu, M. K., Sedu, V. A., & Mustafa, I. (2024). Komunikasi Pemasaran Kriya Tenun Ikat sebagai Pendukung Keberlanjutan Indikator Pariwisata Di Kabupaten Sikka. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 4(4), 498-503. https://doi.org/10.51878/cendekia.v4i4.3851

Januarti, J., & Wempi, J. A. (2019). Makna Tenun Ikat Dayak Sintang Ditinjau dari Teori Semiotika Sosial Theo Van Leeuwen. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(1), 73-102. https://doi.org/10.30813/bricolage.v5i01.1743

Jimad, H., Roslina, R., Syarif, Y. A., & Wahono, E. P. (2022). Pembinaan Potensi Ekonomi Kreatif melalui Pendekatan Kelembagaan. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi, 1(2), 61-67. https://doi.org/10.35912/jpe.v1i2.760

Kurniawan, V. R. B., Ma’arif, S., Irawan, B., Priyanto, A., Puspitasari, F. H., & Bashir, S. (2024). Designing a Production System for Woven ‘Stagen’ Products: a Community Service Practice in a Weaving Community. Asian Journal of Community Services, 3(1), 107-116. https://doi.org/10.55927/ajcs.v3i1.7837

Lieres, J. S. V., Sretha, A. M., Kumar, M. N., Velayudhan, N. K., Devidas, A. R., & Ramesh, M. V. (2025). Promoting Water-Sustainability: A Participatory Co-Design Approach for Addressing Water-Supply Challenges in Urban Kerala, India. Journal of Urban Management, 1-23. https://doi.org/10.1016/j.jum.2025.06.005

Lorusso, A. M. (2015). Cultural Semiotics. Palgrave Macmillan: New York.

Mickov, B. (2022). The Cultural Sector and Sustainable Economic Development. Routledge: London.

Morabito, J. P. (2022). Weaving Beyond the Binary. TEXTILE, 20(4), 424-438. https://doi.org/10.1080/14759756.2022.2046365

Muslim, A. (2007). Pendekatan Partisipatif dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 8(2), 89-103. https://doi.org/10.1177/0734282911435461

Novita, D., Ali, M., & Da’im, S. (2023). Pengembangan Produk Lokal sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 323-331. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.374

Putranto, J. H., & Kusumaningtyas, M. (2024). Local Creativity and Economic Growth: Creative Economic Potential in Developing Village Tourism Area. World Journal of Advanced Research and Reviews, 21(1), 2830-2838. https://doi.org/10.30574/wjarr.2024.21.1.0298

Rodliyah, S. (2024). NTT Ikat Woven Cloths: Weaving Tradition, Motifs and their Symbolic Meanings. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 26(1), 35-41. https://doi.org/10.25077/jantro.v26.n1.p35-41.2024

Rozari, P. E. D. R., Polinggomang, Y., & Fanggidae, A. H. J. (2024). Sustainable Ecotourism and Creative Economy Development Model with Local Wisdom Perspective. Journal of Tourism Economics and Policy, 4(4), 388-404. https://doi.org/10.38142/jtep.v4i4.1124

Rusmaniah, R., Nugroho, D. A., Indriyani, P. D., & Putra, M. A. H. (2022). Partisipasi Perajin dalam Pengembangan Seni Kerajinan Anyaman di Kampung Purun Berbasis Kearifan Lokal. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.29407/pn.v8i1.18451

Sabur, M. (2025). The Role of Cultural Marketing in Promoting Local Products to International Markets: A Case Study in Indonesia. International Journal of Social and Human, 2(1), 10-18. https://doi.org/10.59613/b410w756

Suprayitno, S., & Ariesta, I. (2014). Makna Simbolik Dibalik Kain Lurik Solo-Yogyakarta. Humaniora, 5(2), 842-851. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3150

Tarifu, L., Rizal, R., Sartono, S., Jopang, J., Bakti, B., Patola, R. D., Dewi, R. S., Chaisarah, R. A., & Yolita, V. R. (2023). Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan dari Benang Macrame yang Bernilai Ekonomis pada Siswa SDIT Insantama Kendari. Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 11-19. https://doi.org/10.33772/jpnus.v3i1.29578

Tristantie, N. (2017). Transformation of Ulos as Creative Textiles For Fashion Design Learning. Proceedings of the International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT 2017), 68-71. https://doi.org/10.2991/ictvt-17.2017.13

Utami, L. A., Mohan, U., & Sumarlin, R. (2025). Gringsing Textiles as Cultural Archives: Designing Story-Making Tools for Conservation. KnE Social Sciences, 10(2), 104-117. https://doi.org/10.18502/kss.v10i2.17883

Yijing, C., & Sharudin, S. A. (2023). The Integration of Traditional Symbols and Modern Product Design: Cultural Inheritance and Innovation. Global Journal of Emerging Science, Engineering & Technology, 1(1), 19-25. https://doi.org/10.56225/gjeset.v1i1.17

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Alias, A., Hermina, S., Sarman, S., Ifaldin, M., Ramadani, W. O. S., & Keke, A. (2025). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pemahaman Makna Filosofis Tenun dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Kreatif. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 806–816. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.481

Issue

Section

Articles

Categories