Kompetensi Jurnalistik Dasar dan Produksi Media Publikasi Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.471Keywords:
digital, jurnalistik, kompetensi, publikasi, sekolahAbstract
Salah satu jenis media yang sering menjadi sarana unjuk kreativitas dan kompetensi menulis siswa SMA adalah Majalah Dinding. Konten majalah dinding di sekolah terdiri dari berita aktivitas sekolah dan berita yang menunjang, informasi hiburan, karya sastra puisi dan prosa serta karya kreativitas lainnya. Sementara mitra SMA Muhammadiyah Kupang sendiri belum memiliki media publikasi sekolah berupa Majalah Dinding. Sehingga tim PKM bermaksud memberikan pelatihan kompetensi jurnalistik dasar berbasis digital sehingga dapat menunjang mitra siswa setempat memproduksi berbagai karya publikatif di Majalah Dinding sekolah. Metode kegiatan terdiri dari pemberian materi dan praktikum yang difasilitasi oleh 2 narasumber yang berkompeten di bidang jurnalistik maupun multimedia. Kegiatan pengabdian ini telah terlaksana dengan baik dan sesuai jadwal hingga rampung. Luaran substansial pengabdian ini berupa adanya peningkatan kompetensi jurnalistik dasar di kalangan siswa berupa kemampuan membuat media publikasi sekolah dalam bentuk Majalah Dinding. Hasil evaluasi menunjukan peningkatan kompetensi jurnalistik peserta mencapai 28,39% dan kecakapan digital sebesar 5,94%. Melalui kegiatan ini kompetensi siswa dapat ditingkatkan sehingga dapat menghasilkan karya-karya jurnalistik dasar pada majalah dinding sekolah.
Downloads
References
Abdillah, L. A., HS, S., Muniarty, P., Nanda, I., Retnandari, S. D., Wulandari, Prasetyo, A. H., Sinambela, S., Mansur, Aulia, T. Z., Hamzah, A., Firmansyah, H., Andari, S., Rismadi, B., Purba, S., Gazi, & Sina, I. (2021). Metode Penelitian & Analisis Data Comprehensive. Penerbit Insania: Cirebon.
Alkamilah, N. S., & Nisa, L. A. K. (2023). Penggunaan Media Mading (Majalah Dinding) pada Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD Miftahul Ulum. EL-Muhbib :Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2), 147-158. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.52266/
Amelia, M., Amelia, M., & Siregar, H. (2024). Pembuatan Majalah Dinding (Mading) Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Dan Kreativitas Peserta Didik Di Sanggar Kegiatan Belajar (Skb) Kabupaten Pandeglang. Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia SEAN (ABDIMAS SEAN), 2(1), 28-34. https://doi.org/10.58471/abdimassean.v2i01.392
Arfiyanti, R., Syihabuddin, M., Damaianti, V. S., & Anshori, D. (2018). Construction of the Language and the Structure of News Text in Blog. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR). 228, 166-173. https://doi.org/10.2991/klua-18.2018.25
Astuti, J. W. T. (2024). Pengembangan Keterampilan Digital untuk Menciptakan Inovasi dan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(1), 1114-1126. https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i01.6217
Asyura, M., Effendy, C., & Martono. (2014). Makna dan Fungsi Humor dalam Kumpulan Cerita Abu Nawas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(4), 1-15. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5410
Awdziej, M., Jaciow, M., Lipowski, M., Tkaczyk, J., & Wolny, R. (2023). Students Digital Maturity and Its Implications for Sustainable Behavior. Sustainability, 15(9), 1-22. https://doi.org/10.3390/su15097269
Budiarto, A., Aninstya, M. R., & Ariyanto, T. (2023). Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Cuci Tangan Enam Langkah WHO Siswa SD Negeri 1 Iroyudan: Studi One Group Pretest-Posttest. Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, Dan Teknologi Tepat Guna, 1(2), 181-191. https://doi.org/10.22146/parikesit.v1i2.9551
Bresciani, S. (2019). Visual Design Thinking: A Collaborative Dimensions framework to profile visualisations. Design Studies, 63, 92-124. https://doi.org/10.1016/j.destud.2019.04.001
Daffa, F. M., Maharani., Basri, S., & Rusman. (2024). Pelatihan Jurnalistik sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi bagi Siswa-Siswi Di SMKS PGRI Enrekang. Jurnal Lepa-Lepa Open, 4(5), 1-7.
Darmanto, N., & Delliana, S. (2020). Citizen Journalism as Postmodern Journalism. Jurnal Ilmiah Publipreneur, 5(1), 13-27. https://doi.org/10.46961/jip.v5i1.60
Dewi, M. I., Cahyo, H., & Sutrimah, S. (2025). Analisis Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa pada Model Pembelajaran Project Based Learning. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 323-337. https://doi.org/10.62383/edukasi.v2i2.1523
Firmstone, J. (2019). Editorial Journalism and Newspapers’ Editorial Opinions. Oxford Research Encyclopedia of Communication, 1-24. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190228613.013.803
Gani, R. H. ., Supratmi, N., Ernawati, T., & WIjaya, H. (2024). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa, Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen, serta Menumbuhkan Minat Baca san Tulis. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(2), 106-119. https://doi.org/10.37905/ljpmt.v3i2.24904
Heitmayer, M., & Schimmelpfennig, R. (2024). Netiquette as Digital Social Norms. International Journal of Human Computer Interaction, 40(13), 3334-3354. https://doi.org/10.1080/10447318.2023.2188534
Muflikhun, M. N., Febrianto, R., Syailendra, D., Wibawa, B. B., Setiawan, A. N., & Rahmah, H. (2023). Peningkatan Skill Editing Foto & Video melalui Pelatihan Pengenalan Aplikasi Editing pada Siswa Kelas X. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 89-102. https://doi.org/10.32665/mafaza.v3i2.1720
Pagarra, H., Misi, Y., Kadiaman, A., Muhardam., Auliyah, M. A., Muttaqin, M. A., Sulaiman., & Ismail. (2023). Pengelolaan Majalah Dinding di Sekolah untuk Memudahkan Siswa Mendapatkan Informasi dan Menjadi Sarana Siswa untuk Berkreasi. Jurnal Lepa-Lepa Open, 3(5).840-846.
Park, E. J., & Kim, M. J. (2021). Visual Communication for Students’ Creative Thinking in the Design Studio: Translating Filmic Spaces into Spatial Design. Buildings, 11(3), 1-18. https://doi.org/10.3390/buildings11030091
Prabawati, R. L., & Dawud. (2019). Karakteristik Argumentasi dalam Opini di Media Online. Basindo, 3(2), 2224-336.
Rusadi, U. (2013). Kompetensi Jurnalis Sebagai Aktor dalam Produksi Berita Media Multiplatform. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 16(2), 11-122. https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160202
Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 1(3), 163-218.
Spante, M., Hashemi, S. S., Lundin, M., & Algers, A. (2018). Digital Competence And Digital Literacy In Higher Education Research: Systematic Review Of Concept Use. Cogent Education, 5(1), 1-22. https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1519143
Susanto, A. A. (2017). Fotografi adalah Seni: Sanggahan terhadap Analisis Roger Scruton mengenai Keabsahan Nilai Seni dari Sebuah Foto. Journal of Urban Society’s Arts, 4(1), 49-60. https://doi.org/10.24821/jousa.v4i1.1484
Syam, S., Hermuttaqien, B. P. F., Karen, K., Fahira, A., Syamsul, N., Syam, D. M., Rassang, D. N., & Suprianto, S. (2023). Revitalisasi Majalah Dinding Sebagai Media Informasi Dan Kreatifitas Siswa Pada SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal Lepa-Lepa Open, 3(2), 224-229.
Wardiah, D. (2017). Peran Storytelling Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis, Minat Membaca Dan Kecerdasan Emosional Siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 42-56. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1236
Wismanto, A., Asropah, A., & Arifin, Z. (2023). The Contribution of Journalistic Knowledge to Students’ Skills in Writing News: A Study of Correlational Analysis. Journal of Languages and Language Teaching, 11(4), 774-785. https://doi.org/10.33394/jollt.v11i4.8769
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Monika Wutun, Emanuel Sowe Leuape, Fitria Titi Meilawati, Benediktus Hayono Lawe Openg

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






