Pelatihan Pembelajaran Blended Learning Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Amiruddin B Universitas Halu Oleo
  • Muh. Yasin Universitas Halu Oleo
  • La Rabani Universitas Halu Oleo
  • La Ode Kaimudin Universitas Halu Oleo
  • Sakka Hasan Universitas Halu Oleo
  • Yoo Eka Yana Kansil Universitas Halu Oleo
  • Mansyur M Universitas Halu Oleo
  • Lisnawati Rusmin Universitas Halu Oleo
  • Sarnely Uge Universitas Halu Oleo
  • Mustika Kurniasari Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.47

Keywords:

blended learning, google classroom, telegram

Abstract

Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberian pelatihan pembelajaran Blended Learning bagi guru-guru Sekolah Dasar untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru dalam mengimplementasikan Blended Learning yakni Google Classroom dan Telegram di pembelajaran Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah bentuk Workshop yang dilaksanakan dengan cara face to face. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi tiga tahap yakni tahap pemberian materi, praktek, dan pendampingan secara langsung. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian ini menujukkan bahwa peserta pelatihan menguasai dengan baik materi yang disampaikan sehingga mereka dapat mengimplementasikan Blended Learning secara mandiri di kelas masing-masing. Pelatihan ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru dalam mengimplementasikan Blended Learning di pembelajaran Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8629

Fahana, J., Umar, R., & Ridho, F. (2017). Pemanfaatan Telegram Sebagai Notifikasi Serangan untuk Keperluan Forensik Jaringan. Jurnal Sistem Informasi, 5341(6), 6–14.

Gan, B., Menkhoff, T., & Smith, R. (2015). Enhancing students’ learning process through interactive digital media: New opportunities for collaborative learning. Computers in Human Behavior, 51(10), 652–663. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.12.048

Iftakhar, S. (2018). Google Classroom. Google Tools Meets Middle School, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.4135/9781506360188.n3

Irawan, E. (2019). Digitalisasi Madrasah di Era Revolusi Industri 4.0: Refleksi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Ponorogo. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 160. https://doi.org/10.26877/e- dimas.v10i2.3229

Lin, Q., Yin, Y., Tang, X., Hadad, R., & Zhai, X. (2020). Assessing learning in technology-rich maker activities: A systematic review of empirical research. Computers and Education, 157(11), 1–62. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.10 3944

Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2339

Martono, & Salam, U. (2017). Students’ learning in asynchronous discussion forums: A meta-analysis. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 3(1), 48–60. https://doi.org/doi:10.4018/IJICTE.201701 0105

Munzadi, M. (2018). Pengaruh Blended Learning Berbasis Rotation Model Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Ma Matholiul Anwar Lamongan. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6(3), 125–132. https://doi.org/10.23887/jjpg.v6i3.20699

Ningsih, Y. L., Misdalina, M., & Marhamah, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 155. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1633

Okmawati, M. (2020). The Use of Google Classroom during Pandemic. Journal of English Language Teaching, 9(2), 438–443. https://doi.org/10.24036/jelt.v9i2.109293

Sa’adiyah, H., Doni, S., & Syamsir, S. (2020). Pemanfaatan Telegram Bot Untuk Pemenuhan Kebutuhan Informasi Sivitas Akademika UIN Imam Bonjol Padang Selama Pandemi Korona. TADWIN : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 32–43. https://doi.org/10.19109/tadwin.v1i1.5815

Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://doi.org/https;//doi.org/10.31004/bas icedu.v5i4.1137

Setiawan, S., & Poerbosisworo, I. R. (2021). Opportunities for Using Technology Industry 4.0 to Overcome the Negative Effect of he Covid-19 Pandemic Peluang Pemanfaatan Teknologi Industri 4.0 untuk Atasi Dampak Negatif Pandemi Covid-19. Jurnal Pekommas, 6(1), 55–65. https://doi.org/10.30818/jpkm.2021.20603 06

Shaharanee, I. N. M., Jastini Mohd Jamil, & Sarah Syamimi Mohamad Rodzi. (2016). The application of Google Classroom as a tool for teaching and learning. Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering, 8(10), 5–8. doi.org/10.21009/JPD.0102.15.

Soemantri, S. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64–69. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/a ks.v3i.2372

Sudarsana, I. K., Putra, I. B. M. A., Astawa, I. N. T., & Yogantara, I. W. Y. (2019). The use of Google Classroom in the learning process. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1175/1/012165

Vaidya, S., Ambad, P., & Bhosle, S. (2018). Industry 4.0 - A Glimpse. Procedia Manufacturing, 20(3), 233–238. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.02.0 34

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Amiruddin B, Yasin , M. ., Rabani , L. ., Kaimudin , L. O. ., Hasan , S. ., Kansil, Y. E. Y. ., Mansyur M, Rusmin , L. ., Uge , S. ., & Kurniasari , M. . (2023). Pelatihan Pembelajaran Blended Learning Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 253–259. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.47