Pelatihan Pembelajaran Blended Learning Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.47Keywords:
blended learning, google classroom, telegramAbstract
Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberian pelatihan pembelajaran Blended Learning bagi guru-guru Sekolah Dasar untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru dalam mengimplementasikan Blended Learning yakni Google Classroom dan Telegram di pembelajaran Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah bentuk Workshop yang dilaksanakan dengan cara face to face. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi tiga tahap yakni tahap pemberian materi, praktek, dan pendampingan secara langsung. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian ini menujukkan bahwa peserta pelatihan menguasai dengan baik materi yang disampaikan sehingga mereka dapat mengimplementasikan Blended Learning secara mandiri di kelas masing-masing. Pelatihan ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru dalam mengimplementasikan Blended Learning di pembelajaran Sekolah Dasar.
Downloads
References
Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8629
Fahana, J., Umar, R., & Ridho, F. (2017). Pemanfaatan Telegram Sebagai Notifikasi Serangan untuk Keperluan Forensik Jaringan. Jurnal Sistem Informasi, 5341(6), 6–14.
Gan, B., Menkhoff, T., & Smith, R. (2015). Enhancing students’ learning process through interactive digital media: New opportunities for collaborative learning. Computers in Human Behavior, 51(10), 652–663. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.12.048
Iftakhar, S. (2018). Google Classroom. Google Tools Meets Middle School, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.4135/9781506360188.n3
Irawan, E. (2019). Digitalisasi Madrasah di Era Revolusi Industri 4.0: Refleksi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Ponorogo. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 160. https://doi.org/10.26877/e- dimas.v10i2.3229
Lin, Q., Yin, Y., Tang, X., Hadad, R., & Zhai, X. (2020). Assessing learning in technology-rich maker activities: A systematic review of empirical research. Computers and Education, 157(11), 1–62. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.10 3944
Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2339
Martono, & Salam, U. (2017). Students’ learning in asynchronous discussion forums: A meta-analysis. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 3(1), 48–60. https://doi.org/doi:10.4018/IJICTE.201701 0105
Munzadi, M. (2018). Pengaruh Blended Learning Berbasis Rotation Model Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Ma Matholiul Anwar Lamongan. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6(3), 125–132. https://doi.org/10.23887/jjpg.v6i3.20699
Ningsih, Y. L., Misdalina, M., & Marhamah, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 155. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1633
Okmawati, M. (2020). The Use of Google Classroom during Pandemic. Journal of English Language Teaching, 9(2), 438–443. https://doi.org/10.24036/jelt.v9i2.109293
Sa’adiyah, H., Doni, S., & Syamsir, S. (2020). Pemanfaatan Telegram Bot Untuk Pemenuhan Kebutuhan Informasi Sivitas Akademika UIN Imam Bonjol Padang Selama Pandemi Korona. TADWIN : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 32–43. https://doi.org/10.19109/tadwin.v1i1.5815
Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://doi.org/https;//doi.org/10.31004/bas icedu.v5i4.1137
Setiawan, S., & Poerbosisworo, I. R. (2021). Opportunities for Using Technology Industry 4.0 to Overcome the Negative Effect of he Covid-19 Pandemic Peluang Pemanfaatan Teknologi Industri 4.0 untuk Atasi Dampak Negatif Pandemi Covid-19. Jurnal Pekommas, 6(1), 55–65. https://doi.org/10.30818/jpkm.2021.20603 06
Shaharanee, I. N. M., Jastini Mohd Jamil, & Sarah Syamimi Mohamad Rodzi. (2016). The application of Google Classroom as a tool for teaching and learning. Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering, 8(10), 5–8. doi.org/10.21009/JPD.0102.15.
Soemantri, S. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64–69. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/a ks.v3i.2372
Sudarsana, I. K., Putra, I. B. M. A., Astawa, I. N. T., & Yogantara, I. W. Y. (2019). The use of Google Classroom in the learning process. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1175/1/012165
Vaidya, S., Ambad, P., & Bhosle, S. (2018). Industry 4.0 - A Glimpse. Procedia Manufacturing, 20(3), 233–238. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.02.0 34
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amiruddin B, Muh. Yasin , La Rabani , La Ode Kaimudin , Sakka Hasan , Yoo Eka Yana Kansil, Mansyur M, Lisnawati Rusmin , Sarnely Uge , Mustika Kurniasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.