Penerapan Digital Marketing Produk Usaha Rumahan Kelompok Masyarakat Hutan Desa Berbasis Bahan Pangan Dan Kesehatan

Authors

  • Edith Frederika Universitas Airlangga
  • Rini Hamsidi Universitas Airlangga
  • Rachman Sinatriya Marjianto Universitas Airlangga
  • Marita Tri Santi Universitas Airlangga
  • Dewi Purwowati Universitas Airlangga
  • Rarasanti Rania Qodri Universitas Airlangga
  • Daniyal Firmansyah Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.45

Keywords:

covid-19, digital marketing, simplisia

Abstract

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, tetapi juga berdampak pada sektor ekonomi sejak diadakannya kebijakan pemerintah dalam pembatasan wilayah gerak. Tingkat penjualan tanaman porang di Desa Pajaran Kabupaten Madiun mengalami penurunan, karena masyarakat hanya mejual produk mereka secara konvensional. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah dengan adanya perubahan pengolahan simplisia yang sesuai dengan CPOTB dan diterapkannya digital marketing diharapkan memberikan kemudahan pada mitra dalam memperkenalkan dan memasarkan produknya. Metode penyuluhan, pelatihan dan pendampingan penanaman tanaman herbal sesuai dengan Good Agricultural Practices, pengolahan simplisia menggunakan metode Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik serta penerapan digital marketing. Kegiatan ini dilaksanakan Bulan Agustus - Oktober 2021, di Balai Desa Pajaran dengan 40 peserta, sesuai dengan protokol kesehatan dalam era new normal. Harapan dari kegiatan ini adalah meningkatnya omzet penjualan dari hasil budidaya tanaman porang sebagai tanaman obat yang dapat dikembangkan menjadi suatu produk kesehatan. Selain itu, peningkatan ketrampilan masyarakat dalam mengolah tanaman porang menjadi suatu produk serta pengetahuan dalam menerapkan system digital marketing dalam penjualan produk hasil karya masyarakat dapat meningkat. Program pengabdian ini menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan anggota Kelompok Tani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan dilihat dari antusias peserta dalam mengikuti acara.

References

BNPB. (2021). Penyajian Data Covid-19 Nasional. Retrieved from: https://bnpb.go.id/berita/penyajian-data-covid19-nasional

Ellis, L. (2017). Super Plants For Super Health (M. A. (ed.)). Makassar: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Heriawan, R., Taryoto, A. H., Soedjana, T. D., Jamal, E., Simatupang, P., Suryana, A., Sudaryanto, T., & Rusastra, I. W. (2020). Dampak Pandemi COVID-19: Perspektif Adaptasi dan Resiliensi Sosial Ekonomi Pertanian. IAARD PRESS: Badan Penelitian dan pengembangan. Retrieved from: http://press.litbang.pertanian.go.id /

Hidayat, I., & Supartoko, B. (2017). Agribisnis Tanaman Obat Dan Penerapan Good Agricultural Practice Di Pt . Sido Muncul. Prosiding Seminar Nasional 2017. Fakultas. Pertanian UMJ, Jakarta, 8 November 2017. Hal : 22 – 29. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastan

Ibrahim, A., Lolo, W. A., & Citraningtyas, G. (2016). Evaluasi Penyimpanan Dan Pendistribusian Obat Di Gudang Farmasi Psup Prof. Dr. R.D. Kandou Manado. Pharmacon Jurnal Ilmiah Farmasi, 5(2), 1–8. https://ejournal.unsrat.ac.id/index. php/pharmacon/article/view/12162

Irawati, R., & Prasetyo, B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi ( Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang ). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114–133. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/544

Isbaniah, F., Saputro, D. D., Sitompul, P. A., Manalu, R., Setyawaty, V., Kandun, I. N., Imari, S., Wibisono, H., Subangkit, Puspandar, N., Puspa, K. D., Anjari, Handayani, D., Purba, T. R. N., Supriyanto, K., Esrawati, M., & Hermana, R. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (Covid-19) (L. Aziza, A. Aqmarina, & M. Ihsan (eds.)). Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).

Jannatin, R., Wardhna, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. 2. https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/844/745

Kemenkes. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (L. Aziza, A. Aqmarina, & M. Ihsan (eds.)). Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). Retrieve from: https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/REV-04_Pedoman_P2_COVID-19__27_Maret2020_TTD1.pdf

Kemenkes. (2021). Penerapan Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik. Retrieved from: https://jdih.pom.go.id/download/ product/1308/25/2021

Lasmini, S. A., Ete, A., Wulandari, D. R., Edy, N., & Hayati, N. (2021). Bimbingan Teknik Budidaya Tumbuhan Obat Untuk Penyediaan Simplisia Obat Herbal Bagi Masyarakat. 5(2), 294–299. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4641

Malia, R., & Rahayu, L. S. (2014). Pengaruh Penyuluhan Melalui Metode Ceramah Dan Diskusi Terhadap Tingkat Pengetahuan Teknologi Sistim Tanam Legowo Di Kelompok Tani Karya Mukti Iii Desa Sukakarya Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur. Jurnal Agroscienc, 7, 51–60. https://jurnal.unsur.ac.id/agroscience/article/view/615

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001. 1.01

Rachmawati, F. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi PEmasaran Terpadu Produksi Usaha Kecil dan Menemgah (UKM) Pahlawan Ekonomi Suranaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Retrieved from: http://digilib.uinsby.ac. id/26290/2/Fitri Rachmawati_B96214120.pdf

Sabarudin, S., Mahmudah, R., Ruslin, Aba, L., Nggawu, L., Syahbudin, Nirmala, F., Saputri, A., & Hasyim, M. (2020). Efektivitas Pemberian Edukasi secara Online melalui Media Video dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan Pencegahan Covid-19 di Kota Baubau: The Effectiveness of Providing Online Education through Video and Leaflet Media on the Knowledge Level of Covid-19 Prevention at Baubau City. Jurnal Farmasi Galenika (Galenika Journal of Pharmacy) (e-Journal), 6. https://doi.org/10.22487/j24428744.2020.v6.i2.15253

Sadiyah, F. N. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Perdagangan Komoditas Pertanian Di Idonesia. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 5(3), 950–961. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.03.30

Saputri, N. A., & Mawardi, F. D. (2022). Pendampingan Pengelolaan Umkm melalui Digital Marketing dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm di Kota Batu. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.22219/ janayu.v3i2.21976

Syukur, C., & Hernani. (2001). Budidaya Tanaman Obat Komersia. Jakarta : Penebar Swadaya. JKPNPNA

Tawangmangu, B. B. P. dan P. T. O. dan O. T. (2011). 100 Top Tanaman Obat Indonesia (VIII, 201p). Bandung : Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu., 2011. Retrieved from: https://litbangkespangandaran.litbang.kemkes.go.id/perpustakaan/index.php?p=show_detail&id=3564

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Frederika, E., Rini Hamsidi, Marjianto, R. S. ., Santi, M. T. ., Purwowati, D. ., Qodri, R. R. ., & Firmansyah, D. . (2022). Penerapan Digital Marketing Produk Usaha Rumahan Kelompok Masyarakat Hutan Desa Berbasis Bahan Pangan Dan Kesehatan. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70–75. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.45