Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Mengenal Huruf Dan Angka Bagi Anak Tunagrahita

Authors

  • Eva Herik Universitas Halu Oleo
  • Maolana Mohammad Sah Universitas Halu Oleo
  • Sitti Mikarna Kaimuddin Universitas Halu Oleo
  • Ida Sriwaty Sunarjo Universitas Halu Oleo
  • Linda Fajriah Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.43

Keywords:

angka, belajar, huruf, media, pembelajaran, tunagrahita

Abstract

Tunagrahita merupakan kata lain dari retardasi mental. Anak dengan retardasi mental mempunyai kemampuan intelektual di bawah rata-rata dan memiliki keterbatasan dalam hal berpikir, dimana kemampuan berpikirnya rendah, perhatian dan daya ingatannya lemah, sukar berpikir abstrak, serta kurang mampu berpikir logis. Hal ini berdampak pada kemampuan akademiknya, seperti   mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran, khususnya pelajaran mengenal huruf dan angka. Tujuan pengabdian untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran dalam mengenal huruf dan angka bagi anak tunagrahita. Media pembelajaran yang digunakan adalah media yang telah dimodifikasi oleh peneliti sebelumnya. Subjek pengabdian ini berjumlah 3 anak SLB Negeri 1 kendari. Metode yang digunakan adalah kuasi eskperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasilnya dalam mengenal huruf adalah kemampuan anak saat pre-test adalah 48,75% dan saat post-test adalah 51,25%. Artinya, media pelajaran yang digunakan memberikan dampak pada anak dalam mengenal huruf sebesar 1,08%. Sedangkan dalam mengenal angka, kemampuan anak saat pre-test adalah 50,54% dan saat post-test adalah 49,46%. Artinya, media pelajaran yang digunakan tidak memberikan perubahan dalam kemampuan anak mengenal angka yang disebabkan faktor mood anak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran efektif dalam membantu anak tunagrahita dalam mengenal huruf dan angka. Namun faktor mood dapat menyebabkan anak tunagrahita tidak dapat fokus terhadap pelajaran.

References

Ardilla, F., & Herdiana, I. (2013). Penerimaandiri pada narapidanawanita. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 2(1), 1-7.

Aziz, A. N., Sugiman, S., & Prabowo, A. (2016). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learner di Kelas Inklusif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 111-120. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4168

Bara, F., & Bonneton-Botté, N. (2018). Learning letters with the whole body: Visuomotor versus visual teaching in kindergarten. Perceptual and Motor Skills, 125(1), 190–207. https://doi.org/10.1177/0031512517742284

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fransisca, M. (2021). Komunikasi Antarpribadi Guru Dalam Pembentukan Konsep Diri Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Tunagrahita Di Slb C Beringin Bhakti Kabupaten Cirebon. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 12(2), 233-246. DOI: 10.24235/orasi.v12i2.8929

Hasan, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Dengan Menggunakan Media Kartu Angka Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB Negeri Lutang Kabupaten Majene. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar

Hendra, J. (2012). Meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan dengan pembelajaran matematika realistik pada anak tunagrahita sedang. Jurnal ilmiah pendidikan khusus, 1(2), 213-225. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/849

Humaira, D., Fatmawati, F., & Zulmiyetri, Z. (2012). Pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia bagi anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Sabiluna Pariaman. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(3), 95-109. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/766

Inra. (2012). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Edu-Games. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 370-382 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/868/

Intani, A. D. (2016). Pengembangan model pembelajaran motorik berbasis permainan pada mata pelajaran pendidikan jasmani anak tunagrahita. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 7(1), 73-88.

Jurniati, J. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Abjad Pada Anak Kelompok B di Tk Tunas Baru Tombang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu. (Doctoral dissertation), Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

Latuheru, J. D. (1988). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Liana, L., Jamin, H., & Agustina, M. (2021). Strategi Guru Dalam Membantu Siswa Tunagrahita. Proceeding of Dirundeng International Conference on Islamic Studies (DICIS 2021), 215-226.

Mahbubah, M. (2014). Peranan metode bermain sambil belajar dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada anak tunagrahita sedang: Penelitian tindakan bersama keluarga anak tunagrahita sedang di Desa Wonojati, Pasuruan (Doctoral dissertation), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Maulida, A., & Zulfitria. (2017). Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak Autis Melalui Pemanfaatan Media Puzzle pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Ilmiah PGSD Holistika, 1(2), 121-130. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/2506

Muflikha, E. S. (2013). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Hias di PAUD Kenanga I Nagari Sungai Pulai (Doctoral dissertation), Universitas Negeri Padang.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Murtie, A. (2016). Ensikopledia Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Maxima.

Nurbani, N. (2019). Pembelajaran Olahraga Permainan Bocce untuk Mengembangkan dan Melatih Gross Motor Skills Pada Siswa Tunagrahita Sedang. Inclusive: Journal of Special Education, 5(1), 69-77. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/Inclusi/article/view/897

Pamuladsih, K.D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa Tunagrahita di SLB Negeri Karanganyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan abjad pada anak usia dini melalui media kartu huruf. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51-66. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.4

Rinanda, S. (2013). Pengaruh metode simulasi tanggap bencana alam terhadap kemampuan mitigasi pada anak tunagrahita ringan di Kelas C/D VI SLB Perwari Padang. Jurnal ilmiah pendidikan khusus, 1(1), 164-173. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/943

Sari, L., Pratama, R. A., & Permatasari, B. I. (2020). Media Pembelajaran Puzzle Angka dan Corong Angka (PANCORAN) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 88-100. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/23618

Sudana, A. A. (2015). Konsep Dasar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Familia.

Suryaningrum, C., Ingarianti, T. M., & Anwar, Z. A. (2016). Pengembangan model deteksi dini anak berkebutuhan khusus (ABK) pada tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) di kota Malang. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(1), 62-74. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/2878

Suparti. (2010). Penggunaan Media Benda Asli Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Tunagrahita Kategori Sedang Kelas Dasar 3 di SLB Bhakti Kencana Berbah. Jurnal Pendidikan Khusus, 6(1), 95-113. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/6739/

Suwastarini, N. N., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2015). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Media Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SDLB B (Tunarungu) Pada SLB B Negeri PTN Jimbaran. E-Journal, 5(1), 1-10.

Trinova, Z. (2012). Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209-215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55

Wahyuningtyas, P. A., 2015. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Papan Flanel pada AUD ditempat Penitipan Anak Beringharjo Yogyakarta, (Skripsi), Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip khusus dan jenis layanan pendidikan bagi anak tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116-126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Herik, E., Sah, M. M. ., Kaimuddin, S. M. ., Sunarjo, I. S. ., & Fajriah, L. . (2022). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Mengenal Huruf Dan Angka Bagi Anak Tunagrahita. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 61–69. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.43