Riset Siswa Inovatif Menuju OPSI: Strategi Berbasis Proyek Demi Pendidikan Berkualitas (SDGs 4)
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i3.412Keywords:
olimpiade penelitian, proyek, riset, sdgs point 4Abstract
Mitra program pengabdian adalah SMAN 18 Medan, sebuah sekolah menengah atas yang memiliki potensi besar dalam mendukung guru untuk memfasilitasi pembelajaran berbasis riset. Namun, hasil observasi menunjukkan bahwa guru masih menghadapi kendala dalam membimbing siswa untuk mengikuti Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) secara optimal. Sebagai solusi, program pengabdian akan dilaksanakan melalui serangkaian pelatihan intensif dan pendampingan bagi guru-guru. Target luaran dari program pengabdian adalah meningkatnya kapasitas guru di Sekolah dalam membimbing siswa mengikuti OPSI secara efektif. Melalui kegiatan ini, diharapkan terjadi peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah, sehingga mendukung tercapainya tujuan SDGs Point 4 yakni Pendidikan berkualitas. Metode yang digunakan melibatkan pendekatan partisipatif dengan mengutamakan pelibatan aktif guru dalam setiap tahapan kegiatan. Program pengabdian dimulai dengan identifikasi kebutuhan mitra, pelaksanaan pelatihan dan pendampingan, hingga evaluasi hasil implementasi. Kesimpulan yang diperoleh yakni telah meningkatnya kreativitas guru dalam membimbing OPSI dengan alasan 7 dari 8 tim yang diusulkan telah lolos tahap substansi dan layak melanjutkan penelitian. Pendampingan diharapkan mampu menciptakan perubahan berkelanjutan dalam pola pengajaran guru di Sekolah, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan prinsip SDGs Point 4.
Downloads
References
Alley, Z. M., Chapman, J. E., Schaper, H., & Saldana, L. (2023). The Relative Value of Pre-Implementation Stages for Successful Implementation of Evidence-Informed Programs. Implementation Science, 18(30), 1-13. https://doi.org/10.1186/s13012-023-01285-0
Arslantas, T. K., & Kocaöz, O. E. (2021). Examining the Mentoring Process in Collaborative Project-based Learning of Preservice Instructional Technology Teachers. Education Reform Journal, 6(1), 47-61. https://doi.org/10.22596/erj2021.06.01.47.61
BPMPP. (2025). Hubungan Riset dan Pendidikan. Retrieved from https://Bpmpp.Uma.Ac.Id/2023/08/05/Hubungan-Riset-Dan-Pendidikan/
Elva, Y., & Irawati, R. K. (2021). Pengaruh Project Based Learning Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap Pembelajaran Sains pada Abad 21. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 793-798. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1463
Haeger, H., & Fresquez, C. (2016). Mentoring for Inclusion: the Impact of Mentoring on Undergraduate Researchers in the Sciences. CBE Life Sciences Education, 15(3), 36. https://doi.org/10.1187/cbe.16-01-0016
Kardina, M., & Magriasti, L. (2023). Peran Pendidikan yang Berkualitas Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28271-28277. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11385
Mufidah. (2020). Analisis Permasalahan dan Kesiapan Guru dalam Project Based Learning di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149-160..
Noorhalida, N., Yuliani, H., & Santiani, S. (2023). Studi Literatur: Pengaruh Project Based Learning pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 9(2), 200-212. https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.15688
Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42-50. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.272
Puri, P. S., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2024). Studi Literatur : Kesulitan dalam Pengaplikasian Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) oleh Guru SMK. Prosiding Seminar Pendidikan Kejuruan dan Teknik Sipil (E-Journal) 2, 37-50.
Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). (2025). Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2024. Retrieved from Https://Pusatprestasinasional.Kemdikbud.Go.Id/Event/Riset-Dan-Inovasi/Sma/Olimpiade-Penelitian-Siswa-Indonesia-2024-2024-Sma.
Pahlephi, R. D. (2025). SDGs Adalah: Pengertian dan 17 Tujuannya bagi Kesejahteraan Dunia. Retrieved from Https://Www.Detik.Com/Bali/Berita/d-6448066/Mengenal-Sdgs-Adalah-Dan-Tujuan-Di-Baliknya
Sitepu, B. S. N., Febiola, & Kuncoro, J. A. (2023). Program Ready to Work Kolaborasi Yayasan Plan Internasional Indonesia (YPII) dengan Universitas Ciputra Surabaya untuk Membuka Lapangan Kerja bagi Generasi Muda di Provinsi Bali. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat (KNPPM). 29-35.
Untar. (2025) Kenal Lebih Jauh 17 Tujuan SDGs. Retrieved from Https://Untar.Ac.Id/2023/12/15/Kenal-Lebih-Jauh-17-Tujuan-Sdgs/
Ventista, O. M., & Brown, C. (2023). Teachers’ Professional Learning and Its Impact on Students’ Learning Outcomes: Findings from a Systematic Review. Social Sciences and Humanities Open, 8(1), 1-19. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100565
Vescio, V., Ross, D., & Adams, A. (2008). A Review of Research on the Impact of Professional Learning Communities on Teaching Practice and Student Learning. Teaching and Teacher Education, 24(1), 80-91. https://doi.org/10.1016/j.tate.2007.01.004
Wikipedia. (2025). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Retrieved from Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Tujuan_Pembangunan_Berkelanjutan
Zhang, L., & Ma, Y. (2023). A Study of the Impact of Project Based Learning on Student Learning Effects: A Meta-Analysis Study. Frontiers in Psychology, 14, 1-12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1202728
Zulhamdan, Z., Ediyansyah, E., & Rihan K, E. (2022). Pendampingan Penyusunan Soal-soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) bagi Guru SD-IT Ar-Refah Tanjungpinang. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(1), 68-76. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i1.428
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Rajo Hasim Lubis, Ridwan A Sani, Rahmatsyah, Rita Juliani, Agung Setia Batubara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						








