Optimalisasi AI untuk Mendukung Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mewujudkan Aktivitas Pembelajaran Abad 21

Authors

  • Fifin Wildanah Universitas Negeri Padang
  • Sari Febrianti Universitas Negeri Padang
  • Singgih Ginanjar Universitas Negeri Padang
  • Tia Ayu Ningrum Universitas Negeri Padang
  • Merika Setiawati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.402

Keywords:

artificial intelligence, kompetensi pedagogik guru, pembelajaran abad 21

Abstract

Dalam mewujudkan pembelajaran abad 21 salah satu kompetensi yang wajib dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik diantaranya mencakup penguasaan guru dalam menggunakan serta memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi pada bidang-bidang seperti penerapan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dapat mendorong inovasi bagi guru. AI dapat membantu guru merencanakan aktivitas pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan kolaboratif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik maupun guru itu sendiri. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu optimalisasi pengenalan dan pemanfaatan AI sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru untuk mewujudkan aktivitas pembelajaran dan pendidikan yang berkualitas di Abad 21. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu kegiatan PKM yang dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan dan workshop. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan materi terlebih dahulu kepada peserta kegiatan kemudian mempraktekkan pemanfaatan AI yang dapat digunakan untuk membantu dalam aktivitas dan proses pembelajaran. Selain itu dilaksanakan sesi diskusi dan tanya jawab untuk lebih memperdalam pemahaman dan kemampuan peserta mengenai pemanfaatan AI. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan menggunakan kuesioner atau angket menunjukkan hasil dari kegiatan pengabdian ini terjadinya peningkatan kompetensi dan kemampuan guru baik dari segi pemahaman maupun dalam memanfaatkan AI untuk konten pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrita, J. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pendidikan. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3181-3187. DOI:10.59141/comserva.v2i12.731

Ahmad, A. (2017). Mengenal Artificial Intelligence, Machine Learning, Neural Network, dan Deep Learning. Jurnal Teknologi Indonesia, 1, 1-5.

Herliani, A. A., & Wahyudin, D. (2018). Pemetaan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Guru pada Dimensi Pedagogik. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 134-148.

Anwar, R. N. (2024). Pelatihan Pengenalan Artificial Intelligence (AI) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru pada Transformasi Digital. Journal of Smart Community Service, 2(1), 27–36.

Barus, Y. K., & Muzaki, F. I. (2024). Pengenalan Kecerdasan Buatan untuk Ide Kreatif Mengajar bagi Guru Sekolah Dasar. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 68-76.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68.

Gunadi, G., & Sumarni, D. (2023). Menilai Kompetensi Pedagogik Dan Profesionalisme Guru: Studi Kasus Di SD Cisarua. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 28-38.

Hakeu, F., Pakaya, I. I., Djahuno, R., Zakarina, U., & Tangkudung, M. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital bagi Guru dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Mohuyula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1-14.

Hendrik, Y. Y. C., Hermin, H., Pingak, E. M., Dethan, Y. D., Rohi, J., & Natonis, Y. M. (2023). Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Abad 21 di SMA Kristen 2 Kalabahi Kabupaten Alor Propinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 721-726.

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 6(1), 2689-2698.

Manongga, A. (2022). Pentingnya teknologi informasi dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Ningrum, T. A., Nurmina, N. H., Hayati, N., & Wildanah, F. (2023). Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru dalam Mengelola Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Digital melalui Pelatihan. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 82-189. DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v23i2.1833

Pakpahan, R. (2021). Analisa Pengaruh Implementasi Artificial Intelligence dalam Kehidupan Manusia. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 5(2), 506-513.

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321.

Rahadian, D. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran untuk Pengajaran yang Berkualitas. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 234-254.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahayu, R., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Karakteristik Keterampilan Guru Abad 21. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(1), 89-102.

Riadi, B., & Hidayatullah, R. (2024). Optimalisasi Media Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan (AI) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2),208-217.

Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37-42.

Sofia, I., Nafla, S. A., Siraj, S., Situmorang, S., Wulandari, T., & Hidayatullah, T. Y. (2023). Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 183-188.

Wernely, W. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tik) di Tk Aisyiyah Kota Dumai. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 2(3), 415-418.

Yahya, M., & Hidayat, A. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan pada Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Dies Natalis 62(1), 190-199. DOI:10.59562/semnasdies.v1i1.794

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Wildanah, F., Febrianti, S., Ginanjar, S., Ningrum, T. A., & Setiawati, M. (2025). Optimalisasi AI untuk Mendukung Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mewujudkan Aktivitas Pembelajaran Abad 21 . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 303–312. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.402