Pelatihan Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Microsoft Powerpoint Bagi Guru SMA

Authors

  • Mardiana Napirah Universitas Halu Oleo https://orcid.org/0000-0001-9210-5974
  • La Tahang Universitas Halu Oleo
  • Naim Universitas Halu Oleo
  • Syarifuddin Universitas Halu Oleo
  • Abdin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.40

Keywords:

laboratorium virtual, media pembelajaran, microsoft powerpoint

Abstract

Kegiatan eksperimen dalam laboratorium merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam mendukung pembelajaran di sekolah, utamanya bagi mata pelajaran sains. Namun sejak merebaknya pandemi COVID-19, pelaksanaan eksperimen secara tatap muka di laboratorium menjadi tidak memungkinkan sehingga sistem pendidikan memanfaatkan laboratorium virtual demi memenuhi kebutuhan belajar siswa. Saat ini, meskipun pandemi telah mereda, penggunaan laboratorium virtual masih dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memiliki berbagai kelebihan, utamanya dalam mendukung keterlaksanaan praktikum bagi sekolah yang sarana prasarana laboratoriumnya kurang memadai. Meski demikian, masih banyak guru yang masih belum mengenal dan belum memanfaatkan laboratorium virtual sehingga penting kiranya dilaksanakan pelatihan bagi guru-guru. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SMAN 10 Kendari mengenai pengembangan laboratorium virtual berbasis Microsoft PowerPoint. Metode yang dilaksanakan adalah sebagai berikut: (1) survei untuk menentukan permasalahan mitra dan solusi pemecahannya, (2) pelaksanaan pelatihan sebagai solusi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru, dan (3) evaluasi pelaksanaan kegiatan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan berhasil meningkatkan pengetahuan dan juga keterampilan guru dalam mengembangkan laboratorium virtual yang dipadukan dengan bahan ajar berbasis Microsoft PowerPoint.

References

Aminullah, Ikram, Chandra, F., Fitriani, N., Wasna, Misna, & Elihami. (2021). Proses Pembelajaran Selama Masa Pandemi COVID 19 (Studi Pelaksanaan PLP Dasar). Maspul Journal of Community Empowerment, 3(1), 21–26. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdia n/article/view/1307

Arifin, M. M., Prastowo, S. B., & Harijanto, A. (2022). Efektivitas penggunaan simulasi phet dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 16. https://doi.org/10. 19184/jpf.v11i1.30612

Aziz, M. T., Ariga, S., Etin, & Haris, A. (2022). Hybrid Learning dalam Pembelajaran PAI Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 690–695. https://jurnal.permapendis-sumut.org/ index.php/edusociety/article/view/229

Belseran, A., Unwakoly, S., & Al Hamid, F. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Power Point Pada Konsep Reduksi-Oksidasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Ambon. Science Map Journal, 2(1), 32–36. https://doi.org/10.30598/ jmsvol2issue1pp32-36

Cholik, C. A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / ICT dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik UNISA KUNINGAN, 2(2), 39–46. https://www.jurnal.unisa.ac.id/index.php/jft/article/view/83

Gultom, J. R., Sundara, D., & Fatwara, M. D. (2022). Pembelajaran Hybrid Learning Model Sebagai Strategi Optimalisasi Sistem Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Di Jakarta. Mediastima, 28(1), 11–22. https://doi.org/10.55122/mediastima.v28i1.385

Gunawan, I. (2022, May 18). Jokowi Longgarkan Aturan Wajib Masker, Ini Respons Pengusaha. Retrieved from: Https://Ekonomi.Bisnis.Com/Read/20220518/12/1534491/Jokowi-Longgarkan-Aturan-Wajib-Masker-Ini-Respons-Pengusaha.

Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800–1809. https:// doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207

Iftitah, H., Muhab, S., & Hadinugrahaningsih, T. (2019). Pengaruh Laboratorium Virtual dalam Kegiatan Praktikum Terhadap Keterampilan Laboratorium Siswa pada Materi Titrasi Asam Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(2), 72–79. https://doi.org/10.21009/JRPK.092.03

Ikmal, N. M., & Noor, M. (2022). Kebijakan Pemerintah Indonesia Dalam Penanganan Covid-19. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 19(2), 155–167. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v19i2.910

Irdalisa, I., Amirullah, G., Yarza, H. N., Fuadi, T. M., & Elvianasti, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Bagi Guru IPA. Surya Abdimas, 5(4), 427–433. https://doi.org/10.37729/abdimas. v5i4.1352

Marlina, L., Rahmadani, R., & Sinta, V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips Di Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Belitang. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 5(02), 36–44. https://doi.org/10.30599/utility. v5i02.1171

Marpaung, R. R., Aziz, N. R. N., Purwanti, M. D., Sasti, P. N., & Saraswati, d. L. (2021). Penggunaan Laboratorium Virtual Phet Simulation Sebagai Solusi Praktikum Waktu Paruh. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(2), 110–118. https://doi.org/10.15575/ jotalp.v6i2.12213

Muhajarah, K., & Sulthon, M. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 77. https://doi.org/ 10.31764/justek.v3i2.3553

Murjoko, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Presentation untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN Pulerejo 02 Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 17–21. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.43

Rezhki, F. R., Montessori, M., Ananda, A., & Indrawadi, J. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PPKn di SMP N 7 Padang. Journal of Civic Education, 5(3), 388–396. https://doi.org/10.24036/ jce.v5i3.698

Rosdiana, R., Jamalsari, F. N., & Bhakti, Y. B. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 202–208. https://doi. org/10.26877/jp2f.v11i2.6381

Rosmiati, R., Ampera, D., & Firmansyah, H. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual Analisis Kalsium Metode Kompleksometri sebagai Media Pembelajaran Daring Analisis Zat Gizi Mikro. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 827–834. https://doi. org/10.5281/zenodo.4303829

Rusyada, H., & Nasir, M. (2022). Efektivitas Penerapan Hybrid Learning Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1714–1723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2275

Salmiah, Fatah, A., & Purnamawati. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Penerapan Konsep Mutu Hasil Pertanian. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 2, 1–6.

Saparini, Wiyono, K., & Ismet. (2017). Pengaruh Penggunaan Virtual Laboratory Dengan Real Laboratory Dalam Pembelajaran Hukum Kirchoff Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Fkip Universitas Sriwijaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 1(1), 77–86. http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/675

Vonny, Shiyama, F., & Supriyatin. (2022). Hybrid Learning: Strategi Penyelenggaraan Pembelajaran Pasca Penerapan Kebijakan PTMT di Masa Pandemi COVID-19. Edutech, 21(1), 86–96. https://ejournal.upi.edu/index. php/edutech/article/view/4254

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Napirah, M., Tahang, L., Naim, Syarifuddin, & Abdin. (2022). Pelatihan Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Microsoft Powerpoint Bagi Guru SMA. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 54–60. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.40