Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis dalam Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i2.375Keywords:
dimensi bernalar kritis, kurikulum merdeka, pembelajaran, profil pelajar pancasilaAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi dalam meningkatkan kapasitas guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi bernalar kritis dalam pembelajaran. Tujuan dari kegiatan ini adalah membekali guru dengan pemahaman konseptual dan keterampilan praktis dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis dimensi bernalar kritis sebagai bagian integral dari proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Oleh karena itu, kegiatan ini dirancang dalam bentuk pelatihan intensif dengan pendekatan partisipatif dan dialogis. Pelaksanaan kegiatan meliputi empat tahapan utama, yaitu: survei kebutuhan, sosialisasi dan audiensi, pelatihan inti, dan evaluasi akhir. Sebanyak 30 guru dari 10 sekolah mitra di Kota Surakarta mengikuti kegiatan ini. Hasil evaluasi melalui instrumen pretest dan posttest menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 66 menjadi 98, yang mencerminkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru terhadap implementasi dimensi bernalar kritis. Selain itu, guru juga mampu menyusun rancangan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan konteks pembelajaran di sekolah dasar. Tanggapan peserta menunjukkan bahwa pelatihan ini relevan, dibutuhkan, dan mampu memberikan inspirasi baru dalam pengembangan pembelajaran. Kegiatan ini direkomendasikan untuk dilanjutkan dalam lingkup yang lebih luas dan pada dimensi lain dari Profil Pelajar Pancasila.
Downloads
References
Anugrahsari, I., & Ismail, I. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21: Filsafat Pendidikan dalam Wujud Kurikulum Merdeka. Jurnal Transformasi Humaniora 6(12), 236-248.
Febriana, R. (2021). Kompetensi Guru. Bumi aksara: Jakarta.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236-243.
Harizi, R., Wijaya, R. A., Trinadi, P., Saputra, A. C., & Jananda, B. (2025). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pendidikan Karakter di Sekolah: Implementasi dan Tantangan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(4), 1268-1272.
Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. R. G. A. (2022). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1(1), 181-192.
Herlina, E., Gatriyani, N. P., Galugu, N. S., Rizqi, V., Mayasari, N., Nurlaila, Q., Rahmi, H., Cahyati, A., Azis, D. A., & Saswati, R. (2022). Strategi Pembelajaran. Tohar Media: Makassar.
Indartiningsih, D., Mariana, N., & Subrata, H. (2023). Perspektıf Glokal dalam Implementası Teachıng at The Rıght Level (Tarl) pada Pembelajaran Berdıfrensıası pada Kurıkulum Merdeka. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1984-1994.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. DOI:10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Khasanah, V. A., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Dimensi Bernalar Kritis melalui Kegiatan Proyek dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 172-180.
Lilihata, S., Rutumalessy, S., Burnama, N., Palopo, S. I., & Onaola, A. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif Dan Bernalar Kritis Pada Era Digital. Didaxei, 4(1), 511-523.
Mustabil, S., Latif, N. F., Ashaf, D. P., Burhan, B., & Rizal, A. (2025). Menyibak Tantangan Kurikulum Merdeka: Antara Harapan dan Realita. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 3788-3791.
Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau dari Konsep Kurikulum Merdeka. Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada PAUD dan Pendidikan Dasar, 1(1), 1-8.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613-3625.
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.
Rahman, E. Y., Santosa, Y. B. P., Bustan, B., Sultan, H., Wowor, E. C., Tumewu, W. A., Najib, M., Sani, Y. S. Y. M., Fauzi, A., & Maukar, M. G. (2023). Peran Guru dalam Dunia Pendidikan. Mafy Media Literasi Indonesia: Sumatera Barat.
Rahmi, L., Yolanda, F., Lingga, L. J., Ain, S. Q., Mustika, D., & Dafit, F. (2024). Sosialisasi Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 236-242.
Ristapawa Indra, R. I. (2023). GURU PROFESSIONAL DALAM LINTASAN ZAMAN dari kurikulum zaman kemerdekaan hingga kurikulum merdeka. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086.
Sunaryati, T., Sentana, M., Listiani, M. E., Apriliani, A., & Septiani, M. (2024). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Penguatan P5 dalam Meningkatkan Keahlian Bernalar Kritis Siswa. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(2), 292-297.
Triyanto, S. A., Nuryadin, E., Marlyono, S. G., Diningsih, D. S., Fathunnisa, I., Reychan, I. P., & Nurhayati, E. (2023). Pelatihan Lesson Study Berbasis Sekolah untuk Menciptakan Pembelajaran Berkualitas di SMAN Kota Tasikmalaya. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 73-83.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116-132.
Widiansyah, S., Hidayat, S. P., Kamil, S. I., Purba, I. D. L. B., Rahmawati, U., & Khairo, F. M. A. (2025). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka:(Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas). Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 344-362.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Anggit Grahito Wicaksono, Mukhlis Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.