Penguatan Pendidikan Karakter Pada Orang Tua Guna Meminimalisir Kenakalan Remaja Pada Anak

Authors

  • Abdul Halim Momo Universitas Halu Oleo
  • Irawaty Universitas Halu Oleo
  • Nerlin Universitas Halu Oleo
  • Syahbudin Universitas Halu Oleo
  • Salimin A Universitas Halu Oleo
  • Rota Jaya Universitas Halu Oleo
  • Sri Yuliani M Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.36

Keywords:

kenakalan remaja, pendidikan karakter, orang tua

Abstract

Pendidikan karakter pada anak merupakan tugas utama dan tanggung jawab dari orang tua dalam membentuk karakter yang baik dan berakhlak mulia sehingga terhindar dari kenakalan remaja. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi orang tua  terkait dengan pentingnya pendidikan karakter, dan peningkatan kemampuan orang tua dalam mendesain dan menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter di rumah agar anak terhindar dari kenakalan remaja. Metode yang digunakan dalam kegiatan  pengabdian ini meliputi: (1) tim pengabdian menggunakan metode ceramah untuk memberikan penjelasan tentang pendidikan karakter pada anak; (2) metode diskusi untuk sharing antara peserta dengan tim pengabdian pada hal-hal  yang  dianggap sulit atau belum dimengerti; dan (3) metode praktik untuk memberi kesempatan kepada peserta mempraktekan materi pelatihan yang diperoleh dalam hal ini pembuatan program kegiatan pendidikan karakter. Hasil pengabdian ini diantaranya: (a) orang tua pada kelurahan mitra memperoleh pengetahuan tentang pendidikan karakter dan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak; (b) orang tua pada kelurahan mitra dapat menerapkan nilai-nilai karakter pada anak dirumah; (c) orang tua pada kelurahan mitra dapat mendesain kegiatan positif dirumah untuk membentuk karakter baik pada anak.

References

Aruan, Y., Tampubolon, M., & Sitohang, H. (2021). Peran Orang Tua dan Peran Guru Terhadap Pendidikan Karakter. IKRA-ITH Humaniora, 5(1), 214-225. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ ikraith-humaniora/article/view/945

Bustan, R., & Fitria, N. (2017). Pelatihan Kiat Membangun Karakter Anak. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(1), 25-33. http://dx.doi.org/10.36722/sh. v4i1.250

Irawaty, Abubakar, S., R., Syahbudin, & Mustar, S. Y. (2017). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini: Urgensi, Konsep, Pengembangan Model Pembelajaran dan Implementasinya. Sidoarjo: Meja Tamu.

Kartono, K. (2010). Pathologi Sosial I. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, H. J. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, G., T., Humaedi, S., Santoso, M., B., & Hasanah, D. (2017). Peran Keluarga dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 153-159. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14231

Mariambang, M., Faza, A. M. D., & Daulay, R. Y. (2020(. Peran Orang Tua dalam Penanaman Nilai Aqidah Pada Anak di Kelurahan Bandar Selamat Kecamatan Medan Tembung. Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 2(1). DOI : 10.51900/alhikmah.v2i1.7612

Pratiwi, L. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Desa Gintungan Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 75-83. https://doi.org/10.21831/diklus.v1i1.23854

Pratiwi, N. K. A. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83-91. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.908

Setiardi, D., & Mubarok, H. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Jurnal Tarbawi, 12(2), 136-146. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

Yuliani, S, Hasna, W., & Hidayah, A., N. (2022). Hubungan Antara Percaya Diri dengan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Kelurahan Tampo Kabupaten Muna. Jambura Early Childhood Education Journal, 4(1), 53-63. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/1237

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Pembentukan Karakter Berkualitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 8(2), 331-334. https://doi.org/10.37411/jecej.v4i1.1237

Sukiyani, F. & Zamroni. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Lingkungan Keluarga. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 57-70. https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5290

Sumara, D., Humaedi, S., & Santoso, M., B. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 346-353. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393

Suyanto, S. (2009). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta.

Willis, S. (2014). Remaja Dan Masalahnya “Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja, Narkoba, Free Sex, dan Pemecahannya. Bandung: Alfabetha.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Momo, A. H. ., Irawaty, Nerlin, Syahbudin, Salimin A, Jaya, R., & Yuliani M, S. . (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Orang Tua Guna Meminimalisir Kenakalan Remaja Pada Anak. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 29–35. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.36