Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Usaha Kerakyatan

Authors

  • Nasrullah Dali Universitas Halu Oleo
  • Erwin Hadisantoso Universitas Halu Oleo
  • Mulyati Akib Universitas Halu Oleo
  • Husin Universitas Halu Oleo
  • Safaruddin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.32

Keywords:

pengelolaan keuangan, upaya pemulihan ekonomi, usaha kerakyatan

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk (a) meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pengelolaan keuangan usaha kecil dan mikro, (b) memberikan pemahaman kepada masyarakat desa terhadap metode meningkatkan pendapatan, (c) menumbuhkan kemandirian bagi masyarakat setempat dalam berusaha dalam upaya meningkatkan usaha kecil dan mikro menjadi usaha menengah. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian adalah memberikan bimbingan berupa pengetahuan, konsultasi, dan pelatihan kepada masyarakat khususnya para pelaku usaha mikro dan kecil dapat diimplementasikan pada usahanya. Hasil kegiatan yaitu pelaku UMKM mampu memahami dan melakukan pencatatan pemasukan kas dan pengeluaran kas yang baik dan benar dan juga pelaku UMKM mampu memahami petunjuk-petunjuk sederhana dalam melakukan penyusunan laporan keuangan yang baik dan benar. Dengan kesimpulan bahwa terjadi peningkatan pemahaman masyarakat mengenai pengelolaan keuangan serta peningkatan pemahaman masyarakat terhadap metode dalam meningkatkan pendapatan dan juga menumbuhkan kemandirian bagi masyarakat setempat dalam upaya meningkatkan usaha kecil dan makro menjadi udaha menengah.

References

Arifuddin, A., Nur, S., & Mirosea, N. (2020). Penguatan Kapasitas Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Desa. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Balli, E. K., Suhendri, H., & Mukoffi, A. (2020). Analisis Perhitungan Laba Usaha Dengan Economic Entity Concept Pada UMKM Bungsu Jaya Souvenir Dinoyo Kota Malang. (Universitas Tribhuwana Tunggadewi).

Farwitawati, R. (2018). Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Prosiding Sembadha, 1, 225-229.

Firmansyah, A., Arham, A., & Nor, A. M. E. (2019). Edukasi akuntansi dan bimbingan teknis penyusunan laporan keuangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 57-63.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Manoppo, W. S., & Pelleng, F. A. (2018). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Teknik Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha UMKM Di Kecamatan Malalayang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 7(2), 6-9.

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., & Siregar, L. D. (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1). https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29

Mustika, I., & Ferdila, F. (2022). Pengenalan Standar Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) dan Bimbingan Teknis penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM Pada UMKM di Kota Batam. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, dan Sosial Humaniora, 2(2), 36-43.

Mutiah, R. A. (2019). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Berbasis SAK EMKM. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 223-229.

Rosadi, S. (2014). Analisis Bentuk-Bentuk Laporan Keuangan Dan Efektivitas Laporan Keuangan Pada Umkm (Studi Kasus pada UMKM kelompok Perajin Kuningan di Kecamatan Juwana Tahun 2011). Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 10(1), 23-34.

Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam pengelolaan keuangan usaha guna peningkatan ekonomi masyarakat di distrik abepura jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173-185.

Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Mimbar Administrasi, 18(2), 32-45.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Nasrullah Dali, Hadisantoso, E. ., Akib, M. ., Husin, & Safaruddin. (2022). Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Usaha Kerakyatan. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 81–87. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.32