Pendampingan Pembelajaran Geometri Sekolah Berbasis Geogebra Pada Masa Pandemi Melalui Kanal Youtube

Authors

  • Amanda La Hadi Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Samsinar Amir Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Sri Rahayu Alam Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Resky Nur Fatimah Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Puguh Resmono Institut Agama Islam Negeri Kendari

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.28

Keywords:

geogebra, geometri, matematika, video tutorial, pembelajaran masa pandemi, youtube

Abstract

Penurunan hasil belajar siswa terjadi selama masa pandemi khususnya untuk mata pelajaran matematika. Salah satu topik dalam matematika yang mengalami kendala ketika dilakukan pembelajaran jarak jauh adalah geometri. Baik guru maupun siswa mengalami kesulitan ketika topik mata pelajaran masuk ke dalam materi ini. Aplikasi Geogebra dapat membantu dalam mengajarkan Geometri baik secara vertikal maupun horizontal. Kelebihannya pada pembelajaran jarak jauh adalah aplikasi ini dapat digunakan secara online serta dapat diunduh kedalam smartphone. Menindaklanjuti hal ini kami melaksanakan program pendampingan pembelajaran geometri untuk materi-materi sekolah menengah menggunakan aplikasi Geogebra dalam bentuk video tutorial. Program ini dipilih karena melihat dari aset yang dimiliki oleh guru dan siswa yaitu smartphone yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran yang masif. Selain itu, penggunaan aplikasi Geogebra juga akan meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam pembelajran materi geometri secara daring. Kanal Youtube digunakan sebagai sarana untuk mengunggah video tutorial yang dibuat. Kelebihan dari platform ini adalah kemudahan dalam akses, tidak membutuhkan kuota data yang besar, dapat disimpan dalam bentuk offline sehingga dapat disaksikan secara berulang tanpa menggunakan jaringan, memungkinkan adanya interaksi lewat kolom komentar, dan kemudahan proses sharing baik antara guru dan siswa, sesama guru, maupun sesama siswa.

References

Asngari, D. R. (2015). Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 299-302.

Barnes, H. A. Y. L. E. Y., & Plomp, T. J. E. E. R. D. (2004). Investigating a case of using the theory of realistic mathematics education as a means of improving the conceptual understanding of low attaining learners in mathematics. Proceedings from the 12" Annual Conference of the Southern African Association for research in mathematics, Science and Technology Education, Durban: SAARMSTE.

Choudhrey, S. (2016). Digital Islamic Art: The use of digital technologies in contemporary Islamic art in the UK. BCS.

Clinten, Bil. (2021). Pengguna Medsos di Indonesia Habiskan 25 Jam Per Bulan untuk Nonton YouTube. Retrieved form https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/17020027/pengguna-medsos-di-indonesia-habiskan-25-jam-per-bulan-untuk-nonton-youtube

Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Retrieved from https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021.

Ettinghausen, R., Grabar, O., & Jenkins, M. (2003). Islamic Art and Architecture. Yale University Press.

Fitriani, F., Maifa, T. S., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).

Hutagaol, A. S. R. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika Kelas VII Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SMP Nusantara Indah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 16-22.

Karadag, Z. (2018). Euclidean Exploration of Geometry in Islamic Art. Transdisciplinarity in Mathematics Education, 3-24). Springer, Cham.

Kusumawati, D., & Yuliani, A. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menjawab Soal Materi Segiempat dan Segitiga Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Teori Newman Bagi Siswa SMP Kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1279-1290.

Leopold, C. (2015). Structural and Geometric Concepts for Architectural Design Proccess. Boletim Da Aproged, 32, 5-15.

Lidwina, Andrea. (2021). 94% Orang Indonesia Akses YouTube dalam Satu Bulan Terakhir. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/17/94-orang-indonesia-akses-youtube-dalam-satu-bulan-terakhir.

Makonye, J. P. (2014). Teaching functions using a realistic mathematics education approach: A theoretical perspective. International Journal of Educational Sciences, 7(3), 653-662.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Mthethwa, M., Bayaga, A., Bossé, M. J., & Williams, D. (2020). GeoGebra for learning and teaching: A parallel investigation. South African Journal of Education, 40(2).

Nurhayati. (2021). Breakdown of social media users by age and gender Indonesia 2021. Retrieved from https://www.statista.com/statistics/997297/indonesia-breakdown-social-media-users-age-gender/.

Nupus, O. V. (2022). Analysis of Youtube Utilization in Learning Mathematics in the Pandemic Time of Covid-19. Rangkiang Mathematics Journal, 1(1), 16-24.

Oktaviani, D. N., Sholikhakh, R. A., & Lestiana, H. T. (2018). Pendampingan Penggunaan Geogebra Untuk Guru Matematika SMP/MTS Se Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 153-156.

Saha, R. A., Ayub, A. F. M., & Tarmizi, R. A. (2010). The effects of GeoGebra on mathematics achievement: enlightening coordinate geometry learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 686-693.

Sudihartinih, E., & Wahyudin, W. (2019). Pembelajaran berbasis digital: studi penggunaan geogebra berbantuan e-learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Tatsqif, 17(1), 87-103.

Trung, T. (2014). Discovery learning with the help of the geogebra dynamic geometry software. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 7(1).

Waijittragum, P. (2012). The Education and Research Of Islamic Art In The Mosques In Bangkok, Thailand. International Proceedings of Economics Development and Research, 41, 17-20.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

La Hadi, A. ., Samsinar Amir, Sri Rahayu Alam, Resky Nur Fatimah, & Puguh Resmono. (2022). Pendampingan Pembelajaran Geometri Sekolah Berbasis Geogebra Pada Masa Pandemi Melalui Kanal Youtube . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.28