Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Buku Cerita Bergambar

Authors

  • Yuli Wahyuni Universitas Pamulang
  • Diyah Iis Andriani
  • Selviana Teras Widy Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.27

Keywords:

buku bergambar, speaking, storytelling, total phisycal response

Abstract

Kemampuan berbicara (speaking) menjadi faktor utama penguasaan bahasa Inggris. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Ikhlas yang berlokasi di Pondok Aren merupakan lembaga pendidikan agama yang menghendaki peserta didik memiliki kemampuan berbahasa Inggris, selain ilmu agama. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa peserta didik kesulitan berbicara dalam bahasa Inggris. Oleh sebab itu, tim PkM memutuskan terjun dan menawarkan solusi permasalahan berupa pengajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan karya sastra berupa cerita buku. Kegiatan PkM bertujuan untuk motivasi orang tua dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak, meningkatkan daya dan minat anak membaca buku, serta menambah pengetahuan pendidik terhadap proses pembelajaran bahasa Inggris. Tim menggunakan metode Storytelling dan Total Phisycal Response. Hasilnya meningkatnya motivasi belajar para peserta didik bahasa Inggris, minat membaca melalui media cerita bergambar dan menyampaikan isi cerita menggunakan bahasa Inggris. Hal ini secara tidak langsung dapat melatih peserta didik dalam berbicara bahasa Inggris.

References

Asfandiyar, & Iskandar, A. Y. S. (2007). Cara pintar mendongeng. (S. Iskandar (ed.)). Dar Mizan.

Faizah, I., & Handayani, P. (2019). Inovasi Media Pembelajaran Al-Qur’an Di Tpq Ar-Rahman Desa Ganggang Panjang. IPTEKS, 5(2), 169–175. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/jpmi.v5i2.2941

Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036. https://doi.org/10.31004/ jptam.v4i2.566

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta. Hal. 181-188

Hamzah, B. U. (2007). Teori motivasi dan pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong ASEAN COMMUNITY 2015. Junral Profesi Pendidik, 3(1), 102-106.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik. Penelitian Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183–197. https://doi.org/https://doi.org/10. 36667/jppi.v7i2.368

Khairuddin, Z. (2013). A study of students’ reading interests in a second language. International Education Studies, 6(11), 160–170. https://doi.org/10.5539/ies. v6n11p160

Machado, J. M. (2013). Early childhood experiences in language arts: early literacy 10th edition (10th ed.). Jakarta: Wadsworth Publishing.

Nurwida, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Story Telling untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru, 20(2), 1-8. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/13038

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Richard, J. C., & Rodgers, T. (2001). Approaches and methods in language teaching. Cambridge University Press.

Sari, N. I., Mulyani, S., & Septiani Ek. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Media Gambar Di Lingkungan RT 017, RW 08, Jatinegara, Jakarta Timur. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 216-233. http://dx.doi.org/10.30998/ jurnalpkm.v3i2.4335

Scull, J., Paatsch, L., & Raban, B. (2013). Young learners: teachers’ questions and prompts as opportunities for Children’s Language Development. Asia-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education, 7(1), 69–91. https://research.monash.edu/en/publications/young-learners-teachers-questions-and-prompts-as-opportunities-fo

Suyanto, E. (2011). Membina, memelihara, dan menggunakan bahasa indonesia secara benar. Yogyakarta: Ardana Media.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Yuli Wahyuni, Diyah Iis Andriani, & Selviana Teras Widy Rahayu. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Buku Cerita Bergambar . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 48–53. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.27