Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Buku Cerita Bergambar
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.27Keywords:
buku bergambar, speaking, storytelling, total phisycal responseAbstract
Kemampuan berbicara (speaking) menjadi faktor utama penguasaan bahasa Inggris. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Ikhlas yang berlokasi di Pondok Aren merupakan lembaga pendidikan agama yang menghendaki peserta didik memiliki kemampuan berbahasa Inggris, selain ilmu agama. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa peserta didik kesulitan berbicara dalam bahasa Inggris. Oleh sebab itu, tim PkM memutuskan terjun dan menawarkan solusi permasalahan berupa pengajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan karya sastra berupa cerita buku. Kegiatan PkM bertujuan untuk motivasi orang tua dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak, meningkatkan daya dan minat anak membaca buku, serta menambah pengetahuan pendidik terhadap proses pembelajaran bahasa Inggris. Tim menggunakan metode Storytelling dan Total Phisycal Response. Hasilnya meningkatnya motivasi belajar para peserta didik bahasa Inggris, minat membaca melalui media cerita bergambar dan menyampaikan isi cerita menggunakan bahasa Inggris. Hal ini secara tidak langsung dapat melatih peserta didik dalam berbicara bahasa Inggris.
Downloads
References
Asfandiyar, & Iskandar, A. Y. S. (2007). Cara pintar mendongeng. (S. Iskandar (ed.)). Dar Mizan.
Faizah, I., & Handayani, P. (2019). Inovasi Media Pembelajaran Al-Qur’an Di Tpq Ar-Rahman Desa Ganggang Panjang. IPTEKS, 5(2), 169–175. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/jpmi.v5i2.2941
Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036. https://doi.org/10.31004/ jptam.v4i2.566
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta. Hal. 181-188
Hamzah, B. U. (2007). Teori motivasi dan pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong ASEAN COMMUNITY 2015. Junral Profesi Pendidik, 3(1), 102-106.
Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik. Penelitian Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183–197. https://doi.org/https://doi.org/10. 36667/jppi.v7i2.368
Khairuddin, Z. (2013). A study of students’ reading interests in a second language. International Education Studies, 6(11), 160–170. https://doi.org/10.5539/ies. v6n11p160
Machado, J. M. (2013). Early childhood experiences in language arts: early literacy 10th edition (10th ed.). Jakarta: Wadsworth Publishing.
Nurwida, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Story Telling untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru, 20(2), 1-8. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/13038
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Richard, J. C., & Rodgers, T. (2001). Approaches and methods in language teaching. Cambridge University Press.
Sari, N. I., Mulyani, S., & Septiani Ek. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Media Gambar Di Lingkungan RT 017, RW 08, Jatinegara, Jakarta Timur. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 216-233. http://dx.doi.org/10.30998/ jurnalpkm.v3i2.4335
Scull, J., Paatsch, L., & Raban, B. (2013). Young learners: teachers’ questions and prompts as opportunities for Children’s Language Development. Asia-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education, 7(1), 69–91. https://research.monash.edu/en/publications/young-learners-teachers-questions-and-prompts-as-opportunities-fo
Suyanto, E. (2011). Membina, memelihara, dan menggunakan bahasa indonesia secara benar. Yogyakarta: Ardana Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yuli Wahyuni, Diyah Iis Andriani, Selviana Teras Widy Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.