Psikoedukasi Penggunaan Media Digital Untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.231Keywords:
kesehatan mental, media digital, psikoedukasiAbstract
Penggunaan media digital saat ini semakin meluas diberbagai kalangan, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Ketergantungan terhadap media digital juga semakin meningkat dan dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan bertujuan untuk memberikan edukasi psikologis terkait maraknya kasus kecanduan gawai digital, terutama dalam lingkungan sekolah dan rumah tangga dengan korban sebagian besar adalah anak didik atau atau anak-anak yang baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah. Pengabdian ini dilaksanakan di SDN 67 Kendari Kegiatan ini akan melibatkan Guru, orang tua murid dan Tenaga pengajar dari Jurusan Psikologi Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Halu Oleo. Metode pelaksanaan pengabdian ini terdiri tiga tahapan yaitu pengisian lembar Pre-test, psikoedukasi, dan pengisian lembar post-test. Setelah melakukan analisis data ditemukan adanya peningkatan nilai post-test sebesar 68.8 dibandingkan dengan nilai pre-test sebanyak 57.83 hal ini menunjukkan terjadi peningkatan presentase pemahaman peserta terkait materi dengan hasil uji beda (t) sebesar -6.67 yang berarti terdapat perbedaan nilai yang signifikan. Melalui program psikoedukasi ini peserta mendapat tambahan pengetahuan terkait dampak psikologis yang mempengerahui seseorang dalam menggunakan media digital.
Downloads
References
Hermansyah, D. C. M. (2023). Psikoedukasi Kesehatan Mental Mengenai Adiksi Gadget & Sosial Media Di SDN 1 Kutakarya. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 4557-4565. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/view/4242.
Hidayanto, S., Syafrina, A. E., & Imaddudin, I. (2024). Bijak Bermedia Sosial untuk Stabilitas Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 4(4). http://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPMWidina/article/view/769.
Hutagalung, J. E., Siregar, I. K., Yesputra, R., Efendi, B., & Saputra, E. (2024). Pelatihan Penggunaan Internet Aman Bagi Anak-Anak Di Era Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mitra Kreasi Cendekia (MKC), 2(1), 99-106.
Iramadhani, D., Julistia, R., & Muna, Z. (2021). Psikoedukasi Pengaruh Gadget Terhadap Pelajar Didunia Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 2(2), 96-101. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.70
Isni, R. A. F., & Anugrah, D. (2021). Penanganan kecanduan gadget pada anak usia sekolah selama masa pandemi covid-19 di Desa Wantilan, Kabupaten Subang. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(28), 149-165.
Jadidah, I. T., Rahayu, A., Bella, H. S., Julinda, J., & Anggraini, T. W. (2023). Pengaruh Media Digital Terhadap Sosial Budaya Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(04), 253-268. http://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/830.
Mahadi, J. P. W., Dewa, I., Eka, A., Dharma Tari, P., Made Mahaardhika, I., Semara, A., & Giri, P. (2023). PKM. Psikoedukasi Kesehatan Mental Pada Masyarakat Di Desa Wisata Pinge. Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan. https://doi.org/10.5281/zenodo.5759247
Maola, P. S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 219-225.https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2147311.
Merida, S. C., Fitriyana, R., Afifah, E. N., Virgin, I. R., Badaruzzaman, B., & Raja, B. L. (2021). Psikoedukasi dalam mempersiapkan mahasiswa menyongsong era digital. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 54-68. https://www.academia.edu/download/82258661/pdf_1.pdf.
Oktavia, B. N., Trisiana, A., Rossa, N. R., Wardiyanti, Y., Sholikhati, S., Setiawan, N., & Ishak, Y. (2023). Membentuk karakter anak di sekolah melalui literasi digital. Unisri Press.
Rini, M. K., & Huriah, T. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1). https://journal.um-surabaya.ac.id/JKM/article/view/4609.
Sudrajat, A. (2020). Apakah Media Sosial Buruk untuk Kesehatan Mental dan Kesejahteraan? Kajian Perspektif Remaja. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 2(1), 41-52. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/274.
Wulandari, D., & Lestari, T. (2021). Pengaruh gadget terhadap perkembangan emosi anak. Jurnal pendidikan tambusai, 5(1), 1689-1695. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1162.
Wulandari, V., Rullyana, G., & Ardiansah, A. (2021). Pengaruh algoritma filter bubble dan echo chamber terhadap perilaku penggunaan internet. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 17(1), 98-111.
Yusal, N. P. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Siswa Kelas 6 Sdn Sawah Lega Menggunakan Metode Linear Regresi. Jurnal Komputer dan Sistem Informasi, 1(3), 90-96. https://komisijournal.indiepress.id/index.php/komisi/article/view/13.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 La Ode Surazal Qalbi, Nani Restati Siregar , Yuliastri Ambar Pambudhi , Astri Yunita, Linda Fajriah , Maolana Mohamad Sah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.