Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Darnawati Universitas Halu Oleo
  • Muliha Halim Universitas Halu Oleo
  • Jafar Ahiri Universitas Halu Oleo
  • Asna Wirayanti Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i1.224

Keywords:

kualitas, pelatihan, penelitian tindakan kelas

Abstract

Guru-guru sekolah dasar kesulitan untuk naik dari golongan IVa ke golongan IVb, disebabkan guru mengalami hambatan dalam melaksanakan aturan kenaikan golongan, diantaranya menulis karya ilmiah dan laporan hasil penelitian. Serta bagaimana meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru-guru Sekolah Dasar dalam menyusun laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang sesuai dengan standar akademik dan kebutuhan pembelajaran. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pelaksanaan berhasil dengan baik, yakni jumlah kehadiran peserta dari yang direncanakan 20 yang hadir 26 orang atau 130%; Jumlah peserta yang menyerahkan judul penelitian sesuai permasalahan dalam pembelajaran di kelasnya dan Daftar Isi Proposal PTK sebanyak 21 orang atau 80,77%; dan Jumlah peserta yang menyerahkan draf proposal PTK 22 atau 84,62%. Dengan adanya kesiapan materi yang akan disampaikan, termasuk kejelasan tujuan pembelajaran dan relevansi konten dengan kebutuhan peserta. Model pelatihan menerapkan metode ceramah-tanyajawab dan simulasi sehingga mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta pelatihan. Dengan demikian, peserta dapat meningkatkan kualitas laporan mereka, sehingga lebih mudah diterima oleh pihak yang berwenang dalam penilaian kenaikan pangkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (2024). Pendidikan Berkelanjutan untuk Guru. Retrieved from https://guruberdaya.org/pendidikan-berkelanjutan-untuk-guru/

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Burns, A. (1999). Collaborative Action Research for English Teachers. Cambridge: University Press Callella.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson.

Elliott, J. (1991). Action Research for Educational Change. Buckingham: Open University Press.

Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (2012). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. Boston: Pearson.

Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. Bandung: Upi Press.

Hidayati, Y., Purwanti, D. D., & Dewi, M. K. (2018). Effective Classroom Management in Islamic Educational Institutions. International Proceeding Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2, 1-7.

Hikmah, N., Sarjana, K., Triutami, T. W., Salsabila, N. H., & Kurnaiwan, E. (2022). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru SD di Sesela. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 147-153.

Hopkins, D. (2008). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Buckingham: Open University Press.

Jayanta, L. I. N., Rati, N., Diputra, K. S., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Sd. Jurnal Widya Laksana, 6(1), 1-7.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Australia: Deakin University.

Kusuma, W., & Dwitagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Pattaufi, Aswan, D., Jamalong, A., & Baids, F. (2024). Pendampingan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sma Negeri 1 Pamboang. Paramacitra:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 132-137.

Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Saputri, D. I. (2022). Pentingnya Peran Guru Profesional dalam Meningkatkan Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Retrieved from https://osf.io/kwu47/download

Setiawan, W., Hatip, A., Haerussaleh, Huda, N., & Martono, B. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Khatulistiwa, 6(2), 109-116.

Simanjuntak, E., Manullang, S., & Sinaga, M. S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri ( SMPN ) dengan Melakukan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(3), 383-386.

Sunendiari, S., Yanti, T. S., Iswani, A., & Suliadi. (2014). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMA di Wilayah Bandung dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru. Prosiding SNaPP2014 Sains, Teknologi, dan Kesehatan, 4 (1), 7-14.

Vroom, V. H. (1964). Work and Motivation. New York: Wiley.

Widayati, N. S., & Muaddab, H. (2012). 29 Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jombang: ElHaf Publishing.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Darnawati, Halim, M., Ahiri, J., & Wirayanti, A. (2024). Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 153–161. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v6i1.224

Issue

Section

Articles

Categories