Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat Untuk Mencegah Cyberbullying

Authors

  • Sitti Rahmaniar Abubakar Universitas Halu Oleo
  • Isna Universitas Halu Oleo
  • Alber Tigor Arifyanto Universitas Halu Oleo
  • Sri Yuliani M Universitas Halu Oleo
  • Damsir Universitas Halu Oleo
  • Nur Aeni Muhlisa Dhafet Universitas Halu Oleo
  • Anbar Zumayyah M Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.219

Keywords:

cyber bullying, literasi digital, masyarakat

Abstract

Cyberbullying merupakan masalah yang semakin mendesak di era digital ini, dengan dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental dan emosional individu. Literasi digital, yang mencakup kemampuan memahami, menggunakan, dan mengevaluasi informasi dari sumber digital, menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah cyberbullying. Tujuan pengabdian ini adalah untuk: 1) meningkatkan literasi digital Masyarakat, dan 2) meningkatkan pemahaman literasi digitar masyarakat untuk pencegahan tindak perundungan digital (cyberbullying). Kegiatan ini dilakukan dengan metode penyuluhan. Sebelum dilaksanakan, terlebih dahulu melaksanakan sosialisasi menyampaikan maksud dan tujuan pelaksaan penyuluhan. Dengan adanya pengabdian ini diperoleh hasil yaitu 1) terjadi peningkatan literasi digital masyarakat, 2) adanya perubahan peningkatan pemahaman masyrakat mengenai bahaya cyberbullying dan bijak dalam menggunakan media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, S. R. (2018). Mencegah Lebih Efektif Dari Pada Menangani (Kasus Bullying Pada Anak Usia Dini). Jurnal Smart Paud, 1(1). https://doi.org/10.36709/jspaud.v1i1.3514

Annggita, S. R. (2023). Implementasi Kebijakan Literasi Digital Dalam Pencegahan Tindak Cyberbullying di SMAN 1 Srandakan Bantul. 12(39), 53–66. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/sakp/article/view/19412.

Anshori, I. F., Hidayatulloh, S., Dewi, A. S., Viargi, R., & Yulianti, S. (2022). Fenomena Cyber Bullying Dalam Kehidupan Remaja.

Darmawan, N. H., Hilmawan, H., Seftian, D., Aulia, L., Hikmatullah, L., Zahira, M., ... & Sopia, S. (2023). Literasi Digital: Pemahaman Cyberbullying pada Siswa Sekolah Dasar. Madaniya, 4(4), 1929-1935.

Imanti, V., & Triyono, T. (2018). Dampak Psikologis Wanita Karir Korban Cyber Bullying. An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 10(2).1-14. https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/article/view/784.

Kırcaburun, K., Kokkinos, C. M., Demetrovics, Z., Király, O., Griffiths, M. D., & Çolak, T. S. (2019). Problematic online behaviors among adolescents and emerging adults: Associations between cyberbullying perpetration, problematic social media use, and psychosocial factors. International Journal of Mental Health and Addiction, 17, 891-908.

Kowalski, R. M., & Limber, S. P. (2013). Psychological, physical, and academic correlates of cyberbullying and traditional bullying. Journal of adolescent health, 53(1), S13-S20.

Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2012). School-based efforts to prevent cyberbullying. The Prevention Researcher, 19(3), 7-10.

Piliang, Y. A. (2012). Masyarakat informasi dan digital: Teknologi informasi dan perubahan sosial. Jurnal Sosioteknologi, 11(27), 143-155.

Pratama, K. R. (2021). Instagram, Media Sosial Pemicu :Cyberbullying Tertinggi. Kompas.Com

Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh literasi digital terhadap psikologis anak dan remaja. Semantik, 6(1), 11-24. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/250.

Rahayu, F. S. (2012). Cyberbullying sebagai dampak negatif penggunaan teknologi informasi. Journal of Information Systems, 8(1), 22-31.

Sakban, A., Sahrul, S., Kasmawati, A., & Tahir, H. (2019). Kebijakan Hukum Pidana Terhadap Kejahatan Cyber Bullying di Indonesia, CIVICUS: Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan Pendidikan, 16(2), 146–156. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/11327/pdf

Silvana, H., & Cecep. (2018). Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan Pendidikan, 16(2), 146–156. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/11327/pdf

Sofica, V., Harafani, H., Fahmi, M., Ispandi, & Fakhriza, M. H. (2021). Pemanfaatan Internet Sehat Menuju Kemandirian Belajar Bagi Pelajar Tegal Parang Jakarta Selatan. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 1(2), 119–126. https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i2.664

Sumiati, S., & Is, S. S. (2017). Dampak Ilmu Pengetahuan Teknologi Terhadap Iman Dan Takwa Mahasiswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(02), 111-120. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1030.

Susanti, A., & Sudahri, S. (2020). Sosialisasi Bahaya Cyberbullying Pada Remaja (Perspektif Islam Dan Patologi Sosial). Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 6(1), 21-27. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENGABDIAN_IPTEKS/article/view/3343.

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan etika berdigital bagi pelajar di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2155-2165. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/8203.

UNICEF. (2020). Cyberbullying: Apa itu dan bagaimana menghentikannya. UNICEF. https://www.unicef.org/indonesia/id/chi ld-protection/apa-itu-cyberbullying.

Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh media sosial terhadap perilaku cyberbullying pada kalangan remaja. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 257-262. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala%0APengaruh

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Abubakar, S. R., Isna, Arifyanto, A. T., Yuliani M , S., Damsir, Dhafet , N. A. M., & Zumayyah M, A. (2024). Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat Untuk Mencegah Cyberbullying. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 338–345. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.219

Issue

Section

Articles

Categories