Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat Untuk Mencegah Cyberbullying
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.219Keywords:
cyber bullying, literasi digital, masyarakatAbstract
Cyberbullying merupakan masalah yang semakin mendesak di era digital ini, dengan dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental dan emosional individu. Literasi digital, yang mencakup kemampuan memahami, menggunakan, dan mengevaluasi informasi dari sumber digital, menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah cyberbullying. Tujuan pengabdian ini adalah untuk: 1) meningkatkan literasi digital Masyarakat, dan 2) meningkatkan pemahaman literasi digitar masyarakat untuk pencegahan tindak perundungan digital (cyberbullying). Kegiatan ini dilakukan dengan metode penyuluhan. Sebelum dilaksanakan, terlebih dahulu melaksanakan sosialisasi menyampaikan maksud dan tujuan pelaksaan penyuluhan. Dengan adanya pengabdian ini diperoleh hasil yaitu 1) terjadi peningkatan literasi digital masyarakat, 2) adanya perubahan peningkatan pemahaman masyrakat mengenai bahaya cyberbullying dan bijak dalam menggunakan media sosial.
Downloads
References
Abubakar, S. R. (2018). Mencegah Lebih Efektif Dari Pada Menangani (Kasus Bullying Pada Anak Usia Dini). Jurnal Smart Paud, 1(1). https://doi.org/10.36709/jspaud.v1i1.3514
Annggita, S. R. (2023). Implementasi Kebijakan Literasi Digital Dalam Pencegahan Tindak Cyberbullying di SMAN 1 Srandakan Bantul. 12(39), 53–66. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/sakp/article/view/19412.
Anshori, I. F., Hidayatulloh, S., Dewi, A. S., Viargi, R., & Yulianti, S. (2022). Fenomena Cyber Bullying Dalam Kehidupan Remaja.
Darmawan, N. H., Hilmawan, H., Seftian, D., Aulia, L., Hikmatullah, L., Zahira, M., ... & Sopia, S. (2023). Literasi Digital: Pemahaman Cyberbullying pada Siswa Sekolah Dasar. Madaniya, 4(4), 1929-1935.
Imanti, V., & Triyono, T. (2018). Dampak Psikologis Wanita Karir Korban Cyber Bullying. An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 10(2).1-14. https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/article/view/784.
Kırcaburun, K., Kokkinos, C. M., Demetrovics, Z., Király, O., Griffiths, M. D., & Çolak, T. S. (2019). Problematic online behaviors among adolescents and emerging adults: Associations between cyberbullying perpetration, problematic social media use, and psychosocial factors. International Journal of Mental Health and Addiction, 17, 891-908.
Kowalski, R. M., & Limber, S. P. (2013). Psychological, physical, and academic correlates of cyberbullying and traditional bullying. Journal of adolescent health, 53(1), S13-S20.
Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2012). School-based efforts to prevent cyberbullying. The Prevention Researcher, 19(3), 7-10.
Piliang, Y. A. (2012). Masyarakat informasi dan digital: Teknologi informasi dan perubahan sosial. Jurnal Sosioteknologi, 11(27), 143-155.
Pratama, K. R. (2021). Instagram, Media Sosial Pemicu :Cyberbullying Tertinggi. Kompas.Com
Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh literasi digital terhadap psikologis anak dan remaja. Semantik, 6(1), 11-24. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/250.
Rahayu, F. S. (2012). Cyberbullying sebagai dampak negatif penggunaan teknologi informasi. Journal of Information Systems, 8(1), 22-31.
Sakban, A., Sahrul, S., Kasmawati, A., & Tahir, H. (2019). Kebijakan Hukum Pidana Terhadap Kejahatan Cyber Bullying di Indonesia, CIVICUS: Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan Pendidikan, 16(2), 146–156. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/11327/pdf
Silvana, H., & Cecep. (2018). Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan Pendidikan, 16(2), 146–156. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/11327/pdf
Sofica, V., Harafani, H., Fahmi, M., Ispandi, & Fakhriza, M. H. (2021). Pemanfaatan Internet Sehat Menuju Kemandirian Belajar Bagi Pelajar Tegal Parang Jakarta Selatan. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 1(2), 119–126. https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i2.664
Sumiati, S., & Is, S. S. (2017). Dampak Ilmu Pengetahuan Teknologi Terhadap Iman Dan Takwa Mahasiswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(02), 111-120. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1030.
Susanti, A., & Sudahri, S. (2020). Sosialisasi Bahaya Cyberbullying Pada Remaja (Perspektif Islam Dan Patologi Sosial). Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 6(1), 21-27. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENGABDIAN_IPTEKS/article/view/3343.
Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan etika berdigital bagi pelajar di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2155-2165. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/8203.
UNICEF. (2020). Cyberbullying: Apa itu dan bagaimana menghentikannya. UNICEF. https://www.unicef.org/indonesia/id/chi ld-protection/apa-itu-cyberbullying.
Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh media sosial terhadap perilaku cyberbullying pada kalangan remaja. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 257-262. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala%0APengaruh
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Sitti Rahmaniar Abubakar, Isna , Alber Tigor Arifyanto, Sri Yuliani M , Damsir, Nur Aeni Muhlisa Dhafet , Anbar Zumayyah M
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.