Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK Melalui Gamifikasi Nearpod

Authors

  • Rezki Amaliyah AR Universitas Sulawesi Barat
  • Sitti Inaya Masrura Universitas Sulawesi Barat
  • Amran Yahya Universitas Sulawesi Barat
  • Nursafitri Amin Universitas Sulawesi Barat
  • Nursyam Anaguna Universitas Sulawesi Barat
  • Nenny Indrawati Universitas Sulawesi Barat
  • Ketrin Rinayanti Manullang Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.199

Keywords:

gamifikasi, nearpod, pelatihan, tik

Abstract

Pendidikan berkualitas merupakan salah satu dari tujuan SDGs yaitu kebijakan global dalam menciptakan perubahan positif. Paradigma perubahan pendidikan dan pembelajaran seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam proses belajar mengajar pemanfaatan teknologi sebagai sumber atau media pembelajaran menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu dilaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mendesain media pembelajaran intreaktif berbasis TIK. Metode pelaksanaan menggunakan metode knowledge  transfer dan model  community  development dengan tiga tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun jenis aplikasi yang dilatihkan yaitu Nearpod. Nearpod merupakan salah satu platform web yang mengintegrasikan TIK dan konsep gamifikasi dalam pembelajaran. Beradsarkan hasil pengisi kuesioner diperoleh 92% guru menyatakan bahwa materi yang disajikan baik sekali, 100% menyatakan cara penyajian materi baik sekali dan 100% menyatakan pengetahuan dan keterampilan guru meningkat setelah kegiatan. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan kegiatan pelatihan dan pendampingan ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mendesain media pembelajaran intreaktif berbasis TIK serta mendapatkan respon positif dari peserta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asy’ari, M., Hunaepi, H., Dharmawibawa, I. D., Samsuri, T., Muhali, M., & Prayogi, S. (2021). Aplikasi Mendelay Sebagai Management Reference Tools Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 91–99. https://doi.org/10.36312/linov.v6i2.547

Baarik, M. H. A., Yamin, M. A., Sianipar, I., Kusumadjati, A., Alfarasyi, A. R., Rahmat, H. K., & Rahma, T. N. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Software Microsoft Nearpodsebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. IndonesianJournal of Emerging Trends in Community Empowerment, 1(1), 15–20. https://ejournal.pabki.org/index.php/ETCE

Basuki, B. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Mengaplikasikan TIK Untuk Meningkatkan Kompetensi Mengajar Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(2), 226–234. https://doi.org/https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.185

Halidi, H. M., Husain, S. N., & Sahrul Saehana. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. Mitra Sains, 3(1), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.22487/mitrasains.v3i1.58

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Hidayati, A. N. (2021). Efektivitas Pelatihan TIK Di Wilayah Kerja (PDWK) Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru MTs Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 101–107.

Inanta, R., Zulhaji, Z., & Indrayani, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Nearpod pada Peserta Didik SMPK Penabur Kelapa Gading Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 418–424.

Jamaluddin, J., Mustami, M. K., Ismail, M. I., & Mania, S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis Tik dan Bahan Cetak Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Sinjai. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 621–640. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1956

Khoirunnisa, A., Kurniati, T., & Ukit, U. (2023). PENGARUH Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantu Nearpod Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh. Bioedutech: Jurnal Biologi, Pendidikan Biologi, Dan Teknologi Kesehatan, 2(2), 20–30. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/biedutech.v2i2.1364

Musfirotun, R., Sismulyasih, N., Rofiah, S. N. H., & Astuti, N. F. (2023). Platform Belajar Aktif: “Menerobos Batasan Dengan Media Pembelajaran Interaktif.” Cahya Ghani Recovery.

Mustafah, J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Sumber Belajar. kecana.

Pathuddin, Nasir, R., Alfisyahra, Mubarik, & Fajriani. (2023). Pelatihan Pembuatan Instrumen Penilaian Berbasis Media Nearpod. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4). https://doi.org/https://doi.org/10.35877/panrannuangku2397

Patras, E. Y., Iqbal, A., Papat, & Rahman, Y. (2019). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah Dan Tantangannya. 7(2), 800–807. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1329

Singerin, S. (2022). Manajemen Pelatihan dan Pengembangan. Azka Pustaka.

Suratman, A., Rakhmasari, R., & Apyaman, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Analisa, 5(1), 41–50. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index

Susanto, T. A. (2021). Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Basicedu, 5(5), 3498–3512. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1399

Syofyan, R., & Husni, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ecogen, 6(3), 422–433. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v6i3.15297

Wicaksono, R. A., & Sutikno, P. Y. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Model Example Non-Example Berbantuan Media Audiovisual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(3), 131–138. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1592

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Amaliyah AR, R., Masrura, S. I., Yahya, A., Amin, N. ., Anaguna, N., Indrawati, N., & Manullang, K. R. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK Melalui Gamifikasi Nearpod . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 243–253. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.199