Edukasi Perancangan Virtual Laboratory Pada Guru SMKN

Authors

  • Luh Sukariasih Universitas Halu Oleo
  • Syarifuddin Universitas Halu Oleo
  • Vivi Hastuti R.M Universitas Halu Oleo
  • Erniwati Universitas Halu Oleo
  • Abdin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.17

Keywords:

android, covid-19, virtual laboratory, voltLab dan PhET

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi perancangan virtual laboratory pada guru SMKN 6. Perancangan Virtual Laboratory dibuat berbasis Android dengan menggunakan aplikasi VoltLab dan PhET. Metode pendekatan yang dilakukan dengan cara edukasi dan pelatihan. Pelatihan menggunakan metode praktikum, ceramah, tanya-jawab, diskusi, dan presentasi. Evaluasi pelaksanaan program dengan menggunakan pretest dan posttest yang dibuat oleh pengusul berupa soal uraian. Data awal dan akhir dicari gain score. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap kompetensi guru khususnya kemampuan guru-guru SMK Negeri 6 Kendari untuk merancang sistem praktikum virtual laboratory berbasis android menggunakan Voltlab dan PhET masih berada pada kategori rendah dengan tahapan darurat yang dicirikan oleh pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tahap permulaan. Hasil kegiatan diperoleh, sebelum edukasi Virtual Laboratory atau pada saat pre-test guru SMKN 6 Kendari memperoleh nilai rerata sebesar 31.84 dengan kategori tidak tuntas dan saat post-test memperoleh nilai rerata sebesar 78.94 dengan kategori tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, W. C., Suratno, & Iqbal, M. (2016). Pengembangan Virtual Laboratory Sistem Ekskresi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(4), 130–136.

Arifin, Z., Destiansari, E., & Amizera, S. (2020). Pengembangan Mobile Virtual Laboratorium Pada Pembelajaran Praktikum Materi Pencemaran Air. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (2), 123-130. https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2216

Gunawan, Harjono, A., & Sahidu, H. (2015). Pengembangan Model Laboratorium Virtual Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 5(2), 41–46.

Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pembelajaran Kooperatif berbasis Konstruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 32–36. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2010

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44

Masita, S. I., Donuata, P. B., Ete, A. A., & Rusdin, M. E. (2020). Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 136-141. http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v5i2.12900

Nisa, S. K., Nurmiyati, & Rinanto, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Kelas XI MIPA. Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(2), 120- 126. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi. v8i2.39434

Risnawati, R., Yuris, M., & Erniwati, E. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas IX SMPN 17 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 65-71. http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v5i1.10542

Rizal, A., Adam, R. I., & Sisulawati. (2018). Sistem Kelas Virtual dan Pengelolaan Pembelajaran berbasis 3-Dimensional Virtual World. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, 4(2), 132-140. http://dx.doi.org/10.26418/jp.v4i2.27449

Tang, Y. H., Hamilton, C., Parks, H., Deaver, D., & Wood, B. (2006). Experimental Design of NCSLI 2005 Josephson Voltage Standard Interlaboratory Comparison. NCSLI Measure, 1(1), 36-40. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/19315775.2006.11721306

Thelwall, M., & Thelwall, S. (2020). Retweeting for COVID-19: Consensus building, information sharing, dissent, and lockdown life. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/340475798_Retweeting_for_COVID-19_Consensus_building_information_sharing_dissent_and_lockdown_life

Wieman, C. E., Adams, W. K., Loeblein, P., & Perkins, K. K. (2010). Teaching physics using PhET simulations. The Physics Teacher, 48(4), 225-227. https://doi.org/10.1119/1.3361987

Wolf, T. (2020). Assessing Student Learning in a Virtual Laboratory Environment. IEEE Transactions On Education, 53(2), 216-222. https://doi.org/10.1109/TE.2008.2012114

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Sukariasih, L. ., Syarifuddin, Hastuti R.M, V. ., Erniwati, & Abdin. (2022). Edukasi Perancangan Virtual Laboratory Pada Guru SMKN . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 155–160. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.17