Peningkatan Kompetensi Profesional Konselor melalui Pelatihan Konseling Berbasis Riset bagi Konselor Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Ardimen UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Masril UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Hadiarni UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Rafsel Tas'adi UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Dasril UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Emeliya Hardi UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Desri Jumiarti UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Rina Yulitri UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Diah Suci Ramadhani UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Dila Rozalina UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Nidya Juwita Roza UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Rada Desviana UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Yuliana Nelisma UIN Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.168

Keywords:

kompetensi profesional, konselor, pelatihan konselin, riset

Abstract

Tantangan konselor di antaranya adalah melakukan inovasi layanan konseling sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta tuntutan kebutuhan konseli. Salah satu strategi untuk inovasi dalam pelayanan konseling adalah melalui pelayanan konseling berbasis riset. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan konselor sekolah dalam mengelola layanan konseling berbasis riset. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan pengebdian ini adalah pembelajaran terbimbing dan project-based learning (PjBL). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil pengabdian adalah kuesioner. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa seluruh peserta mendapatkan pengetahuan baru dan kegiatan pengabdian ini dirasakan sangat menarik dan bermanfaat untuk inovasi layanan serta peningkatan kinerja konselor, seluruh peserta menyatakan terbantu dalam mengidentifikasi masalah, peserta terbantu dalam memilih pendekatan atau Teknik layanan konseling yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan layanan konseling. Sebagian kecil peserta masih mengalami kesulitan dalam menggunakan manajemen referensi dalam menulis, mereka lebih suka menulis dan mengutip secara manual. Peserta memiliki pengalaman dalam merancang RPL berbasis riset, berpengalaman memilih metode penelitian dan pendekatan konseling yang mendukung tujuan riset, berpengalaman dalam merancang instrumen evaluasi dan berpengalaman menulis artikel hasil pelayanan konseling berbasis riset.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardimen, A., & Zuwirda, Z. (2015). Implementasi Program Musyawarah Guru BK (MGBK) SLTP Kabupaten Lima Puluh Kota. Proceeding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling dan Konsorsium Keilmuan BK di PTKI, 46-61. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/679/672

Ardimen, A. (2016). Counseling services based research to improve the quality of learning through counseling. Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 164-171. https://doi.org/10.24127/gdn.v6i2.552

Ardimen, A. (2017). Rekonstruksi Kinerja Pendidik Melalui Pembelajaran dan Pelayanan Konseling Berbasis Riset. Proceeding IAIN Batusangkar.

Ardimen, A. (2017). Evaluasi kinerja konselor dalam proses konseling dan riset konseling di sekolah. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1414

Ardimen, A. (2017). Peningkatan Kompetensi Profesional Calon Konselor dalam Menulis Proposal Penelitian. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1). https://doi.org/10.29240/jbk.v1i1.225

Ardimen, A. (2018). Visi Baru Konselor Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah dan Madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 22–29. https://doi.org/10.21067/jki.v4i1.2733

Ardimen, A., Yulitri, R., & Gustina, G. (2019). Penerapan Metode Project-Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Metodologi Penelitian Bidang Konseling. Lentera Pendidikan, 22(1), 64-80.

Ayuningtyas, & Suhandiah, S. (2019). Pelaksanaan Pelatihan Google Form Bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMA Kabupaten Sidoarjo. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-II.

Bestari, M. P., & Hakiki, M. H. (2018). Peningkatan Literasi Sekolah Guru dan Siswa melalui Pengabdian Kepada Masyarakat Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2). https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v2i1.137-148

Geldard, K., & Geldard, D. (2011). Keterampilan Praktik Konseling: Pendekatan Integratif. Alih Bahasa: Eva Hamdiah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, R. D., Fridani, L., Al Ansyari, F. A., & Rahmawati, D. O. (2020). Pelatihan Mengidentifikasi Kesulitan Pengambilan Keputusan Karier dengan Menggunakan SKPK pada Siswa di MGBK SMA Jakarta Timur. Sarwahita ; Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Mappiare, A. (2019). Pendidikan dan Pelatihan Teknik Pendukung Konseling Model KIPAS pada Perantau Akademik dan Guru BK Malang Raya. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. https://doi.org/10.17977/um050v2i3p135-140

Morisa, et al. (2021). Penguatan kompetensi konselor pada MGBK SMK Kota Depok pada masa pandemi Covid-19. Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/10655/4483

Muis, A. (2020). Peningkatan kompetensi guru bk melalui komunitas MGBK. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik). https://doi.org/10.26740/bikotetik.v4n2.p50-54

Onate, M. E., & Loekmono, Ph.D, P. J. . L. (2016). Evaluasi program musyawarah guru bimbingan dan konseling SMP/MTS kota Salatiga tahun 2012 – 2015. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p294-309

Pandang, A., & Anas, M. (2018). Analisis Permasalahan dan Kebutuhan Penguatan Kompetensi Guru Bimbingan Konseling di Kota Makassar. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.135

Rahman, D. H., Multisari, W., & Probowati, D. (2020). Pelatihan Keterampilan Esensial Konseling untuk Konselor Sekolah dengan Structured Learning Approach. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.4222

Sulistyowati, M. D. R. (2018). Pengelolaan MGBK dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling SMA/MA. Media Manajemen Pendidikan, 1(2), 169-176. https://doi.org/10.30738/mmp.v1i2.3120

Suriswo, S. (2019). Studi Evaluatif pada Pelaksanaan Kurikulum BK 2013 di Kota Tegal (Studi tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada MGBK Kota Tegal dalam Hal Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Kurikulum 2013). JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1). https://doi.org/10.24905/jcose.v2i1.47

Syahniar, S., & Putriani, L. (2017). Pelatihan dan Workshop Pendekatan dan Teknik Konseling Expressive Therapy bagi Guru BK SLTP/ MTs.N Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.29210/120300

Tri Susilo, A., Purwaningrum, R., & Rokhmad Hidayat, R. (2020). Pelatihan konseling traumatik berbasis experiential learning pada konselor. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling , 4(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.492

Winingsih, E., Darminto, E., Nuryono, W., Khusumadewi, A., & Putra, R. A. H. (2020). Pelatihan Learning Theory of Career Counseling bagi Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.4768

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Ardimen, Masril, Hadiarni, Tas'adi, R., Dasril, Hardi, E., Jumiarti, D., Yulitri, R., Ramadhani, D. S., Rozalina, D., Roza, N. J., Desviana, R., & Nelisma, Y. (2024). Peningkatan Kompetensi Profesional Konselor melalui Pelatihan Konseling Berbasis Riset bagi Konselor Sekolah Menengah Pertama . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 346–357. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.168

Issue

Section

Articles

Categories