Optimalisasi Penerapan Self Healing Bagi Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Puspita Puji Rahayu Universitas Nasional Karangturi

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.16

Keywords:

edukasi, pandemi covid-19, self healing

Abstract

Tuntutan yang dihadapi remaja di sekolah antara lain tuntutan naik kelas, menyelesaikan banyak tugas, mendapatkan nilai ulangan yang tinggi, keputusan menentukan jurusan, kecemasan menghadapi ujian, tuntutan untuk dapat mengatur waktu belajar dan sistem belajar. berdampak pada kondisi psikis dimana siswa menjadi rentan mengalami kecemasan bahkan stres sehingga pelajar perlu mendapatkan pemahaman mengenai cara dalam menangani hal tersebut ataupun dalam menghadapi rasa bosan ketika menjalani pembelajaran daring. Salah satu cara yang dapat diajarakan kepada pelajar tersebut adalah self healing. Tujuan diadakan kegiatan ini yaitu untuk membantu para siswa untuk melakukan self healing sehingga memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif yang terjadi pada hidup. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyakat ini adalah metode ceramah dan focus group discussion. Hasil pengabdian kepada masyarat menunjukkan adanya kelancara kegiatan dan antusiasme peserta dengan beberapa pertanyaan saat sesi focus group discussion.

References

Basar, A. M. (2021). Problematika pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19: studi kasus di SMPIT Nurul Fajri-Cikarang Barat-Bekasi. Edunesia: Jurnal Ilmiah Penddidikan, 2(1), 208-218.

Ben Mabrouk, N., Bourgou, S., Staali, N., Hamza, M., Ben Hammouda, A., Charfi, F., & Belhadj, A. (2017). Does gender matter? A comparative study of post-traumatic stress disorder among children and teenager. European Psychiatry, 41, S431. https://doi.org/10.1016/j.eurpsy.2017.01.413.

Chan, E. S., Koh, D., Teo, Y. C., Tamin, R., Lim, A., & Fredericks, S. (2013). Biochemical and psychometric evaluation of Self-Healing Qigong as a stress reduction tool among first year nursing and midwifery students. Complementary Therapies in Clinical Practice, 19(4), 179–183.

Crane, P. J., & Ward, S. F. (2016). Self-healing and self-carefor nurses. AORN Journal, 104(5), 386–400.

Elliott, G. (2014). Are our kids really that angry? An empirical investigation into adolescent aggression in the South African context (1st ed. NV). Anchor Academic Publishing.

Fajri, D. L. (2021). Pengertian Self Healing dan Cara Melakukannya. Retrieved from https://katadata.co.id/safrezi/berita/6197460447a80/pengertian-self-healing-dan-cara-melakukannya

Franco, M., Hsiao, Y.-S., Gnilka, P. B., & Ashby, J. S. (2019). Acculturative stress, social support, and career outcome expectations among international students. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 19(2), 275–291. https://doi.org/10.1007/s10775-018-9380-7

Gunarsa, & Gunarsa. (2017). Psikologi Remaja. Jakarta: Penerbit Libri.

Harnani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Retrieved https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Jacob,T., EB, I., & Raz, O. (2013). Stress among healthcare students—A cross disciplinary perspective. Physiotherapy theory and practice, 29(5), 401–412.

Koudela-Hamila, S., Smyth, J., Santangelo, P., & Ebner-Priemer, U. (2020). Examination stress in academic students: A multimodal, real-time, real-life investigation of reported stress, social contact, blood pressure, and cortisol. Journal of American College Health, 1–12.

Perianto, E. (2021). Self healing bagi peserta didik dan orang tua pada masa pandemic covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 424-429.

Priyoto. (2014). Konsep Manajemen Stres. Yogyakarta: Nuha Medika

Septi, A., B. (2018). Pengaruh Efektivitas Terapi Self Healing Menggunakan Energi Reiki terhadap kecemasan. Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1).

Soetjiningsih. (2010). Tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

Sutarjo, Ip. E., Arum, D. W., & Suarni, N. K. (2014).Efektivitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym Untuk Menurunkan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Wulandari, L. (2013). Pelaksanaan komunikasi interaktif guru dengan siswa pada standar kompetensi melalui prodesur administrasi di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Rahayu, P. P. . (2022). Optimalisasi Penerapan Self Healing Bagi Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 148–154. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.16