Pelatihan Penggunaan Aplikasi Video Conference Untuk Penunjang Pembelajaran Selama Pandemic Covid-19

Authors

  • Sitti Rahmaniar Abubakar Universitas Halu Oleo
  • Dorce Banne Pabunga Universitas Halu Oleo
  • Nurhayati Universitas Halu Oleo
  • Salim Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.15

Keywords:

covid-19, pembelajaran online, video conference

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memperlancar dan mendukung pembelajaran serta pencapaian mutu pembelajaran pada masa pandemic Covid-19 dan peningkatan kompetensi guru bidang TIK pada kedua sekolah mitra. Metode yang digunakan selama proses kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi: (1) metode ceramah untuk memberikan penjelasan langsung penggunaan  aplikasi video conference, (2) metode diskusi untuk curah pendapat antara peserta dengan tim pengabdian pada hal-hal yang dianggap sulit, (3) metode praktek untuk memberikan kesempatan kepada peserta mempraktekan materi pelatihan yang diperoleh. Dengan adanya kegiatan pelatihan ini diperoleh hasil diantaranya: (a) guru pada sekolah mitra dapat menggunakan aplikasi video conference berbasis zoom cloud meeting; (b) guru pada sekolah mitra dapat menggunakan aplikasi video conference berbasis google meeting; (c) guru pada sekolah mitra dapat menggunakan aplikasi video conference berbasis Cisco Webex.

References

Affandi, A., Kusraharjo, G., & Adhiatma, N. (2011). Implementasi E-Learning Dengan Integrasi Video Conference Berbasis Web. 9(1), 17–22.

Arifa, F, N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19. Kajian Singkat Terhadap isu Aktual dan Strategis, 12(7), 13-18.

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal PenSil, 7(2), 25–34. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile Computing Devices In Higher Education: Student Perspectives On Learning With Cellphones, Smartphones & Social Media. Internet and Higher Education, 19, 18-26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Halili, S. H., Sulaiman, S., & Rashid, M. R. A. (2012). Aplikasi Prinsip Pembelajaran Dewasa Knowles dengan Penggunaan Mod Penyampaian Teknologi Sidang Video dalam Kalangan Pelajar Jarak Jauh. Ajtlhe, 4(2), 79–90.

Holland, J. (2014). Video Use And The Student Learning Experience In Politics And International Relations. Politics, 34(3), 263–274. https://doi.org/10.1111/1467-9256.12022.

Israel, M. et al. (2009). Applications of Video-Conferencing Technology in Special Education Teacher Preparation. Journal of Special Education Technology, 24(1), 15–25. https://doi.org/10.1177/016264340902400102

Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia. Jakarta.

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences Between M-Learning (Mobile Learning) And E-Learning, Basic Terminology And Usage Of M-Learning In Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 1925-1930. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029

Kumar, V., & Nanda, P. (2018). Social Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education, 15(1). https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107

Maphosa, C., & Bhebhe, S. (2019). European Journal Of Education Studies Digital Literacy: A Must For Open Distance And E-Learning (Odel) Students. European Journal of Education Studies, 5(10), 186–199.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, Online Learning, And Distance Learning Environments: Are They The Same? Internet and Higher Education, 14(2), 129-135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10. https://doi.org/ 10.21831/jpai.v8i2.949.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 191–200. https://doi.org/10.22441/fifo.v8i2.1314

Sidiq, Z. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. CBIS Journal, 3(2), 78–90.

Sobko, S. et al. (2019. Learning Through Collaboration: A Networked Approach To Online Pedagogy. E-Learning and Digital Media, 17(1), 1–20. https://doi.org/10.1177/2042753019882562

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45. https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Abubakar , S. R. ., Pabunga, D. B. ., Nurhayati, & Salim. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Video Conference Untuk Penunjang Pembelajaran Selama Pandemic Covid-19. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 142–147. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.15