Sosialisasi Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.145Keywords:
assessment, kurikulum, merdekaAbstract
Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk mengoptimalkan kurikulum yang ada. Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka menuntut guru untuk memahami dan mempelajari kurikulum merdeka. Masih banyak guru yang belum memahami secara teoretis dan praktis kebijakan pada kurikulum merdeka. Guru merasa kesulitan menerapkan kebijakan kurikulum merdeka di sekolah dan di kelas. Guru kesulitan dalam mengembangkan metode pembelajaran, dan assessment yang merujuk pada merdeka belajar. Pada kurikulum merdeka, sebelu memulai pembelajaran dituntut untuk melakukan assessmen awal pembelajaran, kemudian diikuti dengan assessment saat pembelajaran dan akhir pembelajaran. Dengan adanya perubahan tersebut membuat guru bingung dalam melaksanakan assessment tersebut. Adapun tujuan dalam kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman terhadap guru dalam melaksanakan assessmen sesuai dengan yang diharapkan pada kurikulum merdeka. Metode kegiatan pengabdian ini dengan memberikan materi dan membantu guru dalam merancang assessmen pada kurikulum merdeka. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan kompetensi pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka terutama pada assessment pembelajaran pada kurikulum merdeka. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan guru-guru terbantu dalam menghasilkan assessment di awal pembelajaran dan memberikan pemahaman terhadap assessment yang harus dilakukan pada saat pembelajaran dan diakhir pembelajaran
Downloads
References
Falah, N., & Ana. (2023). MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah Analisis Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(2), 13. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i2.8042
Febrianningsih, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3335–3344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4686
Fifani, N. A. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sd Kota Batusangkar. In dkk. Jurnal Pendas Mahakam (Vol. 8, Issue 1).
Gusmawan, D., & Herman, T. (2023). Persepsi Guru Matematika Terhadap Kemampuannya dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 83–92. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.7103
Ikayanti, A. D., & Sobri, M. (2023). Problematika Guru Pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sd Negeri 1 Ketangga. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 2548–6950.
Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2023). Analisis Kesiapan Guru SMP di Demak dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2683–2692.
Latip, E. A. (2019). Evaluasi pembelajaran (m. Diana, ed.; 1st ed., vol. 1). Puslitpen lp2m uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mustofa, P., & Mariati, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.
Nasution, S. W. (n.d.). Prosiding Pendidikan Dasar Url: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Nugroho, D., Febriantania, P., & Ridaningsih, I. (2023). A Sistematic Literature Review: Implementasi Asesmen Diagnostik pada Kurikulum Merdeka A Sistematic Literature Review : Implementasi Asesmen Diagnostik pada Kurikulum Merdeka. Journal of Islamic Education ANNABA, 9(2), 1–12.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahman, A. A., Pd Cut, M., Nasryah, E., & Pd, M. (2019). Evaluasi Pembelajaran. www.penerbituwais.com
Sunarni, & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal On Education, 05, 1613–1620.
Tanggur, F. S. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Pedesaan Pulau Sumba.
Windayanti, Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Edication, 06, 2056–2063.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Fitriyeni, Laili Rahmi , Fitriana Yolanda, Leny Julia Lingga , Siti Quratul Ain, Dea Mustika , Febrina Dafit, Syahriadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.