Pelatihan dan Pendampingan Guru-guru MGMP dalam Menulis Artikel Ilmiah Sampai Publikasi di Jurnal

Bahasa Indonesia, English

Authors

  • Suhartono Universitas PGRI Adi Buana
  • Dwi Retnani Srinarwati Universitas PGRI Adi Buana
  • Oksiana Jatiningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Maya Mustika Kartika Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Pandu Rudy Widyatama Program Studi PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Jihan Aulia Salma Universitas PGRI Adi Buana
  • Putresa Ika Irmandini Universitas PGRI Adi Buana

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.140

Keywords:

pelatihan penulisan artikel, pendampingan unggah artikel, publikasi artikel

Abstract

Salah satu permasalahan guru Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) SMA Kota Surabaya mengalami kendala dalam menulis artikel dan publikasi untuk syarat kenaikan jabatan. Pengabdian pada masyarakat (PPM) dilakukan kelompok dosen PPKn Universitas PGRI Adi Buana Surabaya bekerja sama dengan dosen PPKn Universitas Negeri Surabaya bertujuan mendampingi para guru PPKn SMA Kota Surabaya. Tujuan dari kegiatan ini 1) Meningkatkan pemahaman guru terhadap teknik penulisan ilmiah; 2) Meningkatkan pemahaman guru terhadap metode dan sistem publikasi; 3) Meningkatkan jumlah karya ilmiah terutama artikel dari guru; 4) Menjalankan dan melaksanakan tri dharma pendidikan, terutama pengabdian pada masyarakat oleh dosen. Metode yang dipakai adalah in service training, melalui ceramah, diskusi, presentasi, dan on service training dengan membantu pada perencanaan penelitian, kemajuan penelitian, penyusunan, dan penulisan artikel serta pengunggahan pada jurnal. Hasil dari PPM ini adalah peserta memahami konsep penulisan ilmiah, membuat, dan menyusun artikel serta mengunggahnya ke jurnal nasional terakreditasi. PPM ini terdefinisi dengan baik karena pemahaman peserta terhadap materi lebih baik, banyak respons positif peserta pelatihan, dan ada peserta pelatihan yang menulis artikel ilmiah dan menerbitkannya pada Jurnal Pacivic

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dwi Retnani Srinarwati, Universitas PGRI Adi Buana

Dosen

Pandu Rudy Widyatama, Program Studi PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Mahasiswa

References

Andriani, L., Syihabuddin, S., Sastromiharjo, A., & Anshori, D. (2023). Pengaruh proses menulis dan kognitif terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 275–288. https://doi.org/10.30872/DIGLOSIA.V6I2.585

Annisa, M., Hamid, H., & Kartini. (2016). Pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah di wilayah pedalaman. Jurnal Widya Laksana, 5(2), 81–84. https://doi.org/10.23887/JWL.V5I2.9054

Hasnawati. (2020). Kompetensi guru dalam perspektif perundang-undangan. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), 68–78. https://doi.org/10.24252/IP.V9I1.14125

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan solusi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru: Sebuah kajian pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 123–132. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595

Imaliana. (2023). Strategi melejitkan kemampuan menulis dan literasi digital gen z. Guruinovatif.id. https://guruinovatif.id/artikel/strategi-melejitkan-kemampuan-menulis-dan-literasi-digital-gen-z

Irnawati, I., Suhartono, S., Arsana, I. W., Zaman, A. Q., Widyatama, P. R., Kinanti, E., & Uyun, Q. (2023). Peluang Bisnis Menjadi Konten Kreator Di Kalangan Pemuda Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo Pada Era Digital. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 6-12. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/281

Juhro, W. (2020). Partisipasi kelompok kerja guru dalam pengembangan kurikulum pendidikan anak usia dini di kecamatan Sukorambi tahun pelajaran 2019/2020. http://digilib.uinkhas.ac.id/14965/

Kelana, N. S. (2019). Memahami publikasi ilmiah dan karya inovatif sebagai komponen PKB. Siedoo.com. https://siedoo.com/berita-19543-memahami-publikasi-ilmiah-dan-karya-inovatif-sebagai-komponen-pkb/

Mulyono, T. (2019). Guru profesional harus menulis karya ilmiah. Cakrawalanews.co. https://cakrawalanews.co/guru-profesional-harus-menulis-karya-ilmiah/

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal humanity, 10(1), 97–114. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/2459

Nurhakim, A. (2023). Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), pengertian dan jenisnya. Quipper.com. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/pengembangan-keprofesian-berkelanjutan-pkb/

Oktifa, N. (2022). Mengapa menjadi guru? karena guru adalah profesi mulia. Akupintar.id. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/guru-adalah-profesi-mulia

Ritaningrum, R. (2018). Mengapa guru tidak menulis karya ilmiah: Perspektif guru. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Dalam Perspektif Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). https://www.researchgate.net/publication/328354043_Mengapa_Guru_Tidak_Menulis_Karya_Ilmiah_Perspektif_Guru

Rohmah, W. (2016). Upaya meningkatkan pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam peningkatan profesionalisme guru. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7267

Santoso, J. T. (2022). Mengapa guru harus mengikuti pelatihan? Stekom.ac.id. https://stekom.ac.id/artikel/mengapa-guru-harus-mengikuti-pelatihan

Sari, V. N. I., Utomo, A. P. Y., & Sumarwati, S. (2022). Kualitas Soal Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 1 Pontianak: Analisis Butir Soal. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 112-119.

Sugito. (2021). Pengaruh in service training, kompetensi pedagogik dan iklim kerja terhadap kinerja guru madrasah di MTsN Lampung Selatan.

Suhartina. (2020). Menulis karya ilmiah: Bukan hanya sekadar teori. Dalam Repository.iainpare.ac.id/2197 (Nomor 1). http://repository.iainpare.ac.id/2197/

Suhud, H. (2021). Guru tidak mampu menulis, bagaimana solusinya? Naikpangkat.com. https://naikpangkat.com/guru-merasa-tidak-mampu-menulis-bagaimana-solusinya/

Suriansyah, A., Wahdini, E., Purwanti, R., Prastitasari, H., & Ausyra, A. (2022). Pendampingan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru-guru PAUD KKG Gugus Tulip kabupaten Banjar. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 340–345. https://doi.org/10.24036/ABDI.V4I2.301

Tukiyo, & Fauzi, A. (2023). Alasan guru tidak mau menulis karya ilmiah.

Widyatama, P. R., Karima, Febi, E. E., Herawati, D. N., Saputro, J. A., & Setiawan, R. (2023). Sosialisasi pentingnya legalitas dan kehalalan produk UMKM dalam berwirausaha di desa Tanjekwagir, Krembung, Sidoarjo. KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 95–101.

Yuwono, I. D. (2019). Hubungan antara membaca dan menulis. Bukuprogesif.com. https://bukuprogresif.com/2019/06/28/hubungan-antara-membaca-dan-menulis/

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Suhartono, Srinarwati, D. R. ., Jatiningsih, O. ., Sari, M. M. K. ., Pandu Rudy Widyatama, Salma, J. A. ., & Irmandini, P. I. . (2023). Pelatihan dan Pendampingan Guru-guru MGMP dalam Menulis Artikel Ilmiah Sampai Publikasi di Jurnal : Bahasa Indonesia, English. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 152–161. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.140

Issue

Section

Articles

Categories