Pendampingan Pembelajaran Berbasis Online Dengan Aplikasi Zoom, dan Google Meet Pada Masa Pandemi

Authors

  • Mohamad Salam Universitas Halu Oleo
  • La Misu Universitas Halu Oleo
  • Lambertus Universitas Halu Oleo
  • Hafiludin Samparadja Universitas Halu Oleo
  • Hasnawati Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.14

Keywords:

google meet, masa pandemi, pembelajaran online, zoom meeting

Abstract

Target yang dicapai dari pembelajaran online di sekolah adalah: (a) Guru dan siswa memahami teori penggunaan pembelajaran online dengan baik, (b) Guru dan siswa dapat menggunakan pembelajaran online dalam proses pembelajaran di sekolah, dan (c) Guru dan siswa dapat mengemukakan kendala dan cara mengatasi masalah pelaksanaan pembelajaran online di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan di SD dan SMP Kecamatan Ramomeeto.  Mekanisme pelaksanaan kegiatan ini dapat dikelompokkan menjadi 3 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Metode yang digunakan untuk mensosialisasikan  pembelajaran berbasis online di sekolah berupa metode ceramah, metode diskusi, wawancara, survey dan metode praktek lapangan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan adalah penggunaan Zoom dan geogle meet dinilai sangat membantu untuk proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 di sekolah. Hambantan yang terjadi dari kegiatan ini, yaitu (1) Masih ada siswa dan guru yang belum menggunakan teknologi sehingga susah diajarkan menggunakan aplikasi Zoom maupun geogle meet, dan (2) Signal/jaringan internet yang tidak stabil.

References

Alami, Y. (2020). Media pembelajaran daring pada masa covid-19. Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 49-56.

Candraleka, H. (2020). Panduan Visual Vidio Conference menggunakan Zoom, Bojonggede.

Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital. 2020. Tutorial Google Meet, Institut Pertanian Bogor.

Fitria, M. (2020). OPINI: Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Retrieved from https://www.liputan6.com/citizen6/read/4248063/opini-transformasi-media-pembelajaran-pada-masa-pandemi-covid-19.

Harmani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring (Aplikasi Zoom) di masa Pandemi Covid-19. JakartaL Kementerian Agama RI.

Harususilo, Y. E. (2020). Eduversal: Bersama Siswa, Guru Perlu Tetap Belajar Tingkatkan Kompetensi. Retrieved form https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/21/191729171/eduversal-bersama-siswa-guru-perlu-tetap-belajar-tingkatkan-kompetensi?page=all.

Keputusan Mendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Jakarta: Kemdikbudristek

Maulana, I. (2020). Tutorial Cara menggunakan Google Meet melalui PC dan HP untuk Meeting. Retrieved from https://www.androidponsel.com/10923/tutorial-cara-menggunakan-google-meet-melalui-pc-dan-hp-untuk-meeting/

Misu, L., Kodirun, K., Busnawir, B., & Hasnawati. (2020). Sosialisasi Pembelajaran Berbasis Online (Aplikasi: Zoom, Microsoft Teams) Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 75-82.

Rizki, M., Situmorang, M.,& Mailani T. (2019) Tutorial Pengaplikasian Zoom Meeting. Pascasarjana Universitas Riau.

Subarsono, A. (2020). Kendala yang banyak dihadapi dalam Pembelajaran Daring Jaringan Internet. Retrieved from https://prokalteng.jawapos.com/internas/nasional/05/08/2020/kendala-yang-banyak-dihadapi-dalam-pembelajaran-daring-jaringan-intern/

Surahman, F., & Dewi, T. M. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDS 018 Plus Avicena Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Jurnal Minda, 2(2), 76-80.

Tim Dosen TSM. (2020) Panduan Penggunaan Microsoft Office 365. Trisakti School of management Jakarta.

Tim Dosen FK UII. (2020). Panduan Tutorial menggunakan Google Meet di Android. Jakarta.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Salam , M. ., Misu, L., Lambertus, Samparadja , H., & Hasnawati. (2022). Pendampingan Pembelajaran Berbasis Online Dengan Aplikasi Zoom, dan Google Meet Pada Masa Pandemi . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 167–173. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.14