Pendampingan Eksperimen Fisika Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Dengan Materi Fluida dan Kelistrikan

Authors

  • Elisabeth Pratidhina Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Herwinarso Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Tri Lestari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Anthony Wijaya Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Jane Koswojo Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Budijanto Untung Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Sugimin Wahyu Winata Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Yeremia Kristiawan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.138

Keywords:

eksperimen, fisika, sekolah menengah atas

Abstract

Fisika merupakan ilmu yang mempelajari gejala alam sehingga sangat erat dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen sangat disarankan supaya peserta didik memiliki pengalaman langsung dalam mengkaji fenomena alam dan motivasi belajarnya bertambah. Akan tetapi, pembelajaran dengan metode eksperimen memiliki beberapa tantangan. Salah satunya adalah keterbatasan alat yang dimiliki sekolah pada topik tertentu. Program pengabdian ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas dan pendampingan eksperimen fisika, khususnya pada materi fluida dan kelistrikan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Melalui pendampingan eksperimen, diharapkan juga dapat menumbuhkan minat belajar fisika bagi peserta didik SMA. Langkah program pengabdian meliputi adalah analisis kebutuhan, koordinasi dan penentuan jadwal, persiapan alat dan modul eksperimen, pendampingan eksperimen, dan evaluasi. Para peserta didik didampingi melakukan eksperimen tentang fluida dan kelistrikan di Laboratorium Fisika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Program pengabdian ini menghasilkan beberapa modul eksperimen fisika yang dapat dipakai oleh peserta didik SMA. Melalui pendampingan oleh tim, peserta didik SMA dapat terlibat aktif dalam aktivitas eksperimen dan dapat memahami teori fisika dengan lebih baik.  Di akhir kegiatan, peserta didik juga memberikan respon baik terhadap pelaksanaan eksperimen.

References

Dinawati, N. C., Safitri, N., Yuluani, H., & Azizah, N. (2022). Pelaksanaan Praktikum Fisika Kelas X di SMK Muhammadiyah Palangka Raya. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 130–141.

Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H. (2017). Studi Pendahuluan Pada Upaya Pengembangan Laboratorium Virtual bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 140–145. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.250

Junaedi, M., Sunarno, W., & Cari. (2014). Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Dan Proyek Ditinjau Dari Aktivitas Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri, 3(3), 41–52.

Layuk, F. P. (2020). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(1), 32. https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.15283

Lee, M. C., & Sulaiman, F. (2018). The Effectiveness of Practical Work on Students’ Interest towards Learning Physics. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 7(8), 35–41. https://doi.org/10.15242/dirpub.hdir1217224

Lia Felizarda Freitas, M. (2023). Pentingnya Kegiatan Laboratorium (Praktikum) Di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Nacional Timor Lorosae (UNTL). MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA, 1(2), 79–85. https://doi.org/10.30822/magneton.v1i2.2469

Mahardika, I. K., Rofiqoh, A., & Supeno. (2012). Model Inkuiri Untuk Meningatkan Kemampuan Representasi Verbal Dan Matematis Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 165–171.

Murniati, R., Tandililing, E., & Hidayatullah, M. M. S. (2021). Analisis Kemampuan Multi Representasi Peserta Didik Pada Materi Usaha Di Madrasah Aliyah. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 14. https://doi.org/10.26418/jippf.v2i1.43883

Nichols, A. J., & Stephes, A. H. (2013). The Scientific Method and the Creative Process: Implications for K-6 Classroom. Journal for Learning through the Arts, 9(1), 1–12. https://pubs.aip.org/aip/acp/article/720748

Nurjumiati, N., Syahriani Yulianci, & Asriyadin, A. (2022). Pengaruh Model Inquiry Berbasis Literasi Numerasi Terhadap kemampuan Pemodelan Matematis dan Bahasa Simbolik Fisika. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 945–948. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.714

Pratidhina, E., Pujianto, & Sumardi, Y. (2019). Developing Computer Program as a Learning Resource on Gas Law Topics for High School Students. International Journal of Instruction, 12(2), 133–146. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1229a

Pratidhina, E., Untung, B., Wijaya, A., Anawati, B. D., Koswojo, J., & Vd, J. (2020). Pendampingan Eksperimen Fisika Bagi Siswa-Siswa SMA di Surabaya. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 78–85.

Pratiwi, U., Fatmaryanti, S. D., Darminto, B. P., & Akhdinirwanto, R. W. (2021). Asistensi Praktikum Fisika Materi Titik Berat untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX di MA Al Iman Bulus Kabupaten Purworejo. Surya Abdimas, 5(2), 170–176. https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.1032

Serway, R. A., & Jewet, J. W. (2015). Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics (9th ed.). Brooks Cole.

Tipler, P. A., & Mosca, G. (2020). Physics For Scientists And Engineers. W. H. Freeman and Company.

Trisna, S., & Rahmi, A. (2016). Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry pada Materi Fluida di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.21009/1.02102

Wahyuni, T. S., & Analita, R. N. (2017). Guided – inquiry laboratory experiments to improve students ’ analytical thinking skills. AIP Conference Proceedings, 1911.

Widiastuti, T., Pratiwi, U., Fatmaryanti, S. D., & Al Hakim, Y. (2022). Praktikum Pengukuran Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Lontar Physics Today, 1(1), 51–59. https://doi.org/10.26877/lpt.v1i1.10456

Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik (Saifudin Zhri Qudsy (ed.); 8th ed.). Pustaka Pelajar.

Zulirfan, Desmelinda, E., & Sudrajad, H. (2011). Pengembangan Perangkat Percobaan Momen Inersia dan Keseimbangan Benda Tegar Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Pendidikan, 2(2), 8–15.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Pratidhina, E., Herwinarso, Lestari, T., Wijaya, A. ., Koswojo, J., Untung, B., Wahyu Winata, S., & Kristiawan, Y. (2023). Pendampingan Eksperimen Fisika Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Dengan Materi Fluida dan Kelistrikan. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 130–138. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.138

Issue

Section

Articles

Categories