Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Lisnawati Rusmin Universitas Halu Oleo
  • Sakka Hasan Universitas Halu Oleo
  • La Rabani Universitas Halu Oleo
  • Mansyur M Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.13

Keywords:

guru sekolah dasar, kurikulum 2013, perangkat pembelajaran

Abstract

Tujuan penyusunan perangkat pembelajaran ini adalah untuk membantu guru sekolah dasar dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan penyusunan perangkat pembelajaran agar dalam proses pembelajaran  dapat berlangsung secara optimal serta untuk memperoleh wawasan pengetahuan dan ilmu mengenai kurikulum 2013  dalam penerapannya. Terutama dalam penyusunan perangkat RPP K13 yang berdasarkan pada surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP dan penyusunan bentuk penilaiannya. Guru sekolah dasar SDN Abelisawah sebagai pelaksana pembelajaran diharapkan mampu untuk menyusun perangkat pembelajarannya secara mandiri. Guru sekolah dasar dituntut untuk menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik sekolah tersebut dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik sehingga kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode dengan Pendekatan pendekatan saintifik (scientific) metode ceramah, tanya jawab, diskusi interaktif, diskusi kelompok dengan penugasan tentang penyusunan perangkat pembelajaran , dan melaui pedoman pelatihan sebagai bahan untuk belajar mandirii. Hasil penelitian yang ditemukan adalah Sebagian guru sekolah dasar belum mampu membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan petunjuk pada pelaksanaan kurikulum 2013 Namun setelah mengikuti pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran guru sudah mampu penyusunan perangkat dengan baik.

References

Ain, N., & Huda, C. (2018). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Momentum: Physics Education Journal, 1–7.

Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 124–132.

Evitasari, A. D., Musyadad, F., & Sholihah, F. (2021). Kesesuaian RPP Tematik Integratif Dengan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 18–34.

Ismail, M. I. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389–396.

Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Gunawan, I. (2017). Pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94.

Mulyani, F. (2017). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 1–8.

Musfiqon, H. M. (2016). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Musfiqon, H. M. (2017). Nurdyansyah 2015 Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Ndiung, S., & Menggo, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Rpp Model 1 Lembar Versi Menteri Nadiem Bagi Guru Sekolah Dasar. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.24269/adi.v5i1.2674

Sagala, S. (2017). Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Sukristanto, S., Utorowati, S., Fathonah, S., & Israhayu, E. S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Bagi Guru-Guru SMP Muhammadiyah Banyumas. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LPPM UMP, 255–259.

Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16–35.

Wulandari, A., Damopolii, M., & Halimah, A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Scientific Approach Pada Tema “Hidup Rukun” Di Kelas Ii. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2).

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Rusmin, L., Hasan, S., Rabani , L. ., & Mansyur M. (2022). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar . Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 174–182. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.13