Penyuluhan Peran Ilmu Fisika dalam Kehidupan dan Pengenalan Laboratorium Virtual Fisika pada Siswa Madrasah Aliyah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.126

Keywords:

ilmu fisika, laboratorium virtual fisika, pemahaman konsep fisika, PhET simulation

Abstract

Pemahaman konsep fisika yang rendah pada siswa sekolah menengah selalu menjadi momok di dunia pendidikan. Hal ini terjadi karena masih banyak siswa yang merasa takut dengan perhitungan matematis yang selalu ada dalam mempelajari fisika, kurangnya pemahaman siswa akan pentingnya ilmu fisika bagi kehidupan, dan minimnya pelaksanaan eksperimen/praktikum yang mendukung pembelajaran fisika. Guna mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan pada siswa di MAN 1 Kendari. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep fisika. Metode yang dilaksanakan adalah: (1) survei untuk menentukan permasalahan utama mitra dan solusi pemecahannya, (2) pelaksanaan kegiatan penyuluhan peran ilmu fisika dalam kehidupan dan pelatihan pengenalan laboratorium virtual fisika PhET untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada siswa, dan (3) evaluasi pelaksanaan kegiatan. Hasil kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang telah dilakukan menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman konsep fisika siswa sebesar 70%, peningkatan motivasi belajar 67%, ketertarikan pada materi pelatihan 93%, serta tingkat keaktifan/partisipasi peserta 97%. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian yang dikemas dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan memiliki dampak positif bagi siswa.

References

Ali, H. O., Al-Hindawi, A. M., Abdulkarim, Y. I., Nugoolcharoenlap, E., Tippo, T., Alkurt, F. Ö., Altintaș, O. & Karaaslan, M. (2022). Simulated and experimental studies of a multi-band symmetric metamaterial absorber with polarization independence for radar applications. Chinese Physics B, 31(5), 058401. https://doi.org/10.1088/1674-1056/ac2b1c

Arifudin, M. (2021). Penggunaan Laboratorium Virtual Phet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 906–916. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.174

Arman, Eso, R., Tahir, Husein, Napirah, M., Safiuddin, L. O. & Agusu, L. (2022). Penerapan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan keterampilan siswa SDN 3 Sabilambo dalam memanfaatkan lingkungan sebagai media belajar di masa pandemik covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 1(1), 10–15.

Chiofalo, M. (2022). The Physics of Everyday Life Toolbox for Basic Physics Courses (pp. 100–114). https://doi.org/10.1007/978-3-030-96060-5_8

Clarinda, C., Novalina, Gu, M. & Faradiba. (2022). Efektivitas Penggunaan Virtual Laboratory Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sma Di Era New Normal. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(2), 257–266. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3339

Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R. & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 31–46. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3642

Eso, R., Napirah, M., Safiuddin, L. O., Arman, Tahir, Kasmiati, S. & Harudu, L. (2023). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19 Melalui Pelatihan Pembuatan Paket Media Pembelajaran Online. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 2(1), 42–48.

Kristiyanto, W. H. (2022). Teaching Physics in Scientific Information Disclosure Era Through Daily Physics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1), 012028. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2392/1/012028

Kurniasih, D., Novia, H. & Jauhari, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Multirepresentasi Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(2), 5. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i2.6619

Napirah, M. & Su’ud, Z. (2020). Conceptual Analysis of (Th,U-233)O 2 Fueled Small Long-Life PWR with Np-237 and Pa-231 as Burnable Poison. Journal of Physics: Conference Series, 1493(1), 012016. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1493/1/012016

Napirah, M. & Su’ud, Z. (2022). Comparative Study of UO2 and (Th,U-233)O2 Performance in Small Long-Life PWR Fuel Cell. Jurnal Ilmu Fisika | Universitas Andalas, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.25077/jif.15.1.1-12.2023

Napirah, M., Tahang, L., Naim, Syarifuddin & Abdin. (2022). Pelatihan Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Microsoft Powerpoint Bagi Guru SMA. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 54–60.

Nurdianto, N., Safiuddin, L. O. & Eso, R. (2020). Simulasi Persamaan Difraksi Fraunhofer pada Celah Lingkaran dengan Menggunakan Visual Basic for Application (VBA) Spreadsheets Excel. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(3), 215. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i3.13812

Prasetya, F. M. A., Hakim, L. & Lefudin. (2022). Penerapan Laboratorium Virtual Phet Materi Elastisitas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 38. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7098

Putra, I. K. D. & Suniasih, N. W. (2021). Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 238. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32878

Sevtia, A. F., Taufik, M. & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Sugita, I., Liana, Y. R., Lestari, A. F., Rusilowati, A. & Subali, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika SMA. Physics Education Research Journal, 2(2), 141. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.6095

Sulistiyono, S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Scientific Investigation untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Penguasaan Materi Siswa SMA. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 33–41. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i1.157

Wahyuni, R. S., Hunaidah & Erniwati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran CinQASE Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Fluida Statis Kelas XI SMA Negeri 1 Kulisusu. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 171–177.

Warju, W., Drastiawati, N. S., Ariyanto, S. R. & Nurtanto, M. (2021). The effect of Titanium Dioxide (TiO2) based metallic catalytic converter on the four-stroke motorcycle engine performance. Journal of Physics: Conference Series, 1747(1), 012031. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1747/1/012031

Wati, A. (2021). Penggunaan Media Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Dan Kemandirian Siswa Melakukan Praktikum. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 4(2), 256–270. https://doi.org/10.47239/jgdd.v4i2.373

Yuberti, Y., Wardhani, D. K. & Latifah, S. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Smart Apps Creator Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 90–95. https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.746

Zhichkina, L. N., Nosov, V. V, Zhichkin, K. A., Aydinov, H. T., Zhenzhebir, V. N. & Kudryavtsev, V. V. (2020). Satellite monitoring systems in forestry. Journal of Physics: Conference Series, 1515(3), 032043. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1515/3/032043

Zuhdi, M., Makhrus, M., Wahyudi, W., ’Ardhuha, J., Susilawati, S. & Raharjo, P. (2021). Pelatihan Fisika Aeromodelling untuk Siswa SMA Negeri 1 Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.139

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Napirah, M., Sahara, L., Hunaidah M, & Alkamalia, W. (2023). Penyuluhan Peran Ilmu Fisika dalam Kehidupan dan Pengenalan Laboratorium Virtual Fisika pada Siswa Madrasah Aliyah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 113–120. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.126

Issue

Section

Articles

Categories