Mengubah Kesalahpahaman Dalam Berbahasa Inggris Melalui Kolom Misunderstanding
DOI:
https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.12Keywords:
kolom misunderstanding, kosa kata american english, pembelajaran virtualAbstract
Siswa SMA yang sudah mendapatkan pelajaran bahasa Inggris dari bangku SMP masih banyak melakukan kesalahan dalam penggunaannya. Teridentifikasi bahwa terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi dalam bahasa Inggris mereka, yaitu terjadinya misunderstanding atau kesalahpahaman penggunaan kata, kalimat dan penggunaan kata/frase dalam konteks yang berbeda. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini ialah memberikan pelatihan dan pembelajaran secara virtual untuk cara mengubah misunderstanding atau kesalahpahaman berbahasa Inggris melalui kolom “Misunderstanding” yang ditujukan kepada siswa-siswi dan guru dilingkungan sekolah Pondok Modern Al-Ghozali, Desa Curug, Kec, Gunung Sindur. Metode pelatihan yang diberikan ialah melalui pemberian materi secara daring dimana para siswa didorong untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya dan sekaligus meningkatkan kosa kata bahasa Inggris melalui kolom “Misunderstanding”; sebuah kolom pembendaharaan kosa kata yang menggunakan pendekatan American English. Dengan penyelenggaraan pengabdian ini siswa mampu meminimalisir kesalahpahaman dalam berbahasa inggris yang sering terjadi.
Downloads
References
Astrid, A. (2011). Pembelajaran Tata Bahasa Inggris Secara Komunikatif Dengan Penyajian Induktif Dan Pengintegrasian Keterampilan Berbahasa: Studi Kasus Di Kelas Bahasa Inggris I Di Iain Raden Fatah Palembang. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 175-208. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/td.v16i02.60
Asyiah, D. N. (2017). The Vocabulary Teaching and Vocabulary Learning: Perception, Strategies, and Influences on Students’ Vocabulary Mastery. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 9(2).
Azir, I. D. P. (2019). English for Jobseekers: Pelatihan Keterampilan Berbahasa Inggris untuk Anak MudaPencari Kerja di Rumah Siap Kerja Jakarta. Jurnal Surya Masyarakat, 2(1), 20-28. https://doi.org/10.26714/jsm.2.1.2019.20-28
Gu, P. Y. (2018). Validation of an Online Questionnaire of Vocabulary Learning Strategies for ESL Learners. Department of English Studies, Faculty of Pedagogy and Fine Arts, Adam Mickiewicz University, Kalisz SSLLT 8(2), 325-350. doi: 10.14746/ssllt.2018.8.2.7 http://pressto.amu.edu.pl/index.php/ssllt
Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahas Inggris dalam Menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Pendidikan Profesi, 3(1), 102-106.
Hani, U., Prayuana, R., Haryati, Andriani, D. I., & Egilistiani., R. (2020). I Am Healthy (Increasing The Awareness Of Staying Healthy For Young Children) At Taman Bacaan Kolong Jembatan Ciputat. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-19.
Ningsih, E. W. (2020). Permasalahan Menggunakan Bahasa Inggris Pada Teknisi Di Pt. African Exposive Limited Indonesia. Prosiding SNITT Poltekba, 4, 243-248
Ratmo, & Subhan.Y. A. (2018) Pengajaran Grammar dengan Media Youtube (Sebuah Studi di Semester 4 Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris). In Prosiding Seminar Tahunan Linguistik (Setali), 665-669. Retrieved from: http://eprints.unpam.ac.id/8543/
Sunardi Y., subhan, Y. A., Yamin, & Azis. K. (2020). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Buku Cerita. Prosiding Senantias. 1(1), 1327-1332.
Wardani, S. I. (2015). Improving Students’ Vocabulary Mastery Using Word Mapping Strategy. OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1), 131-140. https://doi.org/10.19105/ojbs.v9i1.585
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kholil Azis, Sunardi Sunardi, Umi Hani, Yan Ardian Subhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.